Blog

Cara Mengubah Settingan DNS Management Pada Custom Domain

Assalamualaikum 🙂
Hai Odelers
Postingan saya kali ini untuk melanjutkan postingan sebelumnya yaitu mengenai cara mengubah domain Blogspot menjadi Custom Domain (.com) link nya bisa lihat disini 
Pada postingan sebelumnya telah di jelaskan bahwa untuk mengubah nama domain blogspot menjadi custom domain kita perlu menggunakan CNAME,  CNAME digunakan untuk mengkonfigurasi DNS Domain.
Caranya pun ga susah kok, asalkan sobat odel mengikuti step by step cara mengkonfigurasi DNS Domain.
Langkah-langkah untuk mengkonfigurasi DNS
Pada saat anda membeli domain baru, anda akan diberi akses untuk memasuki Client Area / Member Area dan ini terdapat pada semua penyedia jasa domain, walaupun tampilannya akan terlihat berbeda beda tapi semua dasarnya sama. pada postingan sebelumnya saya telah mengatakan bahwa saya menggunakan rumahhosting.com

  1. Pertama sobat Odel Login ke dalam Member Area, setelah berhasil login maka akan ada tampilan utama dimana anda dapat  memilih  domain yang baru saja anda beli , lalu klik tanda panah yang mengarah ke bawah dan berada disebelah kanan.lalu pilih Kelola Domain seperti gambar dibawah ini : 
  2. Setelah terbuka tampilan baru maka sobat Odel perlu mencari tab  DNS Management, jika sobat Odel menggunakan rumahhosting.com. Sobat Odel perlu menghubungi bagian support ticket atau sobat odel bisa menggunakan chat untuk mengaktifkan DNS Management. Bagian Support Ticket akan memberikan Name Server baru kepada sobat. 
  3.  Setelah DNS Management aktif sobat Odel bisa melakukan konfigurasi DNS, tetapi sebelumnya sobat Odel perlu mengganti beberapa hal di dalam kolom DNS Management. Isi Kolom tersebut seperti contoh yang ada di gambar , untuk dua kolom terakhir Sobat Odel perlu mengisinya dengan CNAME yang sobat dapatkan di Dashboard Blogger, setelah diisi jangan lupa untuk disimpan. 
    DNS MAnagement
    CNAME
  4. Setelah semua diisi dengan benar, sobat Odel bisa beralih ke tahap selanjutnya yaitu tahap mengubah NameServer, Sobat odel perlu mengganti nameserver yang lama dengan name server baru yang diberikan oleh penyedia domain tadi (nameserver yang diberikan oleh customer service). Seperti contoh dibawah ini. Setelah diganti jangan lupa untuk disimpan.
  5. Setelah semua selesai sobat Odel bisa kembali lagi ke Dashboard Blogger. Pada tab tampilan yang tadi jangan lupa untuk klik tombol simpan. Cara selanjutnya Sobat Odel Bisa Klik Link Disini 
Selamat Mencoba 🙂
Jika ada yang mau ditanyakan bisa comment dibawah ini 🙂
Semoga Bermanfaat ya 🙂

Leave your thought

Mom's Odells