Blog

CLOUDINARY ALTERNATIF TEMPAT PENYIMPANAN FILE GAMBAR

Cloudinary adalah sebuah Layanan CDN spesialis untuk menyimpan file gambar. Jika sebelumnya saya suka menyimpan foto-foto untuk kepentingan ngeblog di google drive saat ini saya sudah beralih ke Cloudinary.

Layanan CDN adalah Content Delivery Network yang merupakan suatu sistem dimana beberapa aset disebarkan ke berbagai lokasi di dunia.
Sebenernya udah dari awal membuat Delvionna Blog disaranin sama paksu alias paksuami untuk menggunakan layanan ini. Agar lebih menghemat kuota bandwidth dan kapasitas disk space hosting serta meningkatkan kecepatan akses blog. Namun saran tersebut saya abaikan saja hahaha, karena saya belum terlalu mengoptimasi blog yang satu itu. 
Awalnya saya kira menggunakan Cloudinary ini sangat ribet makanya saya masih bertahan dengan menggunakan layanan penyimpanan yang lama, dan baru-baru ini saya menggunakan layanan Cloudinary. Hal ini karena saya sedang merapikan Delvionna Blog dan memindahkan gambar-gambar yang sudah terlanjur di upload ke Blog.
Ternyata cara daftar dan menggunakannya juga tidaklah susah. Ketika mencoba menggunakan Cloudinary ini saya baru tahu jika Cloudinary ini juga mempunyai fitur untuk mengedit gambar yang kita upload, seperti croping, me-resize ukuran gambar, menambahkan watermark dan lain-lainnya.
Tau gak berapa besar kapasitas yang diberikan secara gratis oleh Cloudinary untuk kita menyimpan gambar ?? 10 GB guys dan itu bisa bertambah lagi jika kalian share tentang Cloudinary ini ke media sosial kalian. 10 GB saya rasa untuk sekelas blogger pemula seperti saya sangat lebih dari cukup hehe. Bukan hanya gambar saja loh yang bisa kita simpan di sana, kalian juga bisa menggunakan Cloudinary ini untuk menyimpan file video , CSS, Javascript dan lain-lain.
Dalam postingan kali ini saya akan share langsung cara menggunakan Cloudinary jadi bacanya sampe selesai ya πŸ˜€
PERTAMA
Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah melakukan registrasi di website Cloudinary disini. Tenang saja Registrasinya gratis kok. 

KEDUA
Setelah selesai Register jangan lupa untuk melakukan verifikasi terlebih dahulu, yang dikirmkan melalui email yang telah kalian gunakan pada saat mendaftar di Cloudinary. Setelah selesai proses verifikasi kalian bisa login dan sudah bisa menggunakan Cloudinary untuk menyimpan gambar-gambar.

KETIGA
Pilih button Media Library untuk mengunggah foto, lagu, dan juga file-file lainnya yang kalian inginkan

KEEMPAT
Setelah terbuka jangan lupa untuk membuat folder terlebih dahulu, sebelum mengupload foto agar foto-foto dapat tersimpan dengan baik

KELIMA
Jika ingin mengedit foto seperti croping, memberi watermark dan lain-lain kalian bisa langsung saja memilih foto yang ingin diedit , ketika terbuka maka pilihan untuk edit gambar pun tersedia disana. Pada fitur edit pun terdapat fitur mengubah extensi gambar misalnya dari PNG ke JPG bisa langsung diubah dengan menggunakan cloudinary.

KEENAM
Jika ingin memasang gambar tersebut di dalam blog, kalian cukup mengcopy url link yang telah tersedia di bagian bawah foto, dan jangan sampai salah memilih url nya ya, karena disana banyak pilihannya. Pilihlah urlnya yang cocok dengan blog kalian baik itu http atau https.

Nah gampang bangetkan, cloudinary ini cocok banget buat kalian blogger yang menggunakan hosting, solusi tepat untuk mempercepat kerja blog, menghemat space disk dan kuota bandwith.

Untuk pengguna wordpress tersedia juga pluginnya, jadi kalian tinggal download dan pasang pluginnya saja, untuk pluginnya bisa dapetin disini

Semoga tulisan di atas bisa bermanfaat ya, yuk sharing kelebihan dan kekuranganya di kolom komentar jika kalian sudah pernah menggunakannya.

With Love,

19 thoughts on “CLOUDINARY ALTERNATIF TEMPAT PENYIMPANAN FILE GAMBAR

  1. wah terimakasih mbak infonya. Selama ini juga aku butuh banget penyimpanan foto, biar ga usah di upload di wordpress atau blog nya langsung Terimakasih

  2. Aih senengnya dapat tips yang keren banget. Sudah lama saya juga ingin menyimpan foto2 ditempat lain agar mudah diakses saat ngeblog. Makasih ya mba tipsnya.

    Btw blognya bagus banget πŸ’ž

  3. Kalau belum pakai self-hosting, masih pakai wordpress.com apa bisa pakai ini ya? Itu bisa pakai plugin WordPress untuk blog yang bayar atay yang gratis?
    Soalnya space media yg disediakan blog wordpress gratisan cuma 3GB lama-lama bisa full

  4. Mba giaaaaa thank you infonya. Harus pake sih kayanya, selama ini upload ke blog langsung dan khawatir juga gara-gara ga jelas ini space disk hosting berapa hahahah

Leave your thought

Mom's Odells