CADANGKAN BIAYA OPERASI SECTIO CAESAREA. SEBELUM PERSALINAN

CADANGKAN BIAYA OPERASI SECTIO CAESAREA. SEBELUM PERSALINAN

Belum lama ini ada sebuah berita dimana seorang artis yang ingin melahirkan secara normal namun setelah 18 jam tidak juga mengalami kemajuan akhirnya diputuskan untuk Operasi Sectio Caesarea. Habis baca itu saya langsung teringat pengalaman saya saat melahirkan putri kedua, yang harus dilahirkan melalui proses operasi karena tidak adanya kemajuan dalam pembukaan jalan lahir.

“Pembukaan jalan lahirnya tidak ada perubahan sejak semalam, lebih baik di sectio caesarea (SC) aja bu, dari pada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kepada ibu dan bayi”

Melahirkan secara normal pasti idaman semua wanita, namun apa daya jika situasi dan kondisi tidak memungkinkan, apalagi sebelumnya  proses lahiran putri pertama saya terbilang sangat mudah dan cepat.

BACA YUK : Pengalaman Pertama Hamil dan Melahirkan 

Malam itu saat datang ke Rumah Sakit bersalin lalu diperiksa oleh dokter kandungan, saya langsung diminta untuk bersiap untuk menjalani operasi sectio caesarea. Rasanya ingin pingsan ketika mendengar apa yang dikatakan oleh Dokter Specialis Kandung saat itu. Saya sangat cemas, hal ini bukan karena saya takut akan mahalnya biaya operasi melainkan mental saya yang tidak siap.
Setelah diyakini oleh dokter kandungan, suami dan juga keluarga akhirnya saya menyetujui untuk melakukan persalinan secara SC , karena takutnya bayi tidak turun hingga ke jalan lahir karena terlilit tali pusat, dan ternyata prediksi dokter tersebut benar, anak kedua saya terlilit sebanyak 2 kali dileher 2 kali dan di kaki 1 kali, sungguh keputusan yang tepat yang kami ambil, entah bagaimana jika malam itu saya ngotot untuk diinduksi saja. Bersyukur sekali operasi berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan dan masalah. 
Selain hal diatas hal yang paling saya syukuri selain itu adalah adanya persiapan dana untuk operasi, kalo gak ada gimana coba, bisa tambah stress sebelum operasi mikirin masalah biaya operasi yang mendadak seperti ini.. 
Seperti yang kita ketahui bahwa biaya operasi pasti tidaklah murah oleh karena itu jika tidak ada dana yang dipersiapkan pasti akan kerepotan, lain halnya jika kita memiliki asuransi kesehatan tentu hal ini juga tidak akan jadi masalah.

Mempersiapkan dana untuk biaya bersalin memang sangat penting untuk menjaga hal-hal yang diluar prediksi seperti tiba-tiba harus di operasi SC seperti saya. jadi bunda-bunda yang sedang menanti kelahiran buah hatinya, pasti sudah donk ya mempersiapkan dana untuk persalinannya nanti.

Ketika ingin mempersiapkan dana untuk lahiran banyak hal yang perlu diperhatikan misalnya seperti
Ruangan/Kamar Yang Akan digunakan apakah kelas I, II, III , VIP atau VVIP karena setiap kamarnya memiliki tarif yang berbeda.

Lalu  anggaran biaya Operasi bersalin normal maupun Operasi SC di Rumah Sakit , Kenapa saya bilang ini perlu diketahui ? hal ini karena jika kita sudah menentukan Rumah Sakit Mana yang akan kita tuju kita bisa bertanya biaya bersalin baik itu secara normal ataupun operasi.

Biaya Operasi Sectio Caesarea sangatlah beragam dan berbeda-beda tiap Rumah Sakit, beruntunglah saya tinggal di sebuah provinsi yang tarif persalinan secara operasi belum semahal Biaya Operasi  Sectio Caesarea di Rumah Sakit Jakarta hal ini mungkin karena fasilitas yang ditawarkan pun belum sebagus dan semewah Rumah Sakit Bersalin di Jakarta ya :).

Ragam fasilitas baik dari segi pelayanan dari tenaga kesehatannya ataupun kelengkapan dan mewahnya ruangan yang disediakan. Untuk Operasi di Rumah Sakit Jakarta paling tidak harus merogoh kocek belasan hingga puluhan juta dan ini tentu sebanding dengan kenyamanan yang ditawarkan.

Soo Bunda ingin lahiran dimana dan melalui proses persalinan atau normal ? Yuk share pengalaman bunda yang udah pernah Sectio Caesarea atau yang belum pernah hamil atau belum menikah juga boleh kok share di kolom komentar, jika lahiran nanti ingin proses lahiran seperti apa?

