Blog

Kerupuk Gurita dan Kopi Petik Merah , Produk Usaha Kecil dan Menengah Dari Kabupaten Kaur

Assalamualaikum dan selamat siang 
Yey ketemu lagi di Blog saya 
Kali ini saya akan mereview 2 Produk Makanan yaitu Oleh-oleh khas dari Kabupaten Kaur. Kabupaten Kaur merupakan satu dari 10 Kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu. Pada acara kopdar Blogger Bengkulu Minggu, 30 2017 lalu di Kantor Gubernur Provinsi Bengkulu, bersama dengan Tim Media Center dan Dinas koperasi dan UKM Provinsi Bengkulu, para penggiat Usaha Kecil Menengah dari Kabupaten Kaur ini pun hadir dengan membawa beberapa produk home industri mereka. Produk tersebut adalah Kerupuk Gurita dan Kopi Putik Merah Naga Rantai.
Kedua makanan tersebut ternyata makanan yang dijadikan oleh-oleh khas dari kabupaten Kaur. Makanan dan minuman ini merupakan produksi yang dbuat home industri oleh masyarakat setempat. 
Kerupuk Gurita

Dari namanya saja teman-teman pasti sudah tau kalo ini bahan dasarnya adalah dari Gurita. Kerupuk Gurita ini memang bahan dasarnya adalah Gurita yang diolah dengan menggunakan berbagai bahan sehingga menjadi cemilan renyah.

Kabupaten Kaur memang terkenal dengan hasil lautnya yaitu Gurita, Para penggiat Usaha Kecil Menengah (UKM) setempat memanfaatkan hal tersebut dengan mengolah Gurita tersebut menjadi makanan renyah dan gurih yaitu Kerupuk Gurita, yang saat ini menjadi oleh-oleh khas kabupaten Kaur.

Kerupuk Gurita Khas Kabupaten Kaur

Kerupuk Gurita ini diproduksi oleh Home Industri JPS dari Kabupaten Kaur. Bahan-bahan dasar pembuatannya juga semua berbahan dasar alami seperti :

  • Gurita
  • Tepung Terigu
  • Tepung Tapioka
  • Rempah-rempah
  • Garam
  • Penyedap Rasa
Di packaging dengan sangat rapat sehingga bisa di kirim kemana saja tanpa harus khawatir kerupuknya lempem atau mewet. Kerupuk Gurita ini juga terdapat dua varian rasa, ada rasa original dan juga rasa Balado.
Kerupuk Gurita
Jalan Desa Jembatan Dua Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur
Hp : 0812-7849-1812

Selain kerupuk gurita oleh-oleh khas Kabupaten Kaur lainnya adalah Kopi Petik Merah Naga Rantai
Kopi Petik Merah Naga Rantai
Kopi Petik Merah Naga Rantai ini diproduksi oleh Koperasi Produsen Cahaya Sejahtera Lestari
Kopi ini diolah dari biji kopi pilihan yaitu sistem petik buah merah. 
Jika dulu para petani selalu memetik buah ketika masih berwarna hijau, kuning dan merah sehingga akan memperngaruhi kualitas kopi. Saat ini para petani kopi di Kabupaten Kaur menanamkan sistem petik buah merah agar memperoleh kualitas kopi yang siap dipasarkan kemana saja, karena memiliki kualitas rasa yang enak. Jenis kopi yang ditanam dan diolah adalah jenis Robusta yang merupakan jenis kopi yang mendominasi di wilayah Bengkulu.
Kopi petik merah naga rantai ini telah dikemas dengan begitu unik dan apik sehingga siap dipasarkan keluar dari Kabupaten Kaur. Melalui Koperasi para petani menjalan Usaha Kecil Menengah ini dengan terorganisir terlebih lagi usaha kecil dan menengah ini dipantau langsung oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Kabupaten Kaur dan Provinsi Bengkulu.
Kopi Naga Rantai ini tersedia dalam beberapa kemasan salah satunya kemasan 50gr.
Naga Rantai Coffee
Produksi : 
Koperasi Produsen 
Cahaya Sejahtera Lestari 
Alamat : Desa Naga Rantai Kecamatan Padang Guci Hulu
Kabupaten Kaur
HP : 0823 – 7612- 9932

Nahh buat teman-teman yang sedang berwisata ke Kabupaten Kaur jangan lupa mampir dan beli makanan khas Kabupaten Kaur ya Kerupuk Gurita dan Juga Kopi Petik Merah Naga Rantai.

6 thoughts on “Kerupuk Gurita dan Kopi Petik Merah , Produk Usaha Kecil dan Menengah Dari Kabupaten Kaur

  1. Kaur emang selalu punya cerita, saya kalu lewat Linau, pasti mampir di RM Siang Malam yang selalu punya sajian tongseng dan sate gurita segar. Nah ini sudah ada kerupuknya pula, kerennn, wajib nih buat oleh2.

Leave your thought

Mom's Odells