Kamis, 08 Februari 2018

MIMISAN PADA SAAT HAMIL TRIMESTER KEDUA, BUNDA JANGAN PANIK

Hamil dan melahirkan merupakan suatu hal yang pasti ditunggu-tunggu oleh seorang wanita, terutama kehamilan yang normal dan tanpa masalah. Saya telah 2 kali mengalami proses kehamilan dan melahirkan. Kehamilan pertama dan kedua yang saya alami sangatlah berbeda begitu pula dengan proses melahirkannya. Putri Pertama saya dilahirkan secara normal sedangkan putri kedua saya secara Sectio Caesarea. 

Putri Kedua saya harus dilahirkan secara Sectio Caesarea  karena  tidak ada perubahan pada pembukaan jalan lahir, sedangkan tanda-tanda akan melahirkan sudah nampak oleh karena itu dokter memutuskan untuk melakukan Operasi Sectio Caesarea, saya juga menyetujui untuk dilakukannya operasi tersebut dari pada diberi  obat perangsang, hal ini karena saya takut jika anak bayi yang di dalam kandung terlilit tali pusat. Ternyata yang saya takutkan memang terjadi, bayi Hana terlilit tali pusat, dokter yang mengoperasinya mengatakan jika Bayi Hana terlilit 2 kali dileher dan 1 kali di kaki dengan kondisi tali pusatnya juga pendek, sehingga tidak memungkinkan Bayi untuk turun menuju jalan lahir normal.


Alhamdulillah keputusan untuk melakukan Operasi Sectio Caesarea yang diambil oleh dokter dan saya adalah keputusan yang sangat tepat.

Jika pada proses kelahirannya berbeda, ada satu hal yang sama pada kedua proses kehamilan saya yaitu MIMISAN KETIKA USIA KANDUNGAN MEMASUKI TRIMESTER KE 2.

Pada awalnya saya sangat cemas ketika mengalami mimisan ini, darah yang keluar melalui hidung adalah darah segar , tidak banyak namun sering. Hal ini terjadi ketika usia kandungan saya mulai memasukin Trimester ke 2, karena takut akhirnya saya konsultasi langsung ke dokter spesialis kandungan untuk menanyakan tentang hal ini, dan alhamdulillah  menurut dokter itu memang sering terjadi pada ibu hamil, namun kasusnya mungkin jarang. Kebanyakan ibu hamil sering mengalami pendarahan pada gusi dan kebetulan pada 2 kehamilan saya tidak mengalami hal ini melainkan mengalami Mimisan 😅.

Setelah mendengarkan penjelasan dari dokter, kekhawatiran saya pun akhirnya berkurang. Dokter menyarankan agar saya mengkonsumsi obat penambah darah untuk mencegah terjadinya anemia, karena saya ingin meminimalkan penggunaan obat-obatan akhirnya saya ganti dengan mengkonsumsi banyak sayur-sayuran, lauk pauk dan buah-buahan yang mengandung zat besi seperti 

  1. Sayur bayam
  2. Daging merah
  3. Kacang Merah
  4. Yoghurt
  5. Ikan
  6. Hati Ayam
  7. Kismis dan Kurma
  8. Kacang Tanah dan lain-lain
Alhamdulillah hal ini sangat efektif, walaupun mimisan sering terjadi  saya tidak mengalami anemia.

Mimisan ini terus terjadi hingga bayi lahir, setelah bayi lahir mimisan akan berhenti dengan sendirinya, jadi bunda-bunda yang sedang hamil dan mengalami hal serupa dengan saya tidak perlu panik ya.

Namun jika mimisan hebat ada baiknya segera konsultasikan ke dokter, untuk pemeriksaan dan penangan lebih lanjut :). 

Okee semoga pengalaman saya semasa kehamilan ini bisa bermanfaat ya buat pembaca yang sudah mampir ke blog saya, Terima Kasih :)

***
#KEBloggingCollab
Trigger Post : Mendaftarkan BPJS Bayi Baru Lahir   Tulisan dari Dewi Indriyani pemilik blog: www.sanguinhijabi.wordpress.com



With Love,
22 komentar on "MIMISAN PADA SAAT HAMIL TRIMESTER KEDUA, BUNDA JANGAN PANIK "
  1. Beratti ini gejala normal yaa mbaa, kayak sepupu saya sejak hamil sampai melahirkan sakit gigi terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kata dokternya normal mbak, asal ga banyak. kalo saya kemarin mimisannya sedikit tapi sering, setiap ibu hamil beda-beda biasanya :). Terima kasih sudah mau mampir mbak :)

      Hapus
  2. tetanggaku ada yg persis ngalamin kayak gitu, waktu hamil mimisan, tapi penanganannya pake daun sirih karena gak tau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi memang Daun sirih memang bisa menghentikan mimisan mbak, lebih baik cara tradisional , lebih aman buat ibu hamil. K

      Hapus
  3. Kalau kudet info tlmimisan saat Hamil, bikin panik juga ya mba. Alhamdulillaah waktu kehamilan saya dulu, gak Ada Kendaa Yang berarti. TFS mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, saya juga baru tau karena mengalaminya sendiri, soalnnya taunya dulu pendarahan gusi yang sering terjadi pada ibu hamil heheh

      Hapus
  4. Beloom pernah ngerasain mimisan pas hamil, alhamdulillah baek2 aja, cuma yg teringat jelas pas trimester pertama itu gatal2 di kaki, jadi hurik, pada luka akibat gadukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bawaanya beda-beda ya mbak tiap ibu hamil

      Hapus
  5. Kalau di kampung suka dikaitkan sama hal hal lain deh. Maklum masih percaya sama mitos

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak ga dikampung aja sih, kalo bilang sama orang tua pasti dikiranya macem-macem hehehe

      Hapus
  6. Aku nggak pernah alami mba mimisan. teryata harus diwaspadai juga nih ya kalau mimisan. anakku tuh mba mimisan sering :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo terlalu sering mimisan harus dibawa periksa ke dokter mbak :)

      Hapus
  7. Baru tau kalo hal tsb hal yang lumrah untuk bumil. Bener2 perjuangan hamil setiap ibu beda2. Aku gk pernah mimisan pas hamil. Cuma punggung dan tulang belakang rasanya mau rontok hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, aku ngalamin sakit pinggang pas usia kandungnnya udah 8 jalan 9 bulan baru sakit-sakit pinggang ama punggung

      Hapus
  8. Ah harus siap sedia ya kalau lagi mimisan aku pas hamil tidak mimisan. Makasih sharingnya Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak naqi heheheh Iya mbak, yang penting jangan panik aja. Kalo memang Mimisannya banyak harus segera konsultasi ke dokter kandungannya :)

      Hapus
  9. Wah, mimisan bisa terjadi karena anemia ya mba. Terima kasih sharingnya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa menyebabkan anemia mbak :D, jadi supaya ga anemia biasanya dokter menyarankan minum obat penambah darah

      Hapus
  10. Sharing pengalamannya berguna banget ini mbak, jadi kalo saya mengalami hal serupa saya ga perlu panik lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama mbak , seneng kalo memang bisa bermanfaat

      Hapus
  11. Sya juga keduanya SC nih... Thanks mba sudah sharing.. Jadi nambah pengetahuan...

    BalasHapus
  12. Thanks infonya mbak, baru tahu saya kl bisa kena mimisan

    BalasHapus

Makasih Sudah Mau Mampir dan Juga Ninggalin Jejak.
Jika bermanfaat silahkan di share ya :)

Custom Post Signature

//