Blog

Chicken Roll Nugget Stick SO GOOD, Camilan Sehat Menu Piring Gizi Seimbang

Beberapa hari ini cuaca sangat bersahabat banget buat saya, pagi-pagi Bengkulu sudah diguyur hujan deras dan ini berkah banget buat saya yang air sumur hampir saja kering. Hujan pagi itu bagaikan me-recharge kembali sumur kami.
Hujan yang hampir berlangsung hingga setengah hari tentu membuat saya tidak bisa pergi ke pasar untuk membeli sayuran dan lauk pauk, untung saja di Kulkas masih ada beberapa buah-buahan Apel, Pir dan Pisang serta sayuran seperti Buncis, Wortel, Bunga Kol , Tomat dan lain-lain lalu Ngecek freezer ternyata masih ada stok Bakso SO GOOD dan Nugget SO GOOD. Akhirnya saya eksekusi saja bahan-bahan yang ada yang penting Gizinya terpenuhi dan Seimbang.
Bermodalkan bahan-bahan yang ada akhirnya saya membuat Sayur Capcay Bakso SO GOOD dan membuat Chikcen Roll Nugget Stick SO GOOD yang paling anak-anak sukai.

 

“Loh Emang itu Sudah Memenuhi Menu Piring Gizi Seimbang ??”
Udah Donkkk karena sudah memenuhi kriteria gizi seimbang ada kandungan Protein hewani, Protein Nabati, Karbohidrat, Vitamin dan Mineral.
Ngomongin masalah Gizi Seimbang sebenarnya ini merupakan hal yang harus semua orang ketahui, khususnya para ibu yang setiap harinya mengatur tentang apa yang akan dikonsumsi oleh anggota keluarganya, apalagi jika di dalam keluarganya ada anak-anak, tentu memberi makan mereka bukan hanya sekedar untuk mengenyangkan saja namun ibu juga perlu memperhatikan tentang gizi yang terkandung dalam menu yang akan disajikan disetiap piringnya.

Menu Gizi Seimbang dalam setiap piringnya haruslah menu yang sudah mengandung semua unsur nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti mengandung Karbohidrat 35 % , Sayur 35% , Protein 15 % , Buah-buahan 15%

 

KARBOHIDRAT 35 %

Karbohidrat merupakan sumber energi utama yang sangat diperlukan untuk tubuh, karbohidrat mengandung unsur-unsur yang memang diperlukan untuk tubuh seperti Carbon (C), Hidrogen (H) dan Oksigen (O).
Karbohidrat bagi tubuh berfungsi sebagai sumber energi utama untuk tubuh, cadangan energi dalam otot dan hati. sebagai sumber pemanis alami dan memperlancar saluran pencernaan. Untuk mendapatkan karbohidrat tidaklah sulit karena Karbohidrat mudah sekali ditemukan disekitar kita misalnya dari biji-bijian, buah-buahan manis, sayuran hijau dan umbi-umbian.
Agar memenuhi kriteria Gizi Seimbang, setidaknya dalam menu satu piring memerlukan 35 % karbohidrat. Jika tubuh kurang karbohidrat maka tubuh akan menjadi mudah letih, lemah dan lesu karena kekurangan energi sehingga akan mudah terserang berbagai penyakit.

 

