Assalamualaikum πŸ™‚

Hai sobat Odel 
Ketemu lagi ya sama saya hihihi, dirumah maya saya :),rumah biasa yang ala kadarnya tapi semoga isi rumahnya bermanfaat ya buat Odelers yang udah mampir ke sini πŸ™‚
Sobat Odel Pernah mendengar ga tentang Daun Pepaya Jepang, kalo dari namanya pasti sobat Odel mengira jika Pepaya Jepang ini berasal dari negeri Sakura Jepang heheh padahal ga loh sobat Odel.
Pepaya Jepang ini merupakan tanaman asli Indonesia yang berasal dari daerah Jawa Barat. Daun tanaman pepaya Jepang ini sangat mirip dengan daun pepaya pada umumnya tapi dengan ukuran yang kecil. Bisa dibilang  hampir satu ukuran dengan daun singkong dan berwarna lebih tua dari pada daun pepaya. 
Jika sobat Odel berada di luar Sumatera pasti sering menemui abang-abang yang jual sayuran menjual daun pepaya Jepang ini, seikatnya di bandrol dengan harga Rp. 5000,- (pernah beli soalnya ). Nah kalo di Sumatera khususnya Bengkulu mungkin ada beberapa sobat Odel yang belum pernah mendengar atau pernah mendengar tapi ga pernah mencoba rasa daun Pepaya Jepang ini.
Kebetulan sewaktu neneknya anak-anak pergi ke Jakarta banyak yang nanem di depan rumah, jadi minta deh beberapa batang buat di bawa pulang ke Bengkulu, dan saya pun juga ikut menanam Pepaya Jepang ini πŸ™‚ hehehh. Cara menanamnya juga ga susah loh,sobat hanya perlu menancapkan batang tanaman ini ke tanah atau kedalam pot, nanti batang tersebut akan bertunas dan tumbuh sama seperti cara ubi singkong tumbuh . 
Tanaman pepaya Jepang ini sering digunakan oleh para herbalis sebagai salah satu bahan utama obat-obatan, karena ternyata tanaman ini mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Cara pengolahannya juga ga susah, daun tanaman ini bisa di masak apa saja sesuai dengan selera sobat. Jika ingin di olah sebagai bahan makanan, sobat Odel harus merebusnya agak lama karena daun ini memiliki tekstur daun yang lebih keras jika dibandingkan daun Singkong, dari segi rasanya pun daun pepaya Jepang ini tidak pahit sama sekali makanya enak buat di olah menjadi masakan apa aja.
Daun Pepaya Jepang

Nah karena hari ini saya habis panen daun pepaya Jepang ini makanya saya bikin tulisan ini :), kalo saya dan suami lebih suka memasak tumis pedas daun Pepaya Jepang, hari ini saya bikinnya di tumis pedas dengan di beri potongan cabe rawit, lada hitam dan sedikit bubuk Oregano hehehe jadi ada kayak rasa Italiano nya.

Tumis Pedas Pepaya Jepang

Apa dan bagaimana khasiatnya daun pepaya Jepang ini bisa dobat Odel liat pada gambar dibawah ini πŸ™‚

Nah sampai disini dulu ya Sobat Odel, buat yang di daerah Bengkulu dan mau bibit Pepaya Jepang bisa kok minta sama saya :).

See Ya di Next Postingan saya πŸ™‚