Sirup Kalamansi, Ikan Kering Tawar dan Pisang Salai Cokelat, Produk Makanan UKM Bengkulu Tengah

Sirup Kalamansi, Ikan Kering Tawar dan Pisang Salai Cokelat, Produk Makanan UKM Bengkulu Tengah

Setelah sebelumnya saya membahas tentang makanan khas dari Kabupaten Kaur, sekarang saya akan mengulas makanan khas dari Kabupaten lainnya yang ada di Provinsi Bengkulu yaitu Kabupaten Bengkulu Tengah.
Pada saat kopdar Blogger Bengkulu tidak hanya penggiat Usaha Kecil Menengah Kabupaten Kaur saja yang hadir, melainkan juga ada dari kabupaten lainnya yaitu Bengkulu Tengah dan Kota Bengkulu. Para pemiliki Usaha Kecil dan Menengah ini turut hadir meramaikan acara Kopdar Blogger Bengkulu yang pada bulan April 2017 lalu yang bekerja sama dengan Tim Media Center dan Juga Kadis Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Bengkulu.
Meraka juga membawa beberapa produk unggulan mereka dari Bengkulu Tengah yaitu Sirup Kalamansi, Ikan Kering, dan Juga Pisang Salai Coklat Keju. 
Nah pada postingan sebelumnya saya mengupas tentang Makanan Khas Kabupaten Kaur yaitu Kerupuk Gurita dan Kopi Petik Merah Naga Rantai, saat ini saya akan membahas tentang Sirup Kalamansi, Ikan Kering dan Juga Pisang Salai Cokelat Keju.
 Hj. Yuliswani beserta Pengusaha UKM Bengkulu Tengah
sumber foto : Prio jalanjalankita.com


Okeee, saatnya saya mengupas tentang salah satu makanan khas yang ada di Provinsi Bengkulu dan berasal dari Bengkulu Tengah.

Sirup Kalamansi

Sirup Kamalansi ini terbuat dari buah jeruk kalamansi atau sering dikenal dengan nama Limau Kesturi. Berukuran kecil dengan permukahalus dan berpori minyak, berwarna kuning atau berwarna hijau kekuning kuningan, jeruk ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi.

Jeruk Kalamansi ini tumbuh dan berbuah sangat cepat, dalam waktu 6 bulan sejak ditaman, buah jeruk Kalamansi ini sudah bisa dipanen. Kondisi inilah yang akhirnya dimanfaatkan oleh petani setempat untuk membudidayakan jeruk Kalamansi ini agar buahnya bisa di jual ataupun diolah sendiri menjadi berbagai macam makanan dan minuman, dan salah satunya adalah dijadikan Sirup.

Sirup berbahan dasar Jeruk Kalamansi ini pasti akan sering anda lihat jika sedang berkunjung ke Provinsi Bengkulu khususnya di sentra penjualan kerajinan dan makanan khas Kota  Bengkulu. Sirup Kalamansi ini menjadi komoditas unggulan karena peminatnya banyak, sirup dengan rasa yang khas ini dikemas didalam botol dengan bermacam-macam ukuran.

Salah satunya adalah Sirup Kalamansi yang diproduksi oleh Koperasi Sahabat Kita Bengkulu Tengah.

Sirup Kalamansi Produksi Koperasi Sahabat
Bengkulu Tengah

Sirup Kalamansi yang dirpoduksi oleh Koperasi Sahabat Bengkulu Tengah ini terbuat dari 100% sari Jeruk Kalamansi dan Gula Murni. Sirup ini tidak menggunakan bahan pengawet makanan dan juga pemanis buatan. Jadi cocok untuk diminum siapa saja termasuk anak-anak.

Anak saya juga suka banget minum ini heheheh, Sirup Kalamansi ini bisa disajikan dalam bentuk dingin ataupun hangat. Keduanya sangat enak diminum.

Nah buat teman-teman yang ingin berkunjung kerumah Produksinya atau ingin memesan untuk dikirimkan kesaudara-saudaranya yang ada di luar Provinsi Bengkulu, teman-teman bisa pergi ke alamat yang ada dibawah ini.

SIRUP KALAMANSI SAHABAT KITA
Koperasi Sahabat Kita
Desa Pondok Kubang Kecamatan Pondok Kubang
Bengkulu Tengah 
CP : WA 0852-6896-8262
Ikan Kering Tawar

Selanjutnya makanan khas yang banyak diproduksi di Bengkulu Tengah adalah Usaha Ikan Kering
Mengeringkan ikan hasil tangkapannya merupakan pilihan dari para nelayan Bengkulu Tengah ketika sedang tidak melaut. Ketika sedang bulan purnama para nelayan akan memilih untuk tidak melaut karena akan kesulitan menangkap ikan, oleh karena itu mereka lebih memilih untuk mengolah sendiri ikan hasil tangkapannya dengan cara dikeringkan, karena menurut para nelayan tersebut ikan kering memiliki nilai jual yang lebih tinggi dari pada ikan basah. 
Ikan-ikan yang telah dikeringkan ini biasanya sudah banyak yang memesan terutama dari luar provinsi Bengkulu, seperti kota Padang. Selain itu ikan-ikan ini juga sangat di gandrungi oleh wisatawan domestik dan wisatawan asing, untuk dijadikan buah tangan.

