Blog

Pencegahan Infeksi Saluran Kemih Pada Saat Kehamilan

Assalamualaikum wr. wb
Hai sobat Odel tersayang 🙂
Sudah beberapa hari saya tidak mengupdate tulisan di rumah maya saya ini :).
Hmm kali ini saya ingin share sedikit pengalaman saya ketika menderita penyakit Infeksi Saluran Kemih Pada Saat Hamil putri kedua saya. Saya menceritakan ini agar wanita-wanita yang sedang hamil atau akan hamil agar lebih mewaspadai resiko terkena ISK jika sering menahan buang air kecil.

Pada saat kehamilan saya berusia 8 Bulan memasuki 9 Bulan, saya sempat dilarikan ke Rumah Sakit dan dirawat inap selama beberapa hari karena demam yang tinggi, badan panas tapi saya mengigil hebat seperti orang kedinginan serta seluruh persendian kaki saya sangat terasa sakit dan nyilu.
Setelah dilakukan pemeriksaan darah lengkap dan tes urine, ternyata saya  mengalami Infeksi Saluran Kemih (ISK), karena pada hasil pemeriksaan laboratoriumnya tedapat bakteri pada urine. Saya dirawat beberapa hari di Rumah Sakit karena pada saat saya mengigil hebat, saya akan mengalami sesak nafas yang hebat dan ini berlangsung selama 2 hari. Pada saat sakit itu juga saya sempat mengalami pendarahan namun tidak hebat, tapi karena pada saat itu kondisi saya sedang hamil hal ini bisa membahayakan bagi janin yang ada di kandungan saya, karena bisa menyebabkan keguguran.

Penyebab saya terkena Infeksi Saluran Kemih adalah bukan karena saya tidak melakukan Personal Hygine dengan benar, akan tetapi gara-gara saya sering menahan buang air kecil. Sebelum terkena penyakit ISK ini saya baru saja melakukan perjalanan jauh dan selama dalam perjalanan saya banyak menahan buang air kecil :P, dan ini ga boleh ditiru ya Sobat Odel. Pada postingan saya kali ini saya juga akan sedikit menjelaskan tentang penyakit yang satu ini.

Apa Sih Infeksi Saluran Kemih ??
Infeksi Saluran Kemih atau yang lebih dikenal dengan istilah “ISK” adalah infeksi yang terjadi pada kandung kemih dan disebabkan oleh bakteri. Kalo Istilah kesehatannya lebih dikenal dengan nama Sistitis yang secara luas artinya adalah Infeksi bakteri pada saluran kemih, dari ginjal sampai ke Uretra (saluran yang menghubungkan pembuangan urine).

Bakteri Apa  Yang Menyebabkan Infeksi Saluran Kemih ??
Pada Dasarnya penyebab ISK bisa sangat beragam, akan tetapi yang paling sering ditemui adalah ISK yang disebabkan oleh Bakteri Escherichia Coli dan bisa juga karena Virus, Jamur atau parasit seperti Chlamydia.

Pada banyak kasus, kuman penyebab ISK masuk kedalam saluran kemih melalui uretra yang merupakan penghubung saluran kemih bagian dalam dengan tubuh bagian luar. Bakteri tersebut bisa berasal dari anus ataupun vagina, karena letak muara uretra berdekatan dengan alat kewanitaan tersebut. Pada saat kondisi normal seharusnya Urin yang diproduksi oleh ginjal akan selalu steril, yaitu bebas dari kuman dan mikroorganisme, oleh karena itu jika ada bakteri di dalam kandungan urine itu berarti pada saat itu urine dalam kondisi tidak normal.

Bahaya Infeksi Saluran Kemih Pada Ibu Hamil ??
Beberapa bulan yang lalu istri dari presenter Indra Bekti harus kehilangan buah hatinya yang ketiga karena meninggal setelah beberapa menit dilahirkan. Menurut Indra Bekti anaknya meninggal karena pada kandungan istrinya terdapat Bakteri akibat dari Infeksi Saluran Kemih, sehingga buah hatinya harus dilahirkan secara prematur.

Ibu hamil memiliki resiko tinggi mengalami Infeksi Saluran Kemih (ISK) pada masa kehamilan karena pada saat hamil akan terjadi perubahan hormon yang menyebabkan wanita hamil lebih rentan untuk terkena infeksi. Infeksi Saluran Kemih akan terjadi jika bakteri menyerang  bagian tertentu dari sistem saluran kemih misalnya Ginjal, Ureter, kandung kemih dan juga uretra. Jika terus dibiarkan maka ISK akan membahayakan untuk janin yang ada didalam kandungan, dan salah satunya akan menyebabkan bayi lahir secara prematur.

Pada saat terinfeksi bakteri yang menyebabkan Infeksi Saluran Kemih tubuh akan mengalami peradangan yang akan berdampak pada kehamilan, dan hal ini juga pernah saya alami pada saat saluran kemih saya terinfeksi. Seluruh persendian kaki saya terasa sangat pegal, nyilu dan sakit. Saya juga mengalami Tremor (menggigil) hebat yang disebabkan karena suhu tubuh saya yang sudah di atas 39 derajat celcius.

Bagaimana Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih Pada Ibu Hamil ??

Infographics Pencegahan ISK Pada Ibu Hamil

Nah jadi sobat Odel, pada intinya Penyakit Infeksi Saluran Kemih ini bisa dicegah sebelum terjadi dan bisa diatasi walupun telah terinfeksi. Namun yang akan sangat dikhawatirkan adalah kondisi janin yang sedang dikandung ibu :).

Jadi jangan pernah mengabaikan saat ada keinginan untuk buang air kecil ya 🙂

Leave your thought

Mom's Odells