About Author

Related posts

Bengkulu Patut Berbangga, Dua Objek Wisata Kembali Masuk Nominasi API

Masyarakat Bengkulu patut berbangga karena tahun 2018 ini dua objek wisata kembali masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia. Wisata Olahraga dan petualangan terpopuler dan Bukit Kandis serta Situs Wisata Sejarah Terpopuler Rumah Bung Karno. Rumah Bung Karno Sebelumnya tahun 2017 , Bengkulu juga sempat masuk kedalam nominasi...

Read More

Comments ( 12 )

  • lia djabir

    penting banget tuh untuk tau biaya sc walaupun niat melahirkan normal. secara, kita gak tau kalo tiba2 ada sesuatu yg gak diinginkan trus harus sc

  • rizka edmanda

    ini bener banget, walaupun pingin banget lahiran normal dan pasti akan sangat mengusahakannya tapi urusan biaya dari sekarang ak udah persiapan untuk persalinan caesar soalnya biar gak kaget semisal kondisi nanti mengharuskan aku SC…

  • Rach Alida Bahaweres

    Halo mba Ria. Aku jadi ingat pengalaman pas operasi caesar emang harus banyak nabung karena biayanya emang agak mahal/ Lahiran dengan cara apapun tetap menunjukkan kasih sayang ibu ke anak yaa

  • Okti Li

    Hehehe terbalik kalau saya sudah disarankan operasi, dan kami siap tapi pas masuk RSUD Cianjur, dokter malah suruh melalui normal saja. Alhamdulillah akhirnya Fahmi putra kami lahir dg normal meski posisi sungsang dan berat dibawah normal

  • Zummatul Atiqo

    sedia payung sebelum hujan ya mbaa? hehehe tp alhamdulilah kematin lahiran pertama normal semoga kelak juga bisa normal. amiin.

  • Dunialingga

    Pas lahiran kedua aku smpet dikasih opsi sesar sama dokter karena posisi bayi terlentanf..kalau lahir normal akan lama sekali dan susah keluar. Tp memang kalau Tuhan yg kehendak..trnyata adik maunya lahir normal meski saya diinduksi selama 10 jam..masing2 bayi punya takdirnya masing2 ketika dilahirkan y mba..pilihan sesar atau normal gak jadi soal asalkan ibu dan bayi sehat

  • Merida merry

    Aku nyaris SC waktu melahirkan Aira dlu. Cuman ga jadi, krn pas udah di ruang operasi tiba2 kembali terjadi kontraksi yg kuat. Sm dokter diputuskan untuk mencoba proses normal lagi. Dan Alhamdulillaah debay keluar juga setelah 2x ngeden. Emg bener mbak, proses persalinan ini kdg ga bisa diprediksi, jd jauh2 hari mmg harus disiapkan untuk kemungkinan lain, sprti SC ini. Tfs mbak.

  • Faridilla Ainun

    Bener nih, kadang bisa jadi apa yang direncanakan berubah. Harus sedia payung sebelum hujan, walaupun ada asuransi juga harus siap-siap nambah

  • Lina W. Sasmita

    Aku ngebayangin zaman dulu nenek moyang kita bisa berhasil menghasilkan keturunan banyak kadang lebih dari 10 anak tentu dengan sifat bawaan hamil masing-masing. Dan katanya mereka selalu menunggu kelahiran anak-anak secara normal hingga kontraksi alami. Jadi sebenarnya para perempuan di dunia memang sudah di set dan di desain bisa melahirkan normal sudah hpl ataupun jauh melewati batas hpl. Bahkan menurut ulama² ditunggu bahkan hingga usia kandungan lebih dari 1 tahun.

    Jadi entah karena kekhawatiran dokter atau memang sudah budaya Zaman Now ya opsi cepat selalu berakhir ke Operasi Cesar.

  • Anggraeni Septi

    Aku lahiran secar karena posisi janin melintang. Ada temanku mbak barusan anaknya meninggal setelah lahiran karena udah 42w, sang Ibu masih semangat normal. Jadi ditunggu, meski pembukaan lambat. Bahkan ketika ketuban rembes gak segera ke RS tapi masih di birthball dirumah. Akhirnya saat pembukaan 7 disecar dan anaknya gak nangis. Dipacu jantung dan meninggal. Hiks sedih. Apa kejadiannya bakalan gt jika segera disecar? Mau normal dan secar tetep seorang Ibu. Entahlah. Setiap Ibu punya pemikiran masing2 ya mbak 🙁

  • Sandra Hamidah

    Apapun prosesnya yang penting selamat duanya ya mba, slam kenal

  • April Hamsa

    Betul banget mbak. Kita gak tau nanti apa yang terjadi yaaaa. Berharap bisa lahiran normal eh krn suatu hal ternyata terpaksa SC.

Give a Reply