Blog

Kopdar Blogger Bengkulu ke 10 dan Kopi Bengkulu

Halooo sobat Odel apa kabar semuanya, semoga dalam keadaan sehat dan baik-baik saja ya.
Sebenernya postingan saya kali ini agak sedikit terlambat hehehe karena sesuatu yang lebih penting dan harus mendapatkan perhatian yang lebih ekstra, yaitu adek saya yang paling kecil sedang dalam kondisi yang tidak sehat dan harus diopname di rumah sakit. Jadi saya lumayan sangat sibuk karena harus bolak balik rumah sakit hehehhe, maafkan saya ya :).
Buat sobat Odel harus pinter-pinter ya menjaga kesehatan, jangan sampai kesibukan dan kurangnya perhatian terhadap kesehatan sendiri membuat teman-teman jatuh sakit. Sesibuk apapun hendaknya tubuh tetap menjadi prioritas nomer satu yang harus diperhatikan. Untuk menjaga tubuh berfungsi dengan baik ada baiknya sobat Odel mengkonsumsi minuman herbal yang dapat menjaga fungsi organ tubuh dan juga stamina tubuh, seperti yang ada dalam tulisan saya yang satu ini yaitu tentang
Minuman Herbal yang bisa memelihara fungsi Hati yaitu Herbadrink Sari Temulawak .

Beberapa hari yang lalu tepatnya pada tanggal 21 Mei 2017 lalu, Komunitas Blogger Bengkulu kembali melakukan kegiatan rutinnya yaitu Kopi Darat (KopDar). Acara kopdar kemarin merupakan Kopdar ke-X Blogger Bengkulu dan Kopdar saya yang ke-4 bersama teman-teman BoBe semenjak saya bergabung di Komunitas blogger ini.
Setelah sebelumnya Kopdar Ke-9 dilakukan di Ruang Media Center, kali ini Kopdar Blogger Bengkulu (BoBe) dilakukan dikantor Disperindag Provinsi Bengkulu. Kopdar Ke-9 lalu Media Center Provinsi Bengkulu memfasilitasi pertemuan antara Blogger Bengkulu dan Kepala Dinas Usaha Kecil Menengah dan Koperasi untuk membahas masalah UKM Naik Kelas, kali ini pertemuan Blogger Bengkulu dengan Disperindag Provinsi membahas tentang salah satu produk unggulan dari Provinsi Bengkulu yaitu Kopi Bengkulu.


Dengan mengusung tema Menuju Konferensi Kopi Dunia Di Bengkulu, Kepala Disperindag Provinsi Bengkulu H. Ijerwan, SE menyampaikan beberapa tujuan tentang pertemuan pada saat itu.

Sama seperti kopdar-kopdar sebelumnya, suasana workshop ini sangat meriah dengan berbagai produk yang dibagikan untuk para blogger yang hadir dan juga sharing ilmu tentang blog yang sangat bermanfaat untuk blogger pemula seperti saya.
Berbagai Produk Kopi dari Asosiasi Pencinta Kopi dan Pedagang Kopi serta Petani Kopi juga menambah meriah suasana kopdar saat itu. Produk Kopi Bengkulu yang hadir pada saat itu yaitu Edu Coffee, Villco, Sintaro, Kopi Redjang, Bengkulu Mountain Coffee, Trabas dan Konakito Coffee. Sedangkan jenis kopi yang di perkenalkan adalah jenis kopi unggulan di Provinsi Bengkulu yaitu  Jenis Robusta dan Arabica.
Buat Info aja nih ya, Provinsi Bengkulu merupakan Salah satu Produsen Kopi terbesar di Indonesia. Kopi Bengkulu terutama jenis Robusta sudah sangat terkenal hampir di seluruh Nusantara bahkan juga ada yang sudah terkenal di kancah Internasional. 
Pada tahun 2016, Kopi Robusta asal Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, dengan merek dagang Ngupei Konakito masuk jajaran 15 kopi terbaik Indonesia dalam ajang AEKI AICE Coffee Contest 2016 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) dan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (PPKKI).
Pada saat kopdar kemarin,saya beruntung banget bisa bertemu langsung dengan para pencinta kopi Bengkulu sekaligus para pengusaha kopi yaitu :

Edu Coffee 

Edu Coffee merupakan salah satu dari brand produk kopi yang ada di Provinsi Bengkulu. Selain nama Brand produk kopi, Edu Coffee juga sebuah nama dari tempat nongki kekinian, dimana kamu bisa ngopi-ngopi santai di Edu Coffee.

