Blog

SEBELUM TIDUR, BIASAKAN ANAK MELAKUKAN HAL INI

Yayy Happy Monday Odelers

Selamat datang kembali kerumah maya Mom’s Odell, seperti biasa kembali lagi saya akan sedikit bercerita bagaimana keseharian saya membentuk prilaku kedua putri saya, sehingga diharapkan nanti mereka akan terbiasa melakukannya hingga dewasa. 
Membentuk prilaku disini bukanlah hal yang saya paksakan kepada si anak, saya hanya menjadikan diri saya sebagai contoh dan meilibatkan mereka disemua hal yang saya lakukan dan tentunya sesuai dengan kapasitas mereka sebagai anak-anak.
Seperti misalnya melibatkan mereka ketika akan mempersiapkan diri sebelum tidur, saya mulai menerapkan hal itu semenjak putri pertama saya berusia 2 tahun dan itu terus berlangsung hingga sekarang (sekarang usianya sudah 4 tahun), adeknya yang berusia 1,5 tahun juga saat ini sudah mulai mengikuti kebiasaan ini. 

Hal apa saja yang harus dilakukan anak sebelum tidur, agar mereka dapat tidur dengan nyenyak dan nyaman. 

1. MENCUCI MUKA, KAKI , TANGAN , MEMBASUH KETIAK DAN BUANG AIR KECIL 

Biasakan putra dan putri anda untuk mencuci muka sebelum tidur. Pada umur 2-5 tahun anak sedang masa-masanya meniru, jadi gunakan kesempatan ini untuk membentuk prilaku anak :). Sebelum tidur tentunya mereka pasti bermain lalu berkeringat, apalagi kalo si kecil sedang aktif-aktifnya suka berlarian. 
Jika sudah waktunya putra dan putri anda tidur, berpura-puralah jika anda akan tidur, biasanya jika disuruh untuk tidur pasti banyak alasannya agar tetap bermain, jadi triknya adalah anda berpura-pura akan tidur. Lalu ajak mereka untuk mencuci muka, kaki tangan dan membasuh ketiak, biarkan mereka melakukan semua itu sendiri tapi jangan sampai ditinggal sendirian ya.
Untuk mencuci muka gunakan sabun yang memiliki PH yang sesuai dengan kulit bayi dan anak serta tidak pedih dimata sehingga tidak membahayakan untuk mereka. Gunakan sabun Lactayd Baby yang memiliki PH yang sesuai dengan kulit bayi dan tidak pedih dimata, serta kandungan susu yang ada pada sabun lactacyd juga bisa membuat kulit halus dan lembut.
Setelah semua aktivitas mencuci jangan lupa untuk membiasakan putra dan putri anda untuk buang air kecil.

2. MENGGOSOK GIGI

Setelah mencuci muka , kaki tangan dan membasuh ketiak minta anak untuk menggosok giginya. Ajarkan mereka cara menggosok gigi yang baik dan benar sehingga cara yang anda ajarkan tersebut akan menjadi kebiasaannya hingga besar. Jika anda mengajarkan cara menggosok gigi yang asal-asalan itu akan terbawa hingga dia besar.
Pilih sikat dan pasta gigi yang sesuai serta aman untuk anak anda. Saya mulai mengajarkan kedua putri saya menggosok gigi semenjak giginya mulai tumbuh. Untuk pasta gigi saya menggunakan pasta gigi yang tidak mengandung flouride dan sikat gigi yang memiliki bulu yang ekstra soft, sehingga aman jika dia belajar menggosok giginya sendiri.

3. MENGGANTI PAKAIAN

Mengganti pakaian sangat penting agar membuat anak tidur dengan nyenyak dan nyaman. Saya selalu mengajarkan kedua putri saya untuk mengganti pakaian serta pakaian dalam mereka sebelum tidur. Jika si kecil masih menggunakan diapers ganti diapersnya dengan yang baru.
Pakaian yang digunakan pada saat tidur tidar harus selalu piyama, saya selalu menerapkan agar mereka memilih pakaian yang nyaman dan longgar serta berbahan adem yang bikin tidur jadi semakin nyaman.

4. MENYISIR RAMBUT DAN MENGGUNAKAN LOTION

Sederhana memang, namun menyisir rambut sebelum tidur juga memiliki efek kesehatan yang baik untuk saraf-saraf kepaa, dengan menyisir rambut sebelum tidur diharapkan saraf-saraf kepala menjadi rileks dan rambut juga menjadi sehat serta rambut tidak kusut.
Bila kamar tidur anak anda menggunakan Air Conditioner (AC) menggunakan lotion sangat penting untuk mencegah kulit menjadi kering dan tidak sehat. Pilih Lotion yang cocok  uttuk kulit bayi dan anak. Jangan pernah menggunakan lotion orang dewasa untuk anak anda karena dapat menyebabkan alergi apalagi jika anak anda memiliki kulit yang sensitif.

5. MINUM 1 GELAS AIR PUTIH SEBELUM TIDUR

Sebelum tidur biasakan mereka untuk minum satu gelas air putih. karena air putih sangat baik untuk menetralisir racun dalam tubuh dan akan dibuang melalui urin keesokan harinya. Selain itu juga dapat membantu kulit agar tidak kering.
Nahh demikianlah postingan saya kali ini semoga  bermanfaat ya 🙂
jangan lupa untuk share dan comment, atau jika kalian punya kebiasaan lainnya bisa share disini juga ya. 
Terima kasih 
momsodell

16 thoughts on “SEBELUM TIDUR, BIASAKAN ANAK MELAKUKAN HAL INI

Leave your thought

Mom's Odells