5 Kuliner Khas Palembang Selain Pempek yang Gak Kalah Lezat

5 Kuliner Khas Palembang Selain Pempek yang Gak Kalah Lezat

Hai sobat Odel, gimana kabarnya semuanya. Semoga kalian dalam keadaan sehat ya.
Artikel saya kali ini pengen ceritain tentang kuliner dari salah satu kota terbesar yang ada di Sumatera Selatan yaitu Palembang. Palembang yang juga terkenal akan kekayaan sumber daya alam juga terkenal karena beragamnya pesona wisata yang patut dikunjungi. Pernah menjadi salah satu wilayah kerajaan terbesar se-Asia Tenggara, sehingga tidak heran jika di Palembnag didominasi oleh etnis Tionghoa dan juga Melayu.

Keberagaman etnis ini akhirnya mempengaruhi kuliner khas di Palembang yang bergaya Chinese dan juga Melayu. Jika pada umumnya masyarakat Indonesia mengenal Pempek dan tekwan sebagai makanan khas Palembang ternyata ada juga loh kuliner lainnya yang tidak kalah lezatnya seperti Pindang Patin, Martabak Har, Burgo, Laksan atau Lakso serta Es Kacang Merah.

Pindang Patin

Pindang Patin
Photo Credit : Palembang-tourism.com
Pindang Patin merupakan salah satu dari banyak kuliner yang paling diburu oleh para wisatawan ketika berkunjung ke Palembang. Hal tersebut dikarenakan pindang memiliki rasa yang nikmat dan cita rasa yang khas.
Secara umum, pindang Palembang terbagi menjadi dua jenis yaitu Pindang Patin dan juga Pindang Tulang. Pindang Patin merupakan kuliner yang berbahan dasar ikan patin yang kemudian diberi kuah pindang yang terasa asam, pedas dan gurih. Pindang Patin ini tidak hanya nikmat akan tetapi memiliki kandungan yang nutrisi yang lengkap danbaik untuk tubuh. Perlu sobat ketahui pindang patin ini juga termasuk kedalam salah satu makanan elit di Palembang.
Sedangkan Pindang Tulang merupakan Pindang yang berbahan utama Iga dan Tulang yang juga diberi kuah Pindang. Nah buat kalian sedang berlibur di Palembang kuliner satu ini wajib kamu coba. Sobat bisa menyempatkan diri untuk mengunjungi RM. Sri Melayu karena rumah makan tersebut menjual pindang dengan kisaran harga mulai dari Rp. 15.000,- hingga Rp. 70.000,-. Harga ini terbilang masih cukup terjangkau jika dibandingkan dengan harga yang ada di tempat lain, selain murah RM Sri Melayu juga memiliki pindang yang lezat.
Martabak HAR
Martabak HAR
Photo Credit : lihat.co.id
Martabak HAR yang satu ini juga termasuk ke salah satu kuliner khas Palembang yang harus sobat coba. Selain memiliki rasa yang nikmat, menu makanan yang ada di rumah makan Haji Abdul Rojak ini juga memiliki harga yang cukup bersahabat. Berbeda dengan martabak pada umumnya, Martabak HAR hanya memiliki isian telur dan tanpa sayur sama sekali.
Kuliner khas Palembang ini umumnya dikonsumsi dengan Kari Kambing ataupun kuah cabai, jika bicara soal rasa, sobat tidak perlu meragukan lagi karena bagaimana mungkin sebuah kuliner yang tidak lezat bisa membuka cabangnya di Jakarta dan dibeberapa kota besar lainnya. Jika sobat menginap di pusat kota yang berdekatan dengan Masjid Agung, sobat tidak perlu susah payah untuk menemukan tempat kuliner legendaris ini.

Baca Juga : Makanan dan Oleh-Oleh Khas Dari Kabupaten Kaur

BURGO
Burgo
Photo Credit : Wikihow
Burgo merupakan makanan khas Palembang yang terbuat dari tepung beras, berbentuk pipih dan membentuk gulungan yang mirip dengan lemper. Burgo biasanya disajikan dengan kuah santan pedas dan lakso.
Burgo yang memiliki cita rasa khas Palembang, biasanya juga disajikan untuk menu sarapan ataupun ketika ada perayaan besar di Palembang. Jika sedang berlimbur ke Palembang Sobat bisa menemukan banyak penjual burgo di sepanjang jalan Kota Palembang, khususnya di Jalan Kapten Anwar Arsyad no. 999 yang tidak jauh daripusat kota Palembang, jadi sobat tidak perlu khawatir ataupun kesulitan untuk mencapai lokasi penjual burgo.

Laksan atau Lakso

Lakso
Photo Credit: selerasa.com
Jika sebelumnya saya membahas Burgo, kali ini kuliner khas yang tidak kalah lezatnya adalah Laksan atau Lakso yang tidak jauh berbeda dengan Burgo. Laksan atau Lakso merupakan makanan khas Palembang yang wajib sobat coba. 
Lakso sendiri adalah santapan yang mirip dengan mie, yang membedakannya hanyalah bahan baku dan juga warnanya. Jika mie berwarna kuning dan terbuat dari tepung terigu, Lakso justru terbuat dari tepung beras ataupun tepung kanji. Lakso ini juga bisa sobat temukan di sepanjang jalan Kota Palembang, khususnya di Jalan Kapten Anwar Arsyad no. 999.


ES Kacang Merah

Es Kacang Merah
Photo Credit : kotakitopalembang.blogspot.co.id
Setelah puas menikmati makanan yang cenderung pedas dan bersantan, Palembang juga memiliki menu andalan lainnya untuk menghilangkan rasa pedas di mulut, yaitu ES KACANG MERAH. 
Es kacang merah merupakan salah satu kuliner yang populer di Palembang, Es ini sendiri terdiri dari Es serut, kacang merah, sedikit santan, sirup dan juga saus cokelat. Pokoknya es kacang merah bisa membuat kalian ingin cepat-cepat kembali ke Palembang lagi deh! 
Nah itulah beberapa menu khas Palembang yang bisa kalian cicipi selain pempek. Boleh dibilang kalau Palembang juga merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki kekayaan kuliner. Setelah puas berkeliling di tempat wisatanya, pastikan kalian juga menyicipi kuliner khas Palembang, ya!

Baca Juga : Salah Wisata Sejarah di Provinsi Bengkulu

Ga sabaran pengen segera berlibur ke Palembang ??
Ayo buruan ke website Traveloka agar rencana liburan sobat bisa berjalan dengan lancar. Traveloka.com akan membantu anda untuk memesan tiket pesawat, memesan pesawat, ataupun memandu anda untuk mencari tempat makan.





About Author

Related posts

SMARTPHONE HONOR 9 LITE RILIS DI INDONESIA, CATAT TANGGALNYA !

Smartphone Berwarna Biru Elegant, Body yang ramping dan Tampilan yang mulus Serta dibalut dengan Cashing Glossy yang membuat Smarphone ini nampak lebih mewah. Melihat gambar smartphone dengan tampilan elegant seperti ini tentu membuat saya penasaran dan segera mencari tahu Smarphone apalagi ini ? Ternyata Guys, Smartphone ini adalah HONOR...

Read More

Comments ( 6 )

  • Apura

    Aku kalau ke Palembang pasti yang diburu martabak Har. Pempek nah di Bengkulu yang enak banyak 😂

  • Anindita Ayu

    Aku suka martabak har sama burgo mbak, dan tentu saja pempek hihi. Kangen Palembang jadinya >.<

Give a Reply