Blog

Tips Mengatasi Bayi Rewel Pada Saat Tumbuh Gigi Pertama

Assalamualaikum

Hai sobat Odel 🙂

Ke..tee.. muu lagi sama saya 🙂

Bagaimana nih kabarnya, semoga selalu dalam keadaan sehat ya .

Postingan saya kali ini ceritanya mau share tentang cara menghadapi Baby yang sedang berada pada tahapan tumbuh Gigi pertama.

Yeyy akhirnya si Gigi Tumbuh Juga deh hehehhe, tumbuh gigi pada bayi pasti menjadi salah satu hal yang paling di tunggu-tunggu oleh orang tua dan merupakan momen berharga apalagi kalo itu merupakan momen pertama bagi orang tua yang baru memiliki buah hati. Seperti halnya saya ketika tumbuh gigi pada putri saya yang pertama senengggg banget, dan belum lama ini putri saya yang kedua berusia 11 Bulan itu sedang akan memasuki tahapan tumbuh gigi ini. 

Kedua proses tumbuh giginya pun berbeda dan reaksi kedua putri saya pun berbeda. Jika putri saya yang pertama cenderung kalem, tidak rewel hanya sedikit meriang dan ileran. Kalau putri saya yang kedua beuhhh tingkah lakunya sungguh berbeda pertama. Putri saya yang kedua mengalami fase tumbuh gigi pada saat usianya 11 bulan dan sudah bisa berjalan dengan lancar. Pada saat awal tumbuh gigi dia mulai ileran, gusi yang akan tumbuh gigi tampak terlihat lebih merah dari yang lainnya, suka mengigit benda-benda yang keras, suka mengigit tangan, saat ini dia suka gigit gigit tulang ayam (kalau makan ayam goreng pasti yang dipegang erat itu bagian paha, soalnya ada tulangnya buat digigit-gigit). Perubahan lainnya putri saya yang kedua ini rewelnya minta ampun dan sempat mengalami demam pada saat giginya tumbuh.

Bagaimana sih ciri-ciri bayi akan tumbuh gigi ??

Pada umumnya bayi yang akan tumbuh gigi menunjukan respon tubuh yang berbeda beda. Namun yang paling sering ditunjukan adalah 
  • Demam 
  • Rewel 
  • Sering mengeluarkan air liur atau ileran. 
  • Sering Memasukan Jari ke Mulut lalu bertingkah seperti geregetan pengen gigit 
  • Suka memasukan benda-benda yang dipegang kedalam mulutnya 
  • Susah Tidur 
  • Gusi memerah dan bengkak 

Bagaimana cara menghadapi bayi yang sedang tumbuh gigi ??

Fase tumbuh gigi pasti akan dilalui oleh setiap bayi namun tahapan ini pada umumnya berbeda-beda pada setiap bayi, ada yang tumbuhnya lebih cepat dan juga ada yang lama. Jadi bunda ga perlu panik ketika menghadapi proses tumbuh gigi bayinya. Yang perlu kita lakukan adalah membuat bayi kita senyaman mungkin pada saat proses tumbuh gigi pertamanya. Jika terjadi demam pada saat proses tumbuh gigi tersebut, bunda bisa membawa bayinya ke dokter agar diberi obat penurun panas dan obat pereda nyeri yang cocok buat bayi..

Kalau saya kedua putri saya tidak ada satupun yang saya bawa kedokter pada saat mereka demam tumbuh gigi, karena demam pada saat tumbuh gigi tidak akan berlangsung lama. Pada saat mereka demam saya hanya mengompres dan memberi minum yang banyak pada baby saya dan untuk mengatasi rewelnya akibat nyeri gusi pada saat gigi akan tumbuh saya memberikan ice cream, buah buahan dingin semuanya serba dingin heeheh jadi gusinya yang sakit pada saat akan tumbuh gigi akan diredakan oleh makanan yang dingin, jadi bayi ga rewel lagi. 

Beberapa cara ini juga dapat dilakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang sedang dirasakan bayi saat tumbuh gigi, selain cara-cara seperti yang saya sebutkan diatas 

  • Memberikan Mainan Teether / Teething 

Teether adalah sebuah mainan yang tersedia dalam berbagai bentuk yang terdapat lobang yang dapat digunakan untuk mempermudah bayi memegang mainan tersebut. Teether banyak tersedia dalam berbagai merek dan bahan, pastikan pada saat membeli teether, belilah teether dengan label yang menjamin bahwa teether tersebut tidak mengandung bahan yang tidak berbahaya bagi bayi anda. Beberapa jenis teether dapat didinginkan lebih dahulu di lemari pendingin sebelum digunakan bayi hal ini dapat membantu meredakan rasa nyeri pada saat tumbuh gigi. Tapi inget yaaaa Jangan Meletakan teether di dalam Freezer karena dapat membahayakan gusi bayinya. Hal Yang terpenting ketika memilih teether adalah harus ada label BPA Free (Bisphenol A) pada kemasannya.