Dirumah saya selalu mengganti menu makan anak-anak setiap harinya. Dalam sehari saya bisa menggunakan 2 -3 sumber karbohidrat misalnya seperti Roti Tawar Untuk sarapan pagi, Cereal yang terbuat dari Gandum utuh, untuk siang dan malam hari kami mengkonsumsi nasi.
Tentu tidak hanya cukup oleh karbohidrat saja, karena tubuh juga memerlukan serat , vitamin dan mineral yang bisa diperoleh dari sayur-sayuran.
SAYUR-SAYURAN 35 %
Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang seimbang bagi tubuh setidaknya tubuh memerlukan 35% serat, vitamin dan mineral. Hal ini penting untuk menjaga sistem pencernaan, unsur vitamin dan mineral juga yang sangat penting untuk tubuh seperti Vitamin A, Vitamin K, Zat Besi dan asam folat. Mineral yang berasal dari sayur-sayuran dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
Mengajarkan dan mengenalkan anak-anak untuk mengkonsumsi sayur-sayuran sejak dini sangat dianjurkan, agar anak-anak menyukai sayur-sayuran. Begitupun saya yang juga sudah mengenalkan sayur-sayuran sejak dini hingga mereka terbiasa dan menyukai sayur-sayuran seperti Brokoli, Kubis, Buncis, Wortel, Bayam dan lain-lain.
Pengolahan sayur-sayuran ini juga bermacam-macam mulai dari ditumis, direbus hingga dikukus tergantung dengan selera masing-masing.

PROTEIN 15 %

Hal yang tidak kalah pentingnya untuk tubuh adalah Protein. Terdiri dari 2 macam yaitu Protein Hewani dan Protein Nabati semua unsur ini diperlukan untuk melengkapi menu gizi seimbang. Seperti halnya karbohidrat Protein juga sangat mudah ditemukan disekitar kita, Protein hewani bisa kita peroleh dari daging, ayam, susu dan telur  sedangkan protein nabati bisa kita peroleh dari kacangan-kacangan seperti tempe dan tahu yang terbuat dari kacang kedelai.
Dirumah protein hewani yang selalu saya sediakan adalah Ayam, Telur dan susu sedangkan untuk daging tidak terlalu sering. Karena punya anak-anak saya juga selalu menyimpan ayam yang siap dimasak seperti Nugget dari SO GOOD, yang ngebantu banget kalo mau bikin menu simpel ataupun camilan untuk anak-anak. Selain praktis cara memasaknya saya memilih Nugget SO GOOD karena jelas kandungan nutrisinya pada setiap variannya.
Kandungan Nutrisi Chicken Nugget SO GOOD 
Selain ayam siap dimasaknya, produk lainnya yang juga selalu saya beli adalah ayam siap olahnya seperti Ayam Potong Dada dan Paha serta Ayam Potong Daging Sop Ayam. Awalnya saya biasa stok ayam yang beli langsung dari pasar, namun ayam-ayam ini terkadang banyak sekali bulu-bulu ayam yang tertinggal jadi sangat repot jika harus membersihkanya kembali, berbeda dengan ayam potong SO GOOD yang sangat bersih dan bebas dari bulu-bulu ayam.

BUAH-BUAHAN 15 %

Menu Piring Gizi Seimbang tidaklah seimbang tanpa adanya buah-buahan karena melalui buah-buahan ini  gizi yang diperlukan oleh tubuh terpenuhi. Buah-buahan banyak mengandung vitamin, mineral dan karbohidrat menjadi pelengkap yang sangat pas untuk menyempurnakan menu piring seimbang.
Buah-buahan dibutuhkan tubuh untuk  anti oksidan, mencukupi kebutuhan air sehingga membantu sistem metabolisme dalam tubuh dan mencegah timbulnya penyakit tertentu. Anak-anak dirumah hampir menyukai semua buah-buahan jadi saya tidak terlalu bingung untuk memilih buah-buahan untuk mereka.
Ke-Empat Unsur nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh diatas sangat penting untuk pertumbuhan dan pembentukan tubuh, kebutuhan gizi tiap orang sangatlah berbeda karena semua tergantung pada usia, jenis kelamin dan aktivitas yang dilakukan.
Untuk terus konsisten dalam menyiapkan menu yang memenuhi syarat gizi seimbang bukanlah hal yang mudah karena terkadang sangatlah merepotkan terutama untuk memperoleh kebutuhan Protein hewani, namun untuk saja saat ini sudah ada SO GOOD yang menghadirkan berbagai produk SO GOOD mulai dari bahan baku siap olah, siap masak hingga siap saji.
Semua varian produk SO GOOD bisa dimasak sesuai dengan kreativitas masing-masing, seperti contohnya saya yang membuat  Chicken Roll Nugget Stick SO GOOD untuk sarapan serta camilan menemani anak belajar dan Sayur Capcay Bakso SO GOOD untuk menu makan siang.
MENU SO GOOD KREASI MOMSODELL
Nah barang kali ada ibu-ibu yang ingin membuat Chicken Roll Nugget Stick SO GOOD untuk camilan atau menu sarapan buah hantinya bisa intip resep ala kadarnya dari Momsodell 🙂

