Berbagi Asik Bersama Pejuang Nasi Bengkulu

Berbagi Asik Bersama Pejuang Nasi Bengkulu

Assalamualikum wr. wb

Bagaimana kabarnya ?? Semoga semua sobat Odel dalam keadaan baik, sehat dan juga selalu diberi kemudahaan disemua urusaannya ya .

Hmmmh… Sobat Odel tersayang, pernah ga sobat berbagi ke sesama? dalam bentuk apa aja deh, terus Rutin Ga itu dilakukan? Bisa dihitung ga dalam setahun Sobat Odel berapa kali sudah berbagi/bersedekah atau ada yang dalam setahun ga pernah berbagi xixixixi

Pertanyaan saya diatas bukannya untuk mengajak Sobat Odel mengungkit apa yang telah diberikan, hanya ingin sedikit mengingatkan Sudah sejauh mana anda mengasah Naluri anda untuk berbagi dengan sesama.

Kata Berbagi pada dasarnya adalah suatu hal yang tidak asing lagi di telinga kita. Setiap orang akan pasti sudah pernah merasakan bagaimana indahnya berbagi apalagi jika mereka melakukannya dengan hati yang tulus tanpa adanya pamrih.

Berbagi tidak harus selalu berupa uang dan materi tapi bisa juga berupa kasih, ilmu, dan lain sebagainya. Berbagi segala sesuatu yang bermanfaat akan memberikan dampak baik bagi yang memberi maupun yang diberi.

Belakangan ini sudah banyak sekali cara yang dilakukan oleh orang-orang untuk berbagi, tidak hanya secara individu melainkan  juga secara berkelompok dengan mengatasnamakan  komunitas. Komunitas-komunitas tersebut lahir karena memiliki persamaan visi dan misi. Seperti halnya dalam hal Berbagi, sekarang di Indonesia sudah banyak sekali komunitas berbagi salah satunya adalah Komunitas Berbagi Nasi.

Sebenarnya Istilah Berbagi Nasi dan juga adanya Komunitas Berbagi Nasi ini baru-baru ini saja saya ketahui, itupun karena adek saya yang paling kecil mengikuti kegiatan Komunitas Berbagi Nasi Bengkulu atau lebih dikenal dengan istilah Bernas

Penasaran donk saya, tentang komunitas ini akhirnya cari tahu deh tentang Komunitas Berbagi Nasi ini. Cari taunya ya lewat adek saya xixixi, mbah Google (informan saya ini) dan juga wawancara tidak langsung kepada Ketua Bernas Bengkulu, terima kasih ya pak ketua  Sahril Pauzi  dan Perdian Ependi atas wawancara dan juga waktunya :).

Penasarannnnn Juga Ga ???
Kalo Iya nih disimak terus ya hasil investigasi saya 🙂 tentang Kegiatan Berbagi Asik Bersama Komunitas Berbagi Nasi Bengkulu.

Sebelum Lanjut ke Komunitas Berbagi Nasi Bengkulu, ada baiknya sobat tau dulu tentang Berbagi Nasi Itu Sendiri, agar setelah tau apa dan bagaimana cara kerja Komunitas Berbagi Nasi ini sobat Odel berminat untuk menjadi bagian dari komunitas ini 🙂

Tentang Berbagi Nasi

Berbagi Nasi (BerNas) merupakan suatu kegiatan sosial yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat berbagi dengan cara membagikan nasi bungkus kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Kegiatan Berbagi Nasi Pertama kali dilaksanakan di Kota Bandung yang kemudian diikuti oleh lebih dari 84 kota yang ada di Indonesia, termasuk salah satunya adalah Kota Bengkulu.

Tentang Komunitas Berbagi Nasi

Awalnya kegiatan BerNas ini hanya dimulai dari 2 orang yang konsisten (seminggu 3x) membagikan nasi bungkus untuk saudara-saudara kita yang masih hidup serba kekurangan, kepada pekerja keras yang bekerja hingga larut malam dan juga kepada mereka yang tidur masih beralaskan bumi dan beratapkan langit di bumi Rafflesia ini. Kegiatan ini mereka lakukan untuk mengasah dan mebiasakan naluri mereka untuk berbagi kepada sesama.

