VivoBook ASUS A516

Review ASUS VivoBook 15 Inch (A516), Modern PC With Wider Screen

Keras kepalaku sama denganmu
Caraku marah, caraku tersenyum
Seperti detak jantung yang bertaut
Nyawaku nyala karena denganmu

Sambil diiringi lagu indie dari Nadin Amizah, kembali jari jemariku menari diatas keyboard laptop, hujan deras malam ini seakan me-recharge kembali semangatku yang hampir memudar ditelan kesibukan.

Yaa…belakang ini aku jarang banget update tulisan di blog. Padahal banyak bahan yang mau aku jadikan tulisan. Tapi karena mood nulis lagi berantakan dan urusan domestik juga lumayan banyak, jadi gak sempat lagi untuk update blog.

Mumpung mood mulai membaik, sepertinya malam ini aku mau nulis tentang Laptop terbaru dari ASUS aja deh. Laptop yang katanya PC Modern dengan Wider Screen yaitu ASUS VivoBook 15 Inch (A516).

Nah untuk teman-teman yang sedang mencari laptop baru yang bisa digunakan untuk bekerja, kuliah, nonton dan main game. Laptop ASUS VivoBook A516 ini layak untuk dijadikan salah satu pilihan.

Selain beberapa varian ASUS VivoBook A516 ini harganya terjangkau dikantong, spesifikasi laptop terbaru ASUS terbaru ini juga patut dipertimbangkan.

Detail lengkap spesifikasinya bisa teman-teman lihat pembahasannya di bawah. So… jangan hanya sampai disini ya bacanya.

ASUS VivoBook 15 Inch (A516)

One of the world’s smallest all-rounder 15-inch laptops

Sebelum ngebahas lebih detail tentang spesifikasi ASUS VivoBook 15 Inch (A516), aku mau jelasin dulu beberapa alasan kenapa aku ngerekomendasiin Laptop ASUS VivoBook  15 Inch A516 untuk teman-teman.

Kalau mau dibahas mah banyak alasannya. Tapi kali ini sepertinya aku gak perlu jelasin profil ASUS itu sendiri ya. Dibeberapa tulisanku sebelumnya sudah pernah aku bahas kok, jadi kalo senggang boleh banget dibaca.

Biar gak kelamaan, langsung aja ya aku bahas alasan kenapa harus Laptop ASUS VivoBook 15 (A516) :

  1. Desain Stylish dan Portable
  2. Layar Wider Screen
  3. Aman dengan fitur Fingerprint Sensor
  4. PC Modern dengan teknologi terkini
  5. Kinerja dan Performance Terbaik

Yuk , kita bahas lebih detail !

01

Stylish & Portable

Desain

Bobot 1.8 kg, ketebalan 19.9mm dan tampilan stylish dengan lapisan keyboard  Transparent Silver dan Slate Grey

Seperti laptop VivoBook ASUS  lainnya, kali ini ASUS A516 juga didesain dengan bobot yang kurang dari 2 kg, jika dilihat dari beratnya tidak salah jika ASUS VivoBook 15 (A516) mengusung slogan Easy portability, Effortless productivity.

Bobotnya yang ringan ini tentu akan menjadi nilai plus tersendiri untuk orang-orang yang memang memiliki mobilitas yang tinggi, karena selain ringan laptop ini tentunya lebih ringkas jika ingin dibawa bepergian.

Desain ASUS VIVOBOOK A516

02

Wider Screen

15.6 Inci, FHD (1920 x 1080) 16:9, Anti-glare, Wide Viewing Angle 178°, Screen-to- body ratio 83%

Display  VIVOBOOK A516

Ingin terus memanjakan konsumen dan mengikuti perkembangan teknologi, ASUS pun mulai menggunakan layar monitor widescreen untuk berbagai laptop keluaran terbarunya.

Agar konsumennya bisa merasakan pengalaman menonton, bekerja dan main game lebih nyaman dengan monitor yang lebih melebar secara horizontal.

