DIY : Membuat Homedecor Kekinian

Haloo sobat Odel 

ada yang suka bebikinan ga ??
kebetulan tulisan saya kali ini adalah tentang membuat sesuatu yang lagi trend dan kekinian yaitu homedecor tulisan "HOME" dari Karton Board 3 mm.




Belum lama ini saya lagi keranjingan bikin DIY ala-ala , karena terinspirasi dari ibu-ibu kreatif dari Instagram yang akhirnya nyoba bebikinan juga. Itung-itung ngirit ketimbang beli, harganya mehong-mehong cyinn hehehe maklumin yak namanya juga ibu rumah tangga.

Cara bikinnya ini gampang banget sebenernya, serta alat danbahan-bahannya juga ga terlalu susah untuk didapetin. Mau tau cara bikinnya yukk dibaca sampai bawah :)

Untuk alat-alat dan bahan semuanya bisa diganti ya sesuai dengan selera sobat, misalnya nih kalo saya menggunakan karton board 3 mm, sobat-sobat bisa kok menggunakan kardus ataupun bekas minuman kotak 1 liter tergantung keinginan dan selera masing-masing.

Alat dan Bahan
  1. 1 (satu) Lembar Karton Board 3 mm / kardus / bekas minuman kotak 1 liter, Untuk karton board sobat bisa dapetin di toko-toko yang menjual alat tulis atau kalo mau lebih gampang nyarinya bisa cari di Gramedia.
  2. Gunting,Cutter, Penggaris, Alat Tulis 
  3. Lem ( Lem UHU atau bisa juga Lem Lilin)
  4. Skotlet atau bisa juga menggunakan cat acrylic ataupun pylox. Untuk warna sesuaikan dengan selera masing-masing.
Alat dan Bahan

Nah untuk yang belum tau apa itu Skotlet, skotlet merupakan stiker yang biasanya digunakan oleh toko-toko variasi motor ataupun mobil untuk menutup bodi motor ataupun mobil. Skotlet sendiri banyak bermacam-macam warna dan jenisnya seperti warna polos transaran, polos doff ataupun bermotif, jadi kalo mau nyari skotlet ini bisa langsung di tempat variasi motor atau mobil.

Cara Membuat
Langkah Pertama
Pertama-tama adalah Membuat Pola Kubus terlebih dahulu, untuk ukuran silahkan tentukan sendiri berapa ukuran yang ingin sobat bikin ya, mau besar, sedang dan kecil semua tergantung selera. Untuk membuat tulisan HOME berarti yang sobat butuhkan adalah 4 buah kubus, dimana nanti kubus-kubus tersebut akan ditempelkan /dituliskan huruf-huruf "H, O, M, dan E"

Pola Kotak 
Pola yang saya buat di atas masing-masing persegi memiliki sisi yang berukuran 5 cm x 5 cm dengan lebar tambahan 1,5 cm yang nantinya akan digunakan untuk meletakan lem/perekat, untuk alas dan penutup bagian atas cukup membuat 2 buah segi empat dengan ukuran 5 cm x 5 xm

Langkah Kedua
Setelah membuat Pola langkah kedua adalah memotong karton tadi sesuai dengan pola, ketika memotong penghubung antar sisi kubus jangan dipotong sampai terpisah, potong dengan menggunakan cutter 1-2 x sayatan sehingga penghubung antar sisi tidak terputus sehingga memudahkan pada saat akan dibentuk menjadi sebuah kubus.



Langkah Ketiga
Pada bagian sisi yang berlebih yang digunakan untuk merekatkan sisi atas dan bawah, tipiskan bagian yang akan diberi perekat dengan cara membuang setengah dari tebal karton semula. Bentuk pola tadi menjadi sebuah kubus lalu rekatkan dengan menggunakan lem.


 

Jangan lupa untuk menutup bagian bawah dan atas kubus 




Setelah selesai terbentuk menjadi sebuah kubus, Kubus tersebut bisa dicat menggunakan pylox ataupun cat acrylic atau bisa juga di lapis dengan stiker scotlet.

Langkah terakhir adalah menempelkan / melukiskan huruf pada masing-masing kubus, apabila cat telah kering atau proses pelapisan kubus tersebut telah selesai. Nahh gini deh hasilnya :)





Gimana Gampangkan caranya, silahkan mencoba ya :)
selamat berkarya dan jangan lupa share juga ya barang-barang hasil DIY yang pernah teman-teman bikin

#KEBloggingCollab
Trigger Post : Membuat DIY Daun Kering

6 komentar:

  1. Ih lucuu..gampang juga bikinnya ya..

    BalasHapus
  2. keren n kreatif kak . Sukaaa 😍😍

    BalasHapus
  3. Kalo baca tutorialnya mbak gia, kayaknya mudah ya..
    Dicoba ah... 😁

    BalasHapus
  4. Wah kreatif banget dan cantik hasilnya mbak. Ih jadi kepingin nyoba buat nih

    BalasHapus
  5. Simple y mbak tpi bagus. Kreatif, pengen coba juga ah

    BalasHapus
  6. Asik banget liatnya. Sukaaa dehhh DIY-nya

    BalasHapus

Makasih Sudah Mau Mampir dan Juga Ninggalin Jejak.
Jika bermanfaat silahkan di share ya :)