Teether Toys
Sumber Gambar : https://www.aliexpress.com
  • Memberikan Minuman Yang Dingin

Minuman yang dingin dapat membantu bayi menjadi lebih nyaman karena rasa nyeri pada saat tumbuh gigi dapat dikurangi. Memberikan ice cream yang tidak mengandung pemanis buatan ataupun Pudding Cair Yang Dingin dan tidak mengandung banyak gula bisa juga di jadikan alternatif untuk membantu meredakan nyeri pada gusi yang akan ditumbuhi gigi. Tapi Bunda juga perlu memastikan suhunya minuman tersebut, jangan memberikan minuman yang terlalu dingin kepada bayinya. Ada baiknya sebelum di berikan Minuman dingin itu di biarkan sejenak hingga tidak terlalu dingin. 

  • Berikan Cemilan Yang Dingin

Pada saat gigi akan tumbuh, gusi bayi akan terlihat memerah dan bayi akan merasa tidak nyaman karena sakit dan juga gatal pada gusinya. Hal itu menyebabkan bayi akan sering memasukan atau mengigit benda-benda yang digenggamnya. Untuk mengantisipasi hal tersebut bunda dapat memberikan cemilan dingin yang lebih aman, misalnya seperti memberi buah-buahan dingin seperti Apel,Wortel, Pepaya, Pisang dan buah-buahan yang lain sehingga membantu mengurangi rasa nyeri pada gusi cemilan dingin itu juga bisa digunakan untuk membantu gatal pada Gusi . Jangan Lupa untuk selalu Mendampingi bayinya saat mengkonsumsi cemilan yang dapat mengakibatkan tersedak.

  • Sering Mengusap Gusi Bayi 

Mengusap Gusi Bayi dilakukan agar dapat memberikan kenyamanan pada bayi dan mengurangi rasa gatal pada saat gigi akan tumbuh. Gunakanlah kain yang berjenis lembut pada saat mengusap gusi bayi dan sekali kali tekan dengan lembut gusinya agar dapat memberikan kenyamanan pada bayi.

  • Memberikan Obat Pereda Nyeri

Memberikan Obat Pereda Nyeri Juga dapat digunakan sebagai salah satu opsi untuk membantu meredakan nyeri tumbuh gigi pada bayi, tapi jika bisa ini digunakan sebagai Opsi terakhir saja ya Bunda karena ada baiknya bayi kita seminimal mungkin jangan terkontaminasi zat-zat kimia obat-obatan :). Jika memang diperlukan ada baiknya bunda konsultasi dahulu ke Dokter Spesialis Anak, jangan menggunakan sembarangan Obat-obatan. Jangan Sekali-kali bunda memberikan ASPIRIN kepada bayinya karena dapat mengakibatkan kerusakan otak dan hati. 

Bagaimana cara merawat gigi bayi yang baru tumbuh ??

Perawatan gigi yang baru tumbuh pada bayi sangat berbeda dengan perawatan gigi pada anak balita ataupun orang dewasa, ada beberapa cara yang sangat mudah dan dapat dilakukan oleh setiap orang tua yaitu :

  • Bersihkan dengan lembut menggunakan kain waslap ataupun kain flanel pada gigi yang baru tumbuh, dengan cara kain tersebut dililitkan pada ujung jari telunjuk. Saat ini telah banyak dijual sikat gigit yang berbentuk telunjuk dengan bahan silikon lembut jadi orang tua tinggal menyorongkan jari telunjuk kedalam lobangnya dan bisa mulai menggosok secara lembut pada gigi yang baru tumbuh. Hal ini dilakukan agar bakteri tidak menempel pada gigi yang sedang tumbuh. Sebaiknya dilakukan setelah selesai makan dan menjelang tidur. 
Tooth Brush For Infant
  • Setelah bayi agak besar, Sobat Odel bisa mulai menggunakan sikat gigi khusus bayi dan juga pasta gigi khusus yang bisa di gunakan oleh bayi. Pilih sikat gigi yang bulunya extra soft dengan ujung sikat gigi yang kecil dan pegangan yang lentur sehingga memudahkan sobat Odel untuk menggosoknya.

Nah demikianlah sedikit pengalaman saya untuk mengantisipasi Bayi Rewel Pada Saat Tumbuh Gigi

semoga tulisan ini bisa bermanfaat ya untuk semua 🙂

terima kasih and stay keep calm and read 🙂

Leave your thought

Mom's Odells