Lama-kelamaan kegiatan ini mulai dikenal orang banyak baik dari mulut kemulut, dari berbagai media baik media cetak, media televisi dan juga media sosial, sehingga akhirnya berkembang sampai penjuru nusantara.

Pada umumnya yang mengikuti komunitas BerNas ini adalah anak muda. Memang anak muda merupakan generasi yang boleh dikatakan sedang berada pada masa paling aktif di dunia sosial. Banyak anak muda yang akan terjun ke dalam komunitas dengan tujuan awal yaitu untuk mendapatkan lebih banyak teman dan memperluas pergaulan mereka namun kemudian keikutsertaan mereka membangkitkan jiwa sosial mereka, termasuk dalam aksi berbagi ini.

Nah sampai disini sobat Odel sudah mulai mengenalkan tentang komunitas berbagi nasi ini, sekarang saya akan melanjutkan tentang Komunitas Berbagi Nasi Bengkulu, dengan harapan setelah membaca tulisan saya banyak warga Bengkulu yang mau jadi Donatur 🙂 memberikan satu sampai dengan dua bungkus nasinya :).

Baiklah ga perlu basa basi lagi, kali ini saya akan mengenalkan kepada semua yang udah mampir ke Blog saya terutama khususnya warga Bengkulu agar lebih mengenal secara dekat dengan Komunitas Berbagi Nasi Bengkulu.

Komunitas Berbagi Nasi Bengkulu

Apa Arti Dari Komunitas Berbagi Nasi Bengkulu ?

Komunitas Berbagi Nasi Bengkulu
merupakan sebuah Organisasi tanpa bentuk dan tanpa Agenda yang rumit, hanya punya nama, ide dan harapan untuk membantu serta semangat untuk berbagi kepada sesama.Bermula dari rasa ingin berbagi dan keprihatinan terhadap saudara kita yang masih tidur beralasakan bumi dan beratapkan langit yang masih susah payah mendapatkan makanan secara teratur

Komunitas Berbagi Nasi Bengkulu sudah berdiri sejak tahun 2015, tepatnya pada tanggal 13 Februari 2015 yang di pelopori oleh Putri Octasari dan sekelompok anak muda Bengkulu yang memiliki semangat berbagi yang tinggi.

Ketua Komunitas Berbagi Nasi Bengkulu saat ini yaitu Sahril Pauzi (Mahasiswa IAIN Bengkulu), uniknya komunitas ini tidak mempunyai anggota tetap karena menurut mereka Komunitas Berbagi Nasi Bengkulu  tidak ingin mengikat seseorang untuk menjadi anggota. Komunitas ini juga terbuka untuk semua kalangan asalkan memiliki visi dan misi yang sama yaitu mempunyai rasa berbagi dan peduli terhadap sesama.

Bagaimana Cara Kerja Komunitas Berbagi Nasi Bengkulu ??

Sesuai dengan nama komunitasnya “Berbagi Nasi” Cara kerja Komunitas Berbagi Nasi ini sangat mudah dan simpel, yaitu hanya membagikan nasi bungkus kepada orang-orang yang pantas mendapatkannya.

Nasi Bungkus yang di bagikan didapatkan dari para donatur dan juga dari setiap anggota komunitas berbagi nasi. Untuk para donatur biasanya ada yang memberikan dalam bentuk uang yang nantinya akan dibelikan nasi bungkus oleh panitia berbagi nasi Bengkulu. Sedangkan Para Anggota Komunitas membawa 1-2 bungkus nasi (tergantung dari kemampuan masing-masing orang).

Sasaran yang dibagikan Nasi Bungkus Oleh Komunitas Berbagi Nasi Bengkulu ini adalah Orang-orang yang kurang beruntung karena masih tidur beralaskan bumi dan beratapkan bumi (tunawisma kalo bahasa kerennya hehehe), para pekerja keras yang bekerja sampai larut malam seperti pemulung, tukang becak, tukang sampah, pengamen cilik, pengemis dan lain-lain). Setiap satu bulan sekali biasanya Komunitas ini juga mengadakan kunjungan dan memberi santunan ke penghuni Panti Asuhan yang ada di Kota Bengkulu untuk mempererat tali silahturahmi terhadap penghuni panti.