Apalagi saat ini situs-situs penyedia konten-konten multimedia sudah mengadopsi widescreen sebagai format player, dimanjain bangetkan konsumennya ASUS.

Selain itu, disematkannya teknologi NanoEdge Display, dapat memungkinkan layar laptop ASUS VivoBook 15 Inch (A516) memiliki rasio layar yang sangat besar, yaitu mencapai 83% terhadap bodinya. Bezel yang tipis ini menjadikan laptop VivoBook A516 menjadi lebih tipis dan ringkas.

Untuk layarnya sendiri, VivoBook 15 (A516) ini dibekali dengan layar yang berukuran 15 inci dengan resolusi Full HD dan dilapisi dengan lapisan anti-silau (anti-glare).

ASUS VivoBook 15 Inch (A516) juga memiliki sudut pandang layar yang lebih luas, yaitu hingga mencapai 178 derajat.

03

Fingerprint Sensor

Mudah, simple dan aman kira-kira itulah yang bisa aku gambarkan dari fitur ASUS Fingerprint. Dengan menggunakan fitur ini kamu bisa mengakses laptop mu hanya dengan satu sentuhan jari

Selain mudah saaat login, menggunakan fitur fingerprint ini juga menurutku lebih aman, karena untuk mengakses laptop mu harus membutuhkan sidik jari yang sudah terdaftar di touchpad dan Windows Hello.

Fingerprint Sensor VivoBook A516

04

PC Modern dengan Teknologi Terkini

Dual Storage HDD + SSD dengan kapasitas lebih besar. Teknologi penyimpanan dengan kecepatan SSD PCle 3.0 x 4

“Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.”

Menggunakan teknologi penyimpanan terkini yaitu SSD (Solid-State Drive) kinerja laptop menjadi lebih kencang dan fast loading. Selain itu SSD juga lebih aman dari goncangan.

ASUS VivoBook 15 inch (A516) juga masih pake HDD, yang katanya hadrdisk lebih rentan mengalami kerusakan jika dibandingkan SSD.

Eitss, jangan salah. Walaupun ASUS VivoBook masih menggunakan HDD sebagai media simpan, tapi ASUS juga sudah meminimalisir kerusakan fisik HDD dengan memasangkan peredam getaran yaitu E-A-R HDD Protection.

Jadi untuk teman-teman yang masih harus bekerja walaupun sedang dalam perjalanan, bisa merasa lebih aman dan tanpa harus khawatir HDD rusak karena goncangan / getaran.

E-A-R® HDD protection

05

Performance Terbaik ASUS 15 (A516)

Performance ASUS 15 A516

Processor & Graphics

Prosesor Intel® Core™ i5  Generasi ke-10 dengan grafis diskrit NVIDIA® GeForce® MX330,2GB GDDR5

 

“Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.”

Tidak hanya teknologi penyimpanan data saja yang menggunakan teknologi terkini. Laptop ASUS VivoBook 15 (A516) ini juga sudah dilengkapi dengan prosessor dengan teknologi modern yaitu Intel Core i5 generasi ke-10 dan grafis yang mumpuni dari NVIDIA® GeForce MX 330.

Kombinasi dari kedua teknologi modern ini membuat ASUS VivoBook 15 (A516) dapat diandalkan untuk berbagai kegiatan mulai dari bekerja, bermain game, ataupun menikmati berbagai konten multimedia.

Memory

Kapasitas Random Acces Memory (RAM) Up to 8GB DDR4 RAM

Tidak salah rasanya jika Laptop ASUS VivoBook A516 ini disebut sebagi modern pc, karena hampir semua komponen-komponennya sudah menggunakan teknologi terbaru, seperti penggunaan DDR4 untuk slot Memorynya. Untuk kapasitas RAM sendiri ASUS VivoBook A516 ini bisa diupgrade hingga 8GB.

