Blog

TEMPAT WISATA DI MAGELANG YANG POPULER

Empat wisata di Magelang berikut ini merupakan tempat wisata yang paling banyak diminati masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan tidak pernah sepinya dari pengunjung, terlebih pada hari libur. Penasaran tempat wisata mana sajakah itu? Berikut uraian lengkapnya.

1. RUMAH KAMERA

Sumber Gambar : Instagram Official Rumah Kamera

Dari namanya saja, Anda tentu sudah bisa menebak tempat wisata ini. Ya, di tempat ini, Anda bisa menemukan sebuah bangunan yang mirip kamera DSLR dengan ukuran raksasa yang menengadah ke atas. 

Jika Anda berpikir bahwa pemilik dari rumah ini merupakan seorang fotografer, Anda salah besar. Sebab, ternyata pemilik bangunan unik ini adalah seorang pelukis asal Semarang gyang tinggal lama di Bali, yaitu Bapak Tanggol Angin Jatikusumo

Tak heran jika saat Anda memasuki tempat ini, berbagai lukisan indah yang sangat detail milik Pak Tanggol terpajang rapi. Tidak hanya lukisan, di tempat ini juga terdapat kursi-kursi kecil yang berbagai keunikan bentuk. Kursi ini memang sengaja disediakan bagi pengunjung yang ingin istirahat barang sejenak setelah berkeliling rumah. 

Baca Juga :  5 WISATA ALAM KEKINIAN DAN INSTAGRAMABLE DI BANDUNG

Satu lagi keunikan dari tempat ini, yaitu Anda bisa naik ke atas balkon, tepatnya di atas rumah yang dibentuk seperti lensa kamera. Dari tempat ini, Anda bisa menikmati pemandangan indah yang ada di sekitar rumah kamera. Bagi Anda yang senang foto selfie, tentu tempat ini tidak akan lolos dari target Anda, bukan?

Alamat lokasi: 
Jalan Majaksingi, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.
Harga tiket: Rp5.000,00/orang.

2. PUNTHUK SETUMBU

Tempat wisata ini sangat cocok bagi Anda para pemburu sunrise. Sebab, letaknya yang berada di atas ketinggian, membuat Anda dapat dengan bebas menikmati warna semburat merah saat sang surya mengintip di antara pegunungan dan bayangan candi borobudur. 
Tempat ini semakin unik dengan adanya rumah pohon berbentuk hati. Bagi Anda yang gemar berfoto selfie, jelas ini menjadi spot paling indah untuk melengkapi instagram Anda. Untuk bisa menikmati sunrise, pastikan Anda sudah berada di tempat ini pukul 05.00. Karena untuk mencapai lokasi Anda harus menempuh perjalanan kaki selama 15 hingga 20 menit, maka pastikan Anda sudah mulai berangkat dari parkiran kendaraan setengah jam dari pukul 05.00. 
Pendakian menuju lokasi memang hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki, sebab medannya yang cukup menanjak, terjal, dan sempit.
Alamat lokasi: 
Jalan Borobudur Ngadiharjo Km. 3, Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Jateng.

Harga tiket: Rp15.000,00/orang untuk wisatawan lokal dan Rp25.000,00/orang untuk wisatawan asing.

3. Air Terjun Sekar Langit dan Air Terjun Kedung Kayang

Dua air terjun ini memang sangat terkenal di Magelang. Masing-masing mempunyai keunikan tersendiri. Jika Anda pernah mendengar cerita rakyat tentang Joko Tingkir yang mencuri baju seorang bidadari yang sedang mandi di sebuah kolam di bawah air terjun, maka konon di air terjun Sekar Langit inilah tempatnya. 
Air Terjun Sekar Langit
Sumber Gambar : shutterstock
Tidak hanya legendanya yang membuat tempat ini menjadi ramai pengunjung, namun juga keindahan air terjunnya. Sayangnya, untuk mencapai lokasi air terjun dengan ketinggian 30 meter ini, Anda harus menempuh perjalanan yang sedikit curam dan berliku.
Sementara, untuk air terjun Kedung Kayang, keindahan alam juga bisa Anda nikmati. Air terjun yang mempunyai ketinggian 40 meter ini berada tak jauh dari tempat wisata Ketep Pass. Untuk mencapai lokasi ini pun, Anda harus menuruni bukit dengan jarak yang cukup jauh. Oleh karena itu, persiapkan segala perbekalannya agar Anda tidak kelelahan.
Alamat air terjun Sekar Langit: Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Magelang

Alamat air terjun Kedung Kayang: Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Magelang.

Tiket masuk air terjun Kedung Kayang: Rp2.500,00 per orang.
4. CITRA ELO RAFTING  SUNGAI ELO PROGO
Buat Anda yang senang olahraga menantang, inilah tempat yang cocok untuk Anda. Anda bisa melakukan rafting di Sungai Elo dengan jarak sekitar 10–11 km. Medannya yang cukup curam plus pemandangan indah di sepanjang perjalanan, tentu akan memberikan sensasi luar biasa bagi Anda.
Sebagai satu-satunya kota yang dikelilingi lima buah gunung sekaligus, yaitu Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, dan Sumbing, membuat Magelang menyimpan banyak potensi wisata berbasis alam. 

Jika Anda berkunjung ke Yogyakarta, silakan mampir sebentar ke kota sejuta kembang ini dan nikmati salah satu dari empat wisata di Magelang tersebut.

One thought on “TEMPAT WISATA DI MAGELANG YANG POPULER

Leave your thought

Mom's Odells