Kegiatan Berbagi Nasi Bengkulu ini dilakukan setiap seminggu sekali yaitu Setiap Sabtu Sore.

Pejuang Nasi Membagikan Nasi Bungkus Kepada Bapak Pemulung


Pejuang Nasi sedang Membagikan Nasi Bungkus 



Salah Satu Kegiatan Sosial Para Pejuang Nasi, Penggalangan Dana Untuk Aleppo

Pejuang Nasi Sedang Membagikan Nasi Bungkus 

Pejuang Nasi Ketika Bertemu dengan Imam yang sedang membantu ibunya berjualan gorengan
hingga  tengah Malam di Dekat PArkiran Mega Mall Bengkulu



Bagaimana Cara Bergabung Komunitas Berbagi Nasi Bengkulu ??

Cara bergabungnya sangat gampang, sobat yang ada di daerah Bengkulu, tinggal datang setiap MeetPoint, lokasinyanya juga berubah-ubah yaitu di Taman Remaja Bengkulu dan View Tower Di Depan Rumah Dinas Gubernur Bengkulu. Datangnya sambil membawa nasi bungkus ya, terserah jumlahnya mau berapa banyak :). Mau datang aja untuk mengantarkan nasi bungkus dan tidak ikut membagikannya juga boleh 🙂 kok. Bagi Sobat yang ingin ikut berdonasi dalam bentuk uang bisa langsung menghubungi Contact Person Ketua Berbagi Nasi Bengkulu.

Nah Sobat Odel yang mau tau lebih banyak tentang Komunitas yang satu ini atau ingin menjadi bagian dari pejuang nasi bisa langsung aja ceki ceki dibawah ini

atau Klik Link Dibawah Ini

 Fanspage   : Berbagi Nasi Bengkulu
 Instagram Instagram :  @berbaginasibgkl

*Sumber Foto : Dari Instagram dan Fanspage Berbagi Nasi bengkulu

About Author

Related posts

Bengkulu Patut Berbangga, Dua Objek Wisata Kembali Masuk Nominasi API

Masyarakat Bengkulu patut berbangga karena tahun 2018 ini dua objek wisata kembali masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia. Wisata Olahraga dan petualangan terpopuler dan Bukit Kandis serta Situs Wisata Sejarah Terpopuler Rumah Bung Karno. Rumah Bung Karno Sebelumnya tahun 2017 , Bengkulu juga sempat masuk kedalam nominasi...

Read More

SMARTPHONE HONOR 9 LITE RILIS DI INDONESIA, CATAT TANGGALNYA !

Smartphone Berwarna Biru Elegant, Body yang ramping dan Tampilan yang mulus Serta dibalut dengan Cashing Glossy yang membuat Smarphone ini nampak lebih mewah. Melihat gambar smartphone dengan tampilan elegant seperti ini tentu membuat saya penasaran dan segera mencari tahu Smarphone apalagi ini ? Ternyata Guys, Smartphone ini adalah HONOR...

Read More

Comments ( 8 )

  • ria mustika

    masyaAllah
    semoga berkah kegiatannya
    salut dengan teman2 yang peduli sesama
    semoga bisa gabung nanti

  • moms odell

    Amiin, semoga ada waktu untuk bergabung ya mba :). Makasih sudah mau mampir mb.

  • aang verianto

    Peduli sesama, Dua jempol deh buat Berbaginasi Bengkulu . . .

  • moms odell

    Tinggal dateng aja mb ke lokasinya, biasanya lokasinya ganti ganti, tp nanti diinfoin di fanspage nya lokasi meetpointnya. Kalo ga sempet ikutan ngebagiin bisa ngasih nasi bungkusnya aja.

  • moms odell

    Hehehhe iya aang, anak anak muda yang kayak gini ya yang harusnya didukung.

  • Kuma Seo

    Wah komunitas yang bagus sekali bisa berbagi. Dan sya tertarik untuk gabung mbak.karena sya juga mrmbuat program sedekah setiap hari.

  • moms odell

    wah cocok banget nih mas kumaedi, biar maik lancar rezekinya karena sadekah 🙂

Give a Reply