Blog

[Tutorial] Cara membuat Header Blog Dengan Menggunakan Aplikasi Canva

Halo Odelers
Hufft enak ya long weekend gini ? lagi sibuk pada ngapain nih?
Jalan-jalan bareng keluarga atau lagi leyeh-leyeh ngabisin waktu bareng anak keluarga ya pastinya.
Sambil leyeh-leyeh saya mau share sedikit nih tentang salah satu masalah yang sering didiskusikan oleh para Blogger , yatu penggunaan Header pada blog.
Menurut Odel’ers penting ga sih penggunaan header pada Blog ??
kalo saya heheheh setiap saya membuat sebuah blog, yang pertama saya pikirin adalah templatenya dan headernya, kalo yang lain mah bisa nyusul heheheh.

Kenapa kok cuma dua hal itu aja yang dipikirkan ?
1. Template 

Untuk sebuah blog template adalah salah satu jati diri dari Blog dan Blogger itu sendiri. Sebuah Blog ada baiknya mempunyai keunikan tersendiri walaupun terkadang menggunakan template yang sama, namun harus ada yang membedakan sehingga template tersebut menjadi ciri khas untuk sobat.
Pilihlah template yang sesuai dengan tema/kategori ataupun niche blog yang sedang anda bangun. Tentukanlah dengan tepat sebuah template yang akan sobat gunakan karena jika terlalu sering bergonta-ganti template juga akan mempengaruhi kualitas sebuah blog.
  • Blog akan menjadi kacau karena apabila sering mengganti template akan menyebabkan beberapa kode akan bertumpuk, sehingga akan memperburuk kinerja blog
  • Traffic Blog akan menurun
  • Kualitas SEO pun menjadi menurun
Pilihlah sebuah template yang sesuai dengan tema sehingga blog akan terlihat menarik, misalnya nih tema blog kita adalah lifestyle , parenting dan lain-lain tapi sobat menggunakan template yang tepatnya lebih cocok untuk jenis blog berita ataupun reportase, itu akan membuat blog anda tidak selaras dengan tema / kategori blog.
Jadi sebisa mungkin pilihlah template yang sesuai.
Untuk tips dan tutorial cara mengganti template yang aman ala Mom’s Odel nanti pada postingan berikutnya akan saya sharing ya 🙂
2. Header Blog
Kenapa saya meletakkan header pada urutan kedua pada saat akan membuat sebuah blog, bagi saya header adalah jati diri yang paling menciri khaskan blog saya, setiap header tentunya memiliki ciri khas tertentu. Blog tanpa header rasanya bagaikan sayur tanpa garam heheheh jadi ga lengkap.
“Ahkk header dengan bentuk gambar akan memperberat kinerja blog !!!”
Kalo salah cara membuatnya mungkin jawabanya IYA, namun jika anda tepat dalam membuatnya tentu itu tidak akan memperberat kerja blog.
Nah kali ini saya akan sedikit share tentang cara membuat header untuk blog dan ini bisa di gunakan untuk platform blogspot ataupun wordpress.
Langkah-langkah yang perlu dipersiapkan pada saat akan membuat Header adalah sebagai berikut :
  1. Tentukan dulu header yang ingin sobat buat itu temanya seperti apa , ingin header bergambar atau hanya header yang isinya hanya Judul Blog sobat. Jika sobat ingin menggunakan header yang bergambar tentu sobat perlu menyiapkan beberapa gambar yang akan sobat gunakan, dan sobat bisa mencari gambar-gambar tersebut di google, atau jika sobat pandai menggambar sobat bisa menggambar sendiri karakter yang cocok untuk blog sobat. Pilihlah gambar-gambar dalam bentuk PNG karena akan lebih memudahkan ketika akan digunakan.
  2. Siapkan aplikasi untuk mebuat header tersebut, dan disini saya akan menggunakan aplikasi online Canva namun jika sobat tidak bisa menggunakan aplikasi canva sobat bisa menggunakan powerpoint. Saya menggunakan aplikasi Canva ini karena sangat mudah digunakan. Canva juga tidak hanya digunakan untuk membuat header blog, sobat juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat Infographics, Blog Post dan lain-lain.
Nah selanjutnya saya akan memulai membuat Header Blog ya, sooo keep stay tune sampe abis ya 👻
  1. Pertama-tama buka dulu aplikasi Canva , kalo belum register silahkan register dulu. cara registernya gampang kok, sobat bisa register langsung dengan akun facebook ataupun email.
  2. Setelah sukses register silahkan sobat Login 
  3. Setelah sobat login sobat akan melihat tampilan seperti dibawah ini 
    Tampilan utama Canva
  4. Setelah terbuka tampilan utamanya, klik tombol More (tanda tambah) yang ada diujung 
    Berbagai Desain yang ada pada Canva
  5. Scroll kebawah hingga sobat menemukan berbagai layout untuk Social Media dan Email headers.Pilih salah satu , sobat bisa menggunakan layout Facebook Cover ataupun Twitter Header. Kalo saya saya lebih suka menggunakan Facebook Cover karena lebih besar, jadi pada saat di resize gambarnya masih bisa terlihat jelas.
  6. Setelah sobat memilih maka akan muncul tampilan layoutnya, untuk mebuat header sobat bisa memilih dari salah satu layout yang ada di sebelah kiri, saran saya jika background templatenya sobat berwarna putih lebih baik background header juga berwarna putih jadi bisa lebih menyatu antara header dan background template.
    Layout Header telah siap
  7. Setelah semua siap, silahkan sobat upload gambar-gambar yang akan sobat gunakan ke aplikasi Canva. Caranya Ketik Upload yang ada pada baris terahir sidebar sebelah kiri >> Klik pada button Upload yang berwarna hijau >> Pilih gambar yang akan sobat Gunakan
    Upload Gambar yang Akan digunakan
  8. Nah setelah selesai di Upload silahkan sobat berkreasi sendiri, mulai dari tata letak gambar, jens font yang akan digunakan ataupun kata-kata yang akan sobat gunakan.
  9. Setelah selesai silahkan sobat download  header yang telah sobat buat dengan jenis gambarnya adalah JPG jangan PNG ya, soalnya PNG filenya lebih besar.
    Download hasil header yang telah dibuat
  10. Setelah Sobat selesai download , resize header tersebut dengan menggunakan MS Paint sebanyak 80% lalu save.
    Resize Header yang telah didownload
  11. Header telah siap digunakan :). 
Biar lebih mudah silahkan sobat melihat video tutorial yang telah saya buat.
Nah selesai deh , silahkan dicoba ya sobat, semoga bermanfaat . Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan bertanya jangan sungkan-sungkan 🙂

Makasih

29 thoughts on “[Tutorial] Cara membuat Header Blog Dengan Menggunakan Aplikasi Canva

Leave your thought

Mom's Odells