Assalamualaikum Wr.Wb…
Hai Teman-teman, gimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia ya.

Gak lama lagi anak-anak saya akan kembali masuk sekolah nih, Teman-teman gimana? Apakah juga demikian? Kalau sekolahnya anak-anak saat ini  masih sedang dalam tahapan peninjauan tim satgas Covid-19. Jika dinyatakan layak, maka sekolah tatap muka pun akan segera dimulai. Persiapan Anak Masuk Sekolah Pada Saat Pandemi

Sebenarnya saya juga bingung harus menanggapi hal ini bagaimana, disatu sisi saya sangat khawatir sekali jika anak-anak akan terinfeksi virus Corona saat di sekolah, tapi disisi lain saya pun khawatir akan psikis anak saya yang sudah amat sangat jenuh belajar dari rumah, apalagi anak saya saat ini memang baru kelas1 SD dan sejak awal sekolah ia belum pernah sama sekali datang ke sekolah.

Rasa penasaran untuk sekolah pun kian hari kian menjadi-jadi apalagi sekolah tatap muka ini pun sempat beberapa kali akan dilaksanakan dan akhirnya harus dibatalkan kembali karena lonjakan penularan virus Corona saat itu. Kecewa ? Ya donk pastinya, karena ia pun mengungkapkan rasa kecewanya kepada kami, sampai-sampai ia pun mengungkapkan ingin berhenti sekolah saja, karena bosan dengan metode PJJ.

Namun setelah diberikan penjelasan dan beberapa video tentang sekolah yang sebenarnya, akhirnya ia pun semangat kembali, apalagi setelah mendengar pengumuman dari sekolah bahwa belajar tatap muka akan segera dilaksanakan. Nah sebagai orang tua saya harus mempersiapkan hal-hal penting untuk melepas mereka kembali belajar ke sekolah, pada masa pandemi ini, simak berikut ini ulasannya !

5 Persiapan Anak Untuk Kembali Sekolah Tatap Muka Saat Pandemi

Persiapan Anak Masuk Sekolah Pada Saat Pandemi

Pasangkan Face Shield dan Masker

Sebenarnya untuk penggunaan masker anak-anak saya sudah terbiasa menggunakannya. Ada dua masker yang biasanya saya dan anak-anak gunakan. Masker kain dan juga masker kesehatan standar medis. Biasanya saat bermain saya memasangkan masker kain kepada mereka, karena selain membuat lebih nyaman saat bermain, masker kain ini juga lebih praktis dan menyerap keringat. Sedangkan masker medis biasanya saya pasangkan saat akan berpergian keluar, misalnya ke taman dan belanja ke mini market.

Gunakan Masker dan Face ShieldLalu masker apa yang akan saya berikan kepada mereka saat bersekolah? Pastinya masker anak dengan standar kesehatan donk, hanya saja saya akan memasangkan tali penyambung pada maskernya agar lebih memudahkan. Nah selain masker, saya pun memasangkan face shield agar lebih aman. Untuk harga face shield itu juga saat ini sudah relatif murah dan banyak dijumpai di mini market terdekat.

Pilihlah face shield yang seperti model kaca mata, sehingga akan lebih nyaman digunakan oleh anak, karena face shield yang model melingkar di kepala biasanya akan membuat anak tidak nyaman jika digunakan lama.

Ajarkan Anak Mencuci Tangan dengan Benar

Nah untuk point ke-dua ini sangat penting untuk dilakukan, mengingat saat masuk ke sekolah orang tua tidak akan di izinkan masuk ke dalam lingkungan sekolah, orang tua hanya bisa mengantarkan anak sampai gerbang pintu saja. Oleh karena itu penting sekali untuk mengajarkan anak untuk mencuci tangan yang benar. Beritahu anak agar mencuci tangan setelah beraktivitas.

Minta Anak untuk Tidak Melakukan Kontak Fisik

Tips ketiga yang harus orang tua ingatkan kepada anak adalah beritahukan kepada anak untuk tidak melakukan kontak fisik seperti bersalaman, bergandengan ataupun berpelukan dengan siapa pun.

Ingatkan Anak untuk Tetap Menjaga Jarak

Ingatkan anak agar selalu menjaga jarak dengan siapa pun minimal 1 meter.

Menjaga Jarak

Berikan Hand Sanitizer yang Mudah Saat digunakan

Nah tips terakhir adalah selalu bawakan anak hand sanitizer yang mudah untuk digunakan. Saran saya Untuk anak-anak TK, kelas 1 ataupun anak-anak yang masih perlu bantuan sebaiknya berikan anak hand sanitizer dengan bentuk gel, sehingga anak hanya perlu menuangkan saja ke tangannya, karena biasanya hand sanitizer bentuk spray akan sulit digunakan oleh mereka (berdasarkan pengalaman pribadi saya ya).

Nah, untuk hand sanitizer ini saya mengakalinya dengan membuat hand sanitizer pocket holder yang bisa dikaitkan pada bagian tali ban pinggang rok/ celana sekolah anak.

Hand Sanitizer Pocket HolderKira-kira itulah persiapan-persiapan yang saya lakukan saat akan melepas kedua putri saya untuk kembali ke sekolah saat pandemi. Tapi tentunya bukan hanya itu saja ya, karena selain itu juga ada hal-hal lain yang juga harus diperhatikan misalnya memperhatikan kondisi kesehatan anak dan nutrisi anak.

Jika anak menunjukan kondisi tidak fit atau sakit, ada baiknya untuk tidak melakukan sekolah tatap muka, karena kondisi yang tidak prima akan memudahkan anak terinfeksi virus corona. Lalu jangan lupa untuk memberikan vitamin dan nutrisi yang baik untuk menjaga imunitas tubuhnya agar selalu fit.

Oke teman-teman, sampai disini dulu ya, semoga tulisan saya hari ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga teman-teman selalu dalam lindungan Allah SWT.

Salam Hangat

RiKu

error: Content is protected !!
Share This