5 Kuliner Khas Bengkulu Ini Jadi Buruan Pesona Ramadhan 2018

5 Kuliner Khas Bengkulu Ini Jadi Buruan Pesona Ramadhan 2018

Pesona Ramadhan 2018

Selama bulan ramadhan tahun ini ada beberapa tempat yang sudah aku kunjungin, baik itu hanya sekedar mencari takjil ataupun mencari gulai atau sayuran untuk berbuka. Dari sekian banyak tempat yang telah aku kunjungin ada satu tempat yang menurutku sangat lengkap yaitu Kampung Ramadhan Camkoha. Sebenernya sih kalo cuma cari gulai biasa atau takjil-takjil biasa mah dimana aja ada, tapi di Kampung Ramadhan Camkoha ini bisa kita temukan Kuliner Khas Bengkulu seperti Gulai Bagar Ikan HiuGulai Palak Ikan, Keladi Masak Asam, Gulai Pucuk Kates dan Rebung Undak Liling. Bukan hanya itu loh, di sana juga ada berbagai hiburan yang bisa dinikmati oleh para pengunjung seperti atraksi Lomba Qasidah, Fashion Show Busana Islami, Pentas Seni dari Berbagai Sekolah, Akustik Religi dan lain-lain.

Kampung Ramadhan Camkoha ini selan tempat untuk berburu takjil bisa juga dijadikan tempat ngabuburit yang menyenangkan karena Lengkap, ada fasilitas Foto Booth yang instagramable , Fasilitas Penukaran uang kecil, dan area parkir  yang juga disiapkan untuk pengunjung, Lokasi yang berada di pusat Kota Bengkulu tepatnya di jalan Pangeran Natadirja Kelurahan Jalan Gedang mudah di akses dengan alat transportasi apa saja menambah nilai plus Kampung Ramadhan Camkoha.

5 Kuliner Khas Bengkulu yang menurut para pedagang paling sering dicari yaitu :

Gulai Bagar Hiu

Gulai Bagar Hiu merupakan gulai yang termasuk masakan yang hanya bisa ditemukan selama bulan Ramadhan, jika bukan bulan Ramadhan Gulai Bagar Hiu ini akan sulit sekali ditemukan. Sebenarnya Bagar Hiu ini mirip sekali Rendang daging khas Sumatera Barat, jika Rendang menggunakan santan bagar hiu ini tidak menggunakan santan sama sekali, hanya menggunakan kelapa yang disangrai. Cara membuat Bagar Hiu ini pun terbilang sangat susah, karena jika tidak mahir maka akan menimbulkan bau yang amis yang cukupo menyengat dari ikan Hiu.

Hampir semua rempah-rempah digunakan dalam membuat Bagar Hiu ini, dan jika kamu bukan orang asli Bengkulu dijamin walaupun tau resepnya gak bakal sama rasanya, karena biasanya ada resep resep rahasia yang sudah turun temurun. Sedangkan untuk harga juga bisa dibilang relatif murah yaitu Rp.10.000/potong. Nah gaes Dulu Sewaktu Presiden Soekarno diasingkan ke Bengkulu, Bagar Hiu ini menjadi makanan favorit beliau.

Gulai Palak Ikan

Gulai Palak Ikan

Gulai Palak Ikan salah satu masakan yang juga sering dicari oleh para pengunjung Kampung Ramadhan Camkoha, Gulai palak ikan merupakan salah satu masakan Khas masyarakat Bengkulu yang juga sudah turun menurun. Kepala Ikan yang sering dijadikan gulai yaitu Kepala Ikan Gebur dan Ikan Kakap. Gulai Palak Ikan Bengkulu ini memiliki rasa khas yang berbeda dengan Gulai-gulai lainnya karena ada campuran cabe hijau, daun ruku-ruku , buah asam belimbing, 1 porsi Gulai kepala ikan ini dibandrol dengan harga 25.000 – 40.000.

Gulai Keladi Masak Asam

Gulai Keladi Masak Asam
Gulai Keladi Masak Asam

Sekilas melihat Keladi Masak Asam ini seperti melihat masakan bagar asam khas Sumbar, namun bedanya ini batang tanaman  keladi yang dibuat Gulai, menurut Bunda Gadis, salah satu penjual masakan khas Bengkulu ini mengatakan jika Keladi Masak Asam ini juga sering dibeli oleh pembeli.

Gulai Pucuk Kates

Gulai Pucuk KAtes
Gulai Pucuk KAtes

Gulai Pucuk Kates atau Pucuk pepaya ini salah satu masakan khas Bengkulu yang juga cukup digandrungi , Gulai santan yang berbahan dasar Pucuk Pepaya ini memiliki rasa yang unik, harganya pun sangat murah yaitu 1 porsinya 10 ribu rupiah.

Rebung Undak Liling

Gulai Rebung Undak Liling
Gulai Rebung Undak Liling

Pasti teman-teman udah gak asing ya dengan nama Rebung, Rebung di Bengkulu juga menjadi makanan Khas Bengkulu , nah di Kampung Ramadhan kamu bisa temukan masakan Rebung yang diolah dengan Liling yang merupakan masih satu familia dengan Siput. Dengan uang 10 ribu kamu bisa membawa pulang 1 porsi gulai rebung Undak Liling.

Nah itulah 5 Kuliner yang Khas Bengkulu Ini Jadi Buruan Pesona Ramadhan 2018, yuk yang lagi ada di Bengkulu jangan sampai gak nyicipin ya 5 Kuliner Khas Bengkulu ini.

#genpi #pesonaramadhan2018 #pesonaindonesia

 

[/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]

About Author

Related posts

Give a Reply