Blog

RESEP TONGSENG AYAM GURIH UNTUK KELUARGA TERCINTA

Beda dari biasanya artikel saya kali ini ingin membagikan sedikit resep masakan yaitu Tongseng . Jika biasanya Tongseng yang sering kita temui adalah Tongseng Daging Kambing, kali ini saya ingin membagikan sedikit Resep Tongseng Ayam Ala Momsodell :D. Awalnya saya membuat Tongseng Ayam ini karena putri pertama saya sangat menyukai Tongseng, tapi daging kambingnya tidak pernah dimakan.
Oleh karena itu saya berinisiatif untuk membuat Tongseng Ayam, berbekal dari ilmu bertanya kepada penjual tongseng langganan kami, akhirnya saya pun berhasil membuat Tongseng Ayam dan Alhamdulillah putri dan suami saya juga suka. Yuk Intip Resepnya dibawah ini 
Bahan Bahan
1. Daging ayam bagian dada
2. Kol 1 Buah
3. Santan sedikit saja, saya menggunakan Sasa Santan ukuran kecil
4. Kecap Bango
Bumbu
1. Lengkuas sepanjang Ibu Jari di potong dua lalu geprek
2. Kunyit 1 ruas jari telunjuk dibakar 
3. Jahe sepanjang jari jempol dibakar 
4. Kemiri bulat 4 buah (ini dari 2 buah kemiri bulat) / dioseng tanpa minyak
5. Bawang merah dan bawang putih @ 4 buah
6. Tomat untuk irisan
7. Batang sereh + daun jeruk + daun salam 
Cara membuat  
1. Potong dadu dada ayam, cuci terus rebus dengan batang sereh + daun Jeruk+ daun salam sampai daging ayam hampir masak.
2. Setelah masak angkat lalu tiriskan
3. Siapkan air didalam panci untuk kuah tongseng + santan (jangan direbus dulu)
4. Haluskan bumbu kunyit, jahe, kemiri, bawang merah dan bawang putih
5. tumis sampai wangi + daun salam + sereh, angkat lalu masukan kedalam panci yang sudah berisi air dan santan
6. Sudah dimasukin semua rebus air + santan + bumbu td hingga mendidih lalu masukan ayam
7. Masukan 5 sendok atau lebih kecap bango hingga warna kuah terlihat kuning kecoklatan
8. Masukan garam + gula pasir + penyedap rasa (optional)
9. Masak hingga aroma keluar lalu matikan.
Untuk menyajikan
1. siapkan kuali
2. lalu masukan tongseng yang telah dimasak td kedalam kuali (secukupnya aja, sesuai berapa porsi yang ingin dibuat) , ini supaya tongseng yang tidak tercampur kol dan tomat tidak mudah asam)
3. masukan tomat iris + kol iris besar-besar
4. Bisa langsung di masukan caberawit halus agar terasa pedas
Tongseng Ayam yang sering saya buat ini untuk kuah tongsengnya saya menggunakan sedikit santan agar rasanya lebih gurih., karena hanya menggunakan sedikit santan saya akhirnya menggunakan santan kemasan ukuran kecil , yaitu Sasa Santan. Untuk membuat tongseng untuk 4 porsi satu bungkus Sasa Santan kecil sudah cukup karena Sasa Santan, Aslinya Santan  . 


Santan kelapa kemasan yang praktis mampu membuat waktu memasak saya jauh lebih efektif dibanding harus memarut dan memeras sendiri. Apalagi, saya yang mempunyai anak yang masih kecil, kelamaan memasak bisa gawat. Bisa-bisa, jika saya membuat santan sendiri, anak saya keburu rewel dan menangis . Menggunakan santan instan ini pasti bisa membuat waktunya lebih cepat.
Menggunakan Sasa Santan Kelapa ini sekali lagi sangatlah menghemat waktu Anda. Selain tak perlu memeras dan membuat energi banyak terbuang, santan ini juga serbaguna. Cocok digunakan untuk segala jenis makanan bahkan minuman. Baik yang manis atau pun gurih. Tergantung selera Anda tentunya.
Anda tak perlu ragu menggunakan santan kelapa instan ini karena sudah teruji dan lolos pemeriksaan. Jadi, produk santan dalam kemasan ini aman untuk dikonsumsi karena tidak mengandung bahan pengawet atau bahan berbahaya lainnya yang bisa merusak tubuh dan kesehatan Anda.
Kalau Anda ragu masakan Anda akan berbeda rasanya dibanding menggunakan santan asli, Anda salah, lho! Santan ini benar-benar seperti baru diperas dari kelapanya. Aroma dan rasanya masih sama. Bahkan, mungkin kalau diletakkan di depan Anda, mana santan instan dan mana yang baru diperas, Anda akan sulit membedakannya.
Kini, memasak tidak  membutuhkan waktu yang lama. Semua itu karena Sasa Santan Kelapa yang terbuat dari kelapa asli yang baru diperas. Selamat mencoba!

7 thoughts on “RESEP TONGSENG AYAM GURIH UNTUK KELUARGA TERCINTA

  1. Halo mbaa Ria 🙂
    Tongseng itu salah stau kesukaan aku dan keluarga juga. Apalagi suamiku. Tapi suamiku pernah masak praktis tongseng hanya pakai sate trus dikasih tambahan bawnag dan santan (seingatku) dan rasanya enaakk 🙂
    Makasih ya sudah berbagi resep tongseng kesukaan keluarga

Leave your thought

Mom's Odells