Blog

Gandeng Pramuka, BKKBN Sukseskan Program Kependudukan

Assalamualakum Wr, Wb

Salam hangat dari mome “_”

Sobat Odel, ada yang pernah menjadi anggota Pramuka ga? atau saat ini masih menjadi anggota Pramuka. Saat ini anggota Pramuka sering dilibatkan kedalam berbagai kegiatan terutama kegiatan-kegiatan sosialisasi kepada masyarakat. 
Seperti halnya BKKBN yang menggandeng anggota gerakan pramuka untuk ikut menyukseskan program kependudukan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), termasuk salah satunya di Provinsi Bengkulu. 
Anggota Gerakan Pramuka akan bergabung dalam Satuan Karya Kencana yang dibina dalam Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pendidikan Keluarga. 
WHATSSS ?? GA SALAH ??
Kok bisa anggota gerakan pramuka dilibatkan dalam menyukseskan program kependudukan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), apa hubungannya coba Pramuka sama BKKBN 😜
Eitss Jangan Salah sobat-sobat, Organisasi gerakan pramuka ini paling sering loh dilibatkan diberbagai kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat salah satunya ya ini dilibatkan dalam menyukseskan program BKKBN. 
Hal ini sesuai dan tercermin dalam Dasa Dharma Pramuka yang menjadi pedoman anggota gerakan berlambang tunas kelapa tersebut.
Menurut Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah dalam acara pembukaan Kemah Bhakti Saka Kencana Pramuka Provinsi Bengkulu pada hari Jumat, 21 April 2017 lalu, di halaman kantor Perwakilan BKKBN Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan bahwa “Masalah kependudukan, pemerintah mengajak seluruh elemen masyarakat termasuk anggota gerakan pramuka yang merupakan  generasi muda berkualitas dan berkarakter. Semangat pembangunan masyarakat saat ini adalah pembangunan masyarakat yang berkarakter. Tujuannya adalah untuk menciptakan keluarga dtn masyarakat serta generasi yang berkualitas.

Wakil Gubernur Rohidin Mersyah juga sangat mengapresiasi terlaksananya Perkemahan Bhakti yang digelar oleh BKKBN. Melalui kegiatan tersebut beliau mengharapkan anggota Pramuka dapat memahami pentingnya menjadi generasi berencana (Genre) dan juga menambah pengetahuan terkait kependudukan. Dirinya juga memaparkan, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi, sehigga generasi produktif dan berkualitas harus bener-benar dipersiapkan.
Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala BKKBN Provinsi Bengkulu  Iskandar menjelaskan, di Saka Kencana terdapat krida yaitu kependudukan, keluarga berencana serta kesehatan reproduksi, juga generasi berencana dan juga sosialisasi mengenai anti narkoba.
Iskandar juga menambahkan bahwa pentingnya sosialisasi ini untuk memberikan pemaham kepada generasi muda, terutama untuk menghadapi fenomena kawin muda. Pengetahuan tersebut terkait dengan kesiapan secara biologis, juga pengetahuan bagaimana merencanakan keluarga yang berkualitas. Iskandar juga menegaskan bahwa “Tidak membenarkan kawin muda pada usia dini” (Jamal)
Nikah muda kalo mental dan psikologis belum matang ditambah lagi pengetahuan yang tidak memadai sangat beresiko tinggi terhadap pasang muda tersebut.
note :
*Berita ini merupakan bentuk kerja sama antara Komunitas Blogger Bengkulu dengan Media Center Provinsi Bengkulu.
MEDIA CENTER PROVINSI BENGKULU
Alamat            Jl. Pembangunan No.1, Padang Harapan, Kota Bengkulu
Twitter            @mediacenterBKL
Instagram @mediacenterbkl
Fanpage          Media Center Pemprov Bengkulu
Youtube          Media Center Pemprov Bengkulu

3 thoughts on “Gandeng Pramuka, BKKBN Sukseskan Program Kependudukan

Leave your thought

Mom's Odells