Blog

Seminar Hari Koperasi Nasional Ke-70, Membangun Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Yang Sehat dan Mandiri

Assalamualaikum Wr. Wb 
Pada tanggal 27 Juli 2017 lalu  Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah mengadakan Seminar Nasional yang bertemakan Membangun Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Sehat dan Mandiri. Seminar ini di adakan dalam rangka memperingati Hari Koperasi nasional yang Ke-70. Seminar nasional ini diadakan di Gedung Pola Provinsi Bengkulu.

Seminar nasional ini dihadiri oleh para mahasiswa, blogger, masyarakat umum , pengusaha UKM dan juga pengurus Koperasi dari berbagai kabupaten yang ada di Bengkulu. Dalam rangka memperingati hari koperasi nasional ini juga Diskop UKM mengadakan Pameran UKM yang dihadiri oleh berbagai penggiat UKM dari berbagai kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu.
Pada Pembukaan Acara Kepala Dinas Koperasi Hj. Yuliswani mengatakan bahwa tujuan diadakan Seminar Nasional ini adalah agar dapat memacu semangat Koperasi dan UKM dalam mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah serta Koperasi sehingga UKM dan Koperasi tersebut dalam tumbuh dan lebih aktif dalam mengembangkan usahanya.

Acara seminar yang lalu banyak sekali narasumber yang memiliki Track Record yang keren-keren dalam bidang mengembang usahanya seperti Pak Wicaksono yang merupakan Pengusaha Nasional.
Selain Pak Wicaksono ada juga 3 Narasumber lainnya yaitu Agung Sudjatmoko yang merupakan Ketua Harian Dekopin, Pak Muhammad Soleh yang merupakan Anggota DPD RI, dan terakhir yaitu pak Budiono yang merupakan Ketua Koperasi Karya Tani yang sudah menerima penghargaan tingkat Nasional pada tahun 2013 di NTT.
Pada Seminar yang lalu saya dan teman-teman blogger lainnya sempat mewawancari pak  Agung Sudjatmoko selaku ketua Harian Dekopin, pada saat wawancara tersebut beliau mengatakan bahwa Koperasi merupakan sebuah wadah tempat berkumpulnya orang yang memiliki potensi Ekonomi, dengan begitu Koperasi bisa dikatakan sebagai Enterprise atau perusahaan sehingga bagaimana potensi ekonomi kebutuhan kebutuhan orang-orang yang berkumpul di koperasi tersebut bisa terpenuhi. 
Anggota DPD RI Muhammad Soleh juga mengatakan bahwa Para pengusaha UKM dan Koperasi harus mampu mandiri sehingga tidak bergantung kepada pemerintah, selain hal tersebut Pak M. Soleh juga mengatakan bahwa masyarakat juga harus membantu mengembang koperasi dengan cara  menjadi anggota koperasi dan berbelanja di Koperasi bukan ke Kooperasi.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia AAGN. Puspayoga juga memberikan Piagam Penghargaan Bakti Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah kepada Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bengkulu Hj. Yuliswani, SE. MM.

Dari hasil seminar yang lalu saya dapat menyimpulkan bahwa Pemerintah dan semua aspek perlu berkerjasama untuk mengembangkan Koperasi dan UKM. 

8 thoughts on “Seminar Hari Koperasi Nasional Ke-70, Membangun Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Yang Sehat dan Mandiri

  1. Benar sekali, Mbak. pemerintah dan masyarakat harus bersinergi memajukan koperasi sebagai wadah UKM, khususnya di Bengkulu. Kasihan produk lokal kalau tidak ditopang dengan keberadaan koperasi.

  2. Sering-sering aja diskop ngadain acara kyak gini atau semisalnya, yang peenting produk UKM Bengkulu ini setidaknya di kenal lokal dulu. Dan strategi pemasarannya harus di benahi kalo mau maju sih,, heheh

Leave your thought

Mom's Odells