Setelah saya olah ikan teri tawar ini sangat enak dimakan dengan nasi putih hangat saja dan sebagian saya masak sambal balado ikan teri.

Saat ini ikan-ikan kering ini sudah di packaging dengan sangat menarik sehingga pantas untuk di jajakan ke sentra oleh-oleh makanan khas Bengkulu. Salah satu contohnya adalah Usaha Ikan Kering JN yang merupakan salah satu usaha kecil dan menengah (UKM) dari Bengkulu Tengah ini.
Ikan Kering JN
Bengkulu Tengah
Ikan-ikan kering tawar ini banyak variannya dan di bandrol dengan harga yang bervariasi juga.
Bagi teman-teman yang ingin memesan ataupun sedang berjalan-jalan kedaerah Benteng, teman-teman bisa mampir ke lokasinya, alamat dan kontak pemesanannya ada dibawah ini

Usaha Ikan Kering JN
Jl. Sungai Hitam RT 12 No 23
Ps Pedati Kecamatan Pondok Kelapa Bengkulu Tengah
Telp : 0823 8130 2153

Pisang Salai Cokelat & Keju 

Setelah Sirup Kalamansi dan Ikan Kering Tawar ada satu lagi makanan yang dibawa oleh penggiat Usaha Kecil dan Menengah Bengkulu Tengah, makanan itu adalah Pisang Salai Cokelat dan Keju. Pisang Salai Cokelat dan Keju ini berbeda dengan pisang salai biasanya. Jika pisang salai kebanyakan itu hanya pisang yang dikeringkan dan diasap saja, pisang salai dari Bengkulu Tengah adalah Pisang Salai yang di balut menggunakan coklat bubuk.

Pisang Salai ini juga diproduksi oleh Koperasi Sahabat Kita Bengkulu Tengah. Pisang salai cokelat ini terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak mengandung pengawet makanan. Pisang Salai dari Koperasi Sahabat Kita ini memiliki 2 varian rasa yaitu rasa cokelat dan keju.

Pisang Salai Cokelat / Keju
Koperasi Sahabat Kita
Bengkulu Tengah

Komposisi Pisang Salai Produksi Koperasi Sahabat Kita 

  • Pisang Jantan
  • Tepung Beras
  • Garam
  • Minyak Goreng
  • Cokelat dan Keju
Pisang Salai Cokelat ini memiliki rasa asam dan manis dan masih tetap renyah walaupun sudah dibalut peuh cokelat. Kedua putri saya sangat menyukai pisang salai cokelat ini. Pisang salai cokelat ini juga sudah ada yang masuk ke toko-toko sentra makanan khas Bengkulu, jadi teman-teman tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya. Cocok banget untuk dijadikan teman santai sembari menyeruput segelas teh hangat.

Teman-teman bisa memesan panganan ini ataupun mendatangai langsung tempat penjualannya pada alamat dibawah ini

Pisang Salai Cokelat / Keju
Koperasi Sahabat Kita
Desa Pondok Kubang Kecamatan Pondok Kubang
Bengkulu Tengah 
CP : WA 0852-6896-8262

Nah itulah beberapa makanan khas yang dikelola oleh home industri Usaha Kecil Menengah Dari Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), buat teman-teman yang sedang ada di Bengkulu Tengah atau sedang Jalan-jalan di daerah produksi silahkan dimampirin ya hehehehhe 🙂

Terima Kasih Yang sudah berkunjung, semoga tulisan ini bermanfaat ya.

About Author

Related posts

Bengkulu Patut Berbangga, Dua Objek Wisata Kembali Masuk Nominasi API

Masyarakat Bengkulu patut berbangga karena tahun 2018 ini dua objek wisata kembali masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia. Wisata Olahraga dan petualangan terpopuler dan Bukit Kandis serta Situs Wisata Sejarah Terpopuler Rumah Bung Karno. Rumah Bung Karno Sebelumnya tahun 2017 , Bengkulu juga sempat masuk kedalam nominasi...

Read More

MENUMBUHKAN SEMANGAT BELAJAR ANAK MELALUI RUMAH JUARA

Mendisiplinkan anak sejak dini dalam menumbuhkan semangat belajar tidaklah mudah. Keluarga sebagai bagian dari ruang lingkup lingkungan terkecil dalam kehidupan memiliki peran yang cukup penting dalam membentuk karakter anak. Seperti halnya budaya membaca, yang akan tumbuh jika orang tua membiasakan anak untuk ikut membaca bersama di waktu luang. Adapun...

Read More

Comments ( 8 )

  • Prio saja

    pisang salai coklatnya kalu masih ada mau lagi dunk hehehee

  • Kuma Seo

    Mintak mbak, sya gak kebagian neh. hahahaa

  • Ria M Fasha

    saya suka banget sama sirup kalamansinya,
    seger banget, tapi kemaren saya tambahin gula biar ga terlalu asam hihii

  • Rio Anderta

    Ketagihan ma makanannya, coz mantapz abiz… sukses sllu buat pengusaha bengkulu

  • Pisang salainya endeus ya mbak. Apalagi pas udah dikasih toping cokelat gitu. Wah, sebungkus sih kurang. wkwkw

  • elva dan heri

    Semoga pengusaha2 Bengkulu semakin jaya ya mbak, saya belum pernah cicip sirup kalamansi. Pengen nyoba 🙂

Give a Reply