Top Social

Minggu, 03 Desember 2017

KURANGNYA KESADARAN ATAU KURANGNYA FASILITAS

Sebenarnya sudah lama sekali saya ingin menulis tentang masalah ini di blog saya, hal ini karena seringnya saya temukan orang yang dengan sengaja membuang sampah di pinggir-pinggir jalan raya, entah karena kurangnya kesadaran atau karena tidak adanya tempat pembuangan sampah rumah tangga di sekitar rumahnya.

Hampir dibeberapa lokasi. saya temui banyak sekali tumpukan-tumpukan sampah yang dibuang bukan pada tempatnya. seperti salah satunya adalah jalan yang sering saya lalui yaitu jalan yang berada tepat di samping Wisma Daria.
Sepanjang jalan sampai masuk hampir ke perumahan warga, terdapat tumpukan sampah rumah tangga di berbagai tempat. ada yang menggunakan karung dan juga tumpukan sampah plastik-plastik. Padahal di sepanjang jalan itu juga sudah dipasang spanduk dilarang membuang sampah di lokasi tersebut, tapi hal itu seperti dianggap angin lalu. Hal ini terbukti dengan masih banyaknya tumpukan sampah disepanjang jalan tersebut.
Kejadian seperti ini juga tidak terjadi di lokasi dekat rumah saya saja, melainkan beberapa lokasi lainnya juga. 

Ada baiknya ini juga menjadi perhatian pemerintah kota untuk bekerjasama dengan kelurahan ataupun RT setempat untuk mengatasi hal tersebut. Misalnya dengan menyediakan satu truk sampah  untuk umum yang bisa di tarik ketika penuh atau menyediakan petugas sampah yang bisa memungut sampah-sampah tersebut setiap paginya.
Seperti pengalaman saya ketika tinggal di daerah lain, Setiap malam para warga selalu mengeluarkan sampahnya di depan rumah, lalu pagi-pagi mulai dari jam 4 pagi hingga jam 8 pagi petugas sampah akan memunguti sampah-sampah tersebut. Warga juga dilarang untuk membuang sampah diluar jam-jam tersebut. Selain itu pemerintah kotanya juga menyediakan banyak sekali truk sampah untuk warga yang tidak sempat mengeluarkan sampahnya ketika malam , bisa membuang sampah tersebut sendiri.

Permasalahan sampah ini butuh kepedulian dan kesadaran dari semua pihak agar warga tidak membuang sampah sembarangan termasuk ketegasan pemerintah setempat untuk memberikan sanksi tegas bagi warga yang mebuang sampah di sana. Termasuk memberikan penerangan mengenai dampak yang akan ditimbulkan dari keberadaan sampah tersebut.

Mungkin hal seperti ini bisa di jadikan contoh untuk mengatasi masalah sampah, karena sampah-sampah rumah tangga yang tidak bisa diurai oleh tanah sangat berdampak buruk untuk lingkungan kita.

3 komentar on "KURANGNYA KESADARAN ATAU KURANGNYA FASILITAS "
  1. Sama saja mbak di tempat tingga saya, pada suka buang sampah sembarangan. Semoga ke depannya warga semakin sadar akan kebersihan.

    BalasHapus
  2. Di deket rumah anin malah ada lokasi yang ditulisin kata-kata kasar agar warga tidak buang sampah di sana mbak, tapi kenyataannya masih ada aja yang buang sampah. Miris.

    BalasHapus

Makasih Sudah Mau Mampir dan Juga Ninggalin Jejak.
Jika bermanfaat silahkan di share ya :)