RESEP CHICKEN ROLL NUGGET STICK SO GOOD 

Bahan-Bahan
– Nugget Stick Premium SO GOOD
– Telur 1 Buah
– Nori (Rumput Laut)
– 2 Buah Tomat
– Roti Tawar Kupas (Tanpa Pinggiran)
– Mayonise

– Saus Tomat
– Minyak Wijen / Mentega / Minyak
Cara Membuat
1. Goreng Nugget Stick Premium SO GOOD
Panaskan wajan dan beri minyak secukupnya untuk menggoreng 6-8 buah nugget (tergantung berapa buah yang ingin dibuat, 1 chicken Roll isinya 2 buah nugget. Setelah minyak panas, kecilkan api lalu masukan nugget lalu goreng hingga berwarna kuning keemasan.
2. Dadar Telur 
Kocok telur didalam wadah lalu dadar didalam teflon, 1 telur bisa dibagi 3
3. Panggang Roti Tawar
Beri sedikit margarin pada teflon lalu panggang Roti Tawar, saat memanggang usahakan menggunakan api kecil agar roti tidak hangus, saat memanggang juga tekan-tekan roti tawar hingga gepeng. setelah berwarna kekuningan angkat roti tersebut
4. Iris Tomat tipis-tipis
Setelah semua bahan-bahan siap susun semuanya di atas Roti Tawar, urutannya terserah sesuai dengan selera, jika foto saya diatas sususannya adalah Roti Tawar, Telur dadar, Irisan Tomat, Nori (Rumput Laut Terakhir Nugget. Setelah semua tersusun diatas roti, gulung perlahan roti. Susun semua Roti di atas piring lalu beri mayonise dan saus Tomat, ini kebetulan kedua putri saya menyukai mayonise dan saus tomat. Jika tidak ingin menambahkan mayonise dan saus juga tidak masalah. Camilan siap disajikan dan sisantap oleh anak-anak.

 

 

Menu Sarapan pagi yang bisa dijadikan camilan di atas sudah memenuhi Menu Piring Gizi Seimbang loh , ada Roti Tawar  yang mengandung Karbohidrat ,  Ada Nori (Rumput Laut) , Tomat sebagai sayur-sayuran yang mengandung vitamin dan mineral , Chicken Nugget Stick SO GOOD dan Telur sebagai sumber Protein hewani serta Buah Pisang sebagai pelengkap gizi seimbang.
Untuk menu makan siang saya membuat Tumisan Sayur Capcay Bakso SO GOOD dan Nugget Stick Premium SO GOOD yang hanya digoreng biasa sesuai permintaan buah hati.
Tumis Capcay Bakso So Good
Simpel dan praktis bangetkan moms, dari bahan seadanyanya semua gizi sudah terpenuhi dan seimbang, Menu Piring Gizi seimbang ini pas cocok banget untuk memenuhi gizi harian  baik dewasa dan anak-anak, yang mau mencoba resep di atas gak usah sungkan-sungkan yak, Selamat Mencoba dan Berkreasi 🙂

***

Artikel ini akan diikutsertakan di dalam Lomba Blog Kreasi Menu Gizi Piring Seimbang So Good

Referensi :
Website Official So Good Indonesia
Foto : Dokumentasi Pribadi

33 thoughts on “Chicken Roll Nugget Stick SO GOOD, Camilan Sehat Menu Piring Gizi Seimbang

Leave your thought

Mom's Odells