Port Lengkap 

Desain port yang lebih fleksible dan dapat diputar balik sehingga lebih memudahkan untuk menghubungkan semua perangkat

Satu hal yang paling menarik bagi saya adalah slot Micro SD card reader yang terletak pada bagian samping, biasanya yang sering saya temukan adalah slot memory card terletak pada bagian bawah.

Selain slot Micro SD card reader, pada bagian samping terdapat 1 slot HDMI, 1 audio combo jack, 1 USB Type-C 3.2 yang didesain dapat diputar balik, 1 USB 3.2 Type-A dan 2 buah USB 2.0

Port lengkap

Lengkapnya konektivitas ini pasti akan sangat menunjang aktivitas transfer data dan lain-lain karena dapat menghubungkan perangkat semudah mungkin.

Konektivitas Cepat

Wi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.1

Tidak hanya port saja yang lengkap, agar lebih mudah dan cepat melakukan aktivitas online, laptop ASUS VivoBook A516 ini juga dilengkapi dengan wi-fi 5 (802.11ac) dan juga bluetooth 4.1.

Aku pribadi biasanya jika ingin memindahkan beberapa foto saja selalu mengaktifkan bluetooth yang ada di laptop. Transfer data dan foto jadi lebih mudah dan cepat.

Sonic Master

SonicMaster
Audio by ICEpower®
Built-in speaker
Built-in microphone
with Cortana support

Teknologi Audio Sonic Master yang disematkan pada ASUS VivoBook 15 (A516) menghasilkan kualitas suara yang tidak kalah dengan laptop-laptop yang harganya jauh diatasnya.

Menggunakan teknologi audio ASUS Sonic Master yang membuat setiap suara yang keluar terdengar jernih, renyah dan lebih hidup.

Selain itu laptop ini juga dilengkapi dengan software untuk mengubah setelan audio ke mode musik atau film, laptop juga menyediakan equalizer yang bisa diatur menggunakan ICEPower ( ICe Audio Wizard)

ICE Audio Wizard adalah software untuk  meningkatkan kualitas audio secara keseluruhan pada laptop. Setiap ICE Power Module telah lulus banyak tes oleh para ahli berpengalaman.

ICE AUDIO WIZARD

Camera 

VGA Web Camera

Dilengkapi dengan camera webcam yang terletak pada bezel bagian atas , laptop ASUS VivoBook ini cocok untuk segala aktivitas online seperti kegiatan belajar mengajar, webinar, rapat dan lain-lain.

Operation System

Windows 10 Home dan software microsoft office 100% asli

Gak perlu ribet beli Windows 10 berlisensi, karena laptop ASUS VivoBook 15 (A516) sudah  dilengkapi dengan sistem windows 10 resmi dan Microsoft Office Home & Student 2019 pre-installed.

Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.

Baterai

37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion

Untuk baterainya sendiri, ASUS VivoBook ini memiliki kapasitas daya 37WHrs. Jika untuk dibawa perjalanan yang membutuhkan waktu yang lama sepertinya kamu tetap harus membawa charge, karena baterai ini kemungkinan besar hanya dapat bertahan 2-3 jam saja.

MyASUS

Aplikasi multifungsi yang secara default telah terinstall pada laptop ASUS VivoBook 15 (A516)

 

Aplikasi MyASUS merupakan salah satu aplikasi yang dibuat untuk mengoptimalkan laptop ASUS dengan menggunakan smartphone.

Jadi dengan menggunakan fitur MyASUS pengguna bisa melakukan transfer file, membuka tautan, melakukan panggilan telepon, mengakses file, fungsi mirror dan juga fitur perluasan layar. Fitur-fitur tersebut bisa dilakukan  baik itu dari laptop ke smartphone ataupun sebaliknya.

Link to MYASUS

Keyboard Full Size with Reinforced chassis

fitur backlit pada keyboard dan komponen penahan 

Keyboard full size with Backlit

Di desain dengan ergonomis dengan key travel 1.4, kali ini keyboard pada ASUS VivoBