Blog

Cara Mengubah Domain Blogspot Menjadi Domain Sendiri

Assalamualaikum 

Hai Odel’ers 🙂
Nah sobat Odel postingan kali ini sebenernya cuma mau nyeritain pengalaman waktu nuker domain bawaan Platform Blogspot ke domain pribadi (.com), karena saya ga mau pake template wordpress. Soalnya WordPress terlihat lebih susah di custom.
Cerita pengalamannya sambil ngasih sedikit tutorial kepada blogger pemula seperti saya, bukan maksudnya mengajari atau menggurui loh, tapi hanya sharing sedikit caranya :).
Sebelumnya sempet ga mau tuker domain, karena saya pikir akan rumit jika harus beralih dari blogspot, soalnya blogspot sangat mudah digunakan oleh saya. Tetapi ternyata setelah membaca beberapa artikel tentang cara mengganti domain blogspot ke .com, ternyata tidak terlalu sulit jika dilakukan oleh blogger pemula seperti saya.
Alasan lain kenapa saya mau mengganti domainnya supaya ga kepanjangan xixixi sebelum diganti nama blognya : www.momsodell.blogspot.com setelah diganti menjadi lebih pendek yaitu www.momsodell.com
Cara menggantinya pun tidak susah, kita bisa menggantinya sendiri kok. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah;
  1. Beli dulu domain baru yang ingin kita gunakan, saat ini banyak sekali penyedia domain-domain murah salah satunya penyedia domain yang saya gunakan adalah Rumah Hosting linknya disini atau Odel’ers bisa membelinya di penyedia domain lainnya.
  2. Setelah mendapatkan domain yang kita inginkan dan domain tersebut telah aktif kita bisa mulai mengganti domain blogspot kita ke domain baru.
Cara mengganti Blogspot dengan Domain sendiri (domain custom)
  1. Pertama-tama adalah sobat Odel masuk ke panel Dashboard Blogger, lalu pilih menu Setting/Setelan kemudian pilih Basic / Dasar. Setelah itu pilih +Siapakan URL pihak ke tiga untuk Blog Anda.

  2. Setelah itu di klik maka akan muncul tampilan baru, masukan nama domain baru yang sebelumnya sudah anda beli, seperti contoh dibawah ini. Jangan lupa untuk menyertakan www pada penulisan nama domainnya. www.momsodell.com bukan momsodell.com

  3. Setelah soba memasukan domain baru, klik simpan. Tunggu beberapa saat nanti akan muncul tulisan “Kami tidak dapat memverifikasi otoritas anda untuk domain ini. Kesalahan 14” Sobat Odel ga usah khawatir masalah tersebut. Sobat Odel hanya perlu memperhatikan tulisan yang ada di bawahnya, akan muncul dua kolom dan dua baris CNAME, yang nantinya akan sobat gunakan untuk Konfigurasi DNS domain, (yang berada didalam kotak). Nah untuk melakukan setting DNS sobat Odel bisa Klik Link Disini agar lebih memudahkan.

  4. Setelah Settingan di DNS Management Selesai sobat bisa menyimpan settingan pada point no 3 diatas. Tunggu saja prosesnya beberapa saat, biasanya proses akan bisa disimpan setelah 1×24 jam. Setelah proses tersebut bisa disimpan sobat sudah bisa langsung ter-redirect ke domain sobat yang baru. Sehingga Blog sobat sudah bisa diakses dengan domain kelas atas (TLD) tanpa embel-embel blogspot.com lagi.
Selamat Mencoba 🙂
Jika ada yang mau ditanyakan bisa comment dibawah ini 🙂
Semoga Bermanfaat ya 🙂

3 thoughts on “Cara Mengubah Domain Blogspot Menjadi Domain Sendiri

Leave your thought

Mom's Odells