Jenis-jenis Kopi yang disediakan oleh Edu Coffee yaitu Kopi Robusta, Kopi Arabica dan Kopi Luwak, baik yang berbentuk biji maupun bubuk. 
Kopi yang disediakan oleh Edu Coffee ini semuanya merupakan hasil dari petani kopi yang ada di Provinsi Bengkulu, dengan proses pemilihan biji kopi berkualitas dan juga proses Fresh Roasted membuat kopi Edu Coffee ini memiliki cita rasa tersendiri.  
Packaging yang menarik dan juga sangat rapat membuat kopi dari Edu Coffee ini bisa dibawa kemana saja dan juga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk saudara kalian yang belum pernah mencicipi kopi Bengkulu. 
Bagi sobat yang ingin mencicipi kopi seduhan dari Edu Coffee ataupun ingin membeli kopi ini, sobat Odel bisa langsung aja dateng ke Edu Coffee Bengkulu, atau sobat ingin melihat-lihat tentang Edu Coffee bisa langsung cek IG nya IG : http://www.instagram.com/educoffee.bkl/


“Smell Delightful Aroma”
Drink Your Coffee Nice and Slow
~Edu Coffee

Villco

Villco adalah  brand  produk kopi yang juga hadir pada saat Kopdar BoBe ke-10. Bagi teman-teman yang sering jalan-jalan di lokasi wisata Pantai Panjang Bengkulu dan sekitarnya pasti pernah mendengar atau membaca Brand Kopi yang satu ini, karena selain merek kopi, Villco ini juga merupakan merek sebuah kedai kopi yang keren dan kekinian banget. 
Dengan mengusung tema Coffee Truck, Villco menggunakan mobil VW yang sudah di desain dengan sangat catchy dan unik sekali.
Villco Coffee menyediakan kopi-kopi special yang merupakan hasil olahan dari biji-biji kopi pilihan yaitu Biji Kopi Petik Merah dari dataran tinggi Bengkulu
Kopi Special yang disediakan oleh Villco yaitu Arabica Specialty Coffee dan Robusta Specialty Coffee

Baca : Villco Coffee, Gerai Kopi Bengkulu Dengan Konsep Coffee Truck Pertama di Bengkulu

Sobat Odel yang penasaran sama rasa kopi special dari Villco, sobat Odel bisa baca review dari rekan saya diatas atau kepoin IGnya aja : @villcobengkulu
“Iko !!!”
Kopi Yang Lemak, Cubolah Kopi Bengkulu
~Villco Bengkulu

Kopi Redjang

Kopi Redjang merupakan Produk Kopi yang diproduksi oleh PT. Naqsa Golden Exocite dari Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu.
Kopi Redjang hadir bukan sekedar melengkapi tapi menyempurnakan yang sudah ada. Kopi Redjang ini memiliki ke unikan tersendiri, hal ini dikarenakan Komposisi Kopi Redjang yang terdiri dari dua varian kopi yaitu 65 % Kopi jenis Robusta dan 35% Kopi Jenis Arabica. Bisa ga sobat bayangkan bagaimana rasa kopi ini ??
Baca aja review dari rekan blogger saya yang sudah mencicipi dan mengulas tentang Kopi Bengkulu yang satu ini, “Kopi Redjang, Persilangan Arabusta Dari Bengkulu

“Cita Rasa Khas Exotisme”
Dataran Tinggi Tanah Suku Redjang
~Kopi Redjang

Sintaro Gold Coffee


Sintaro Gold Coffee merupakan kepanjangan dari Sindang Dataran Robusta, yang berasal dari salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu yaitu Rejang Lebong.
Sindang Dataran merupakan salah satu daerah yang ada di Rejang Lebong yang hanya menanam satu varietas kopi saja yaitu kopi jenis Robusta.
Sintaro Gold Coffee di produksi oleh Usaha Kecil Menengah (UKM) Sintaro Gold dari Sindang Dataran dan telah diproduksi sejak tahun 2011. Kopi Bubuk Sintaro adalah kopi Robusta yang tumbuh di Dataran Tinggi tanah Sindang Dataran yang memiliki cita rasa yang ekslusif.
Melalui beberapa uji klinis dan juga pengolahan yang sangat teliti menciptakan kopi dengan cita rasa yang lebih elegan dan berpotensial menjadi Grade Fine Robusta.
Secara rasa saya memang belum pernah mencicipi kopi ini secara saya juga bukan coffeholic :P, namun teman-teman bisa kok memesan kopi yang dibandrol dengan harga Rp. 20.000,- / 275 gr.
Contact Person
Adi Kopi Sintaro 
Hp 0813-7388-2420

Rasa Eksekutif Harga Ekonomis
~Kopi Sintaro

Trabas Coffee 


Trabas adalah singkatan dari Tradisional Robusta Bengkulu Asli, salah satu brand produk kopi yang ada di Bengkulu. 
Lahir dikeluarga Petani Kopi membuat Putri Eka Sari mengikuti jejak orang tuanya. Dengan keahlian mengelola kebun kopi, mengelola hasil panen , dan juga mengelola Biji Kopi yang diturunkan dari kedua orang tuanya, Putri Eka Sari ini membuat sebuah produk kopi yaitu Trabas (Tradisional Robusta Bengkulu Asli).
Putri Eka Sari merupakan salah satu mahasiswi perguruan tinggi yang ada di Provinsi Bengkulu, dengan bekal dari kedua orang tuanya dia berhasil menciptakan kopi bubuk yang memiliki aroma yang khas dan juga cita rasa yang istimewa serta berkualitas.
Saat ini Kopi Trabas masih dipasarkan di wilayah Bengkulu Utara saja, namun jika sobat ingin mencicipi kopi ini, sobat bisa memesannya dicontact person dibawah ini
Putri Eka Sari 
Hp : 0822-8263-4613
Bengkulu Mountain Coffee

Bengkulu Mountain Coffee merupakan salah satu produk Kopi yang diproduksi oleh BMC Coffee yang beralamatkan di Jln. Jambu Blok 3 No. 43 Perumnas Lingkar Timur Provinsi Bengkulu.
Kopi Special yang terbuat dari Original Kopi Bengkulu ini memiliki dua varian yaitu Arabica dan Robusta.
Kopi bubuk ini terbuat dari olahan biji kopi pilihan yang berasal dari dataran tinggi Bengkulu dan diolah dengan cara yang Hygienis dan modern sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang khas.

Sumber Foto : Prio 
Nahh selain produk kopi, pada saat kopdar saya juga mendapatkan sebuah buku yang berjudul “Jejak Aktivis Konsistensi Perjuangan Idealisme” berat yeee judulnya, tapi isinya ga seberat judulnya kok, isi bukunya gampang dicerna dan isi-isinya seputar tokoh-tokoh aktivis yang ada di Indonesia. Buku ini juga sangat menginspiratif untuk pembacanya. Di dalam buku ini juga terdapat tulisan dari Gubernur Provinsi Bengkulu saat ini yaitu Bapak Ridwan Mukti.
Buku ini dibagikan oleh pak Kafhi selaku dari Media Center Provinsi Bengkulu, untuk seluruh anggota Blogger Bengkulu yang hadir pada saat kopdar ke-10 kemarin.
Sesi terakhir acara kopdar ke-10 yang lalu ditutup dengan sharing ilmu membuat Vlog oleh Kumaedy si empunya blog www.kumaseo.com. Pada kesempatan kopdar kali ini beliau menyampaikan bagaimana cara membuat vlog dan juga motion graphis.
Sesi yang paling saya tunggu-tunggu banget ini  hehehe, ilmu membuat vlog dan motion graphisnya itu loh yang bikin saya penasaran.
Setelah menyerap semua ilmunya Mas Kumaedy akhirnya saya bisa membuat sebuah motion graphis seperti yang ada di bawah ini 🙂

5 thoughts on “Kopdar Blogger Bengkulu ke 10 dan Kopi Bengkulu

Leave your thought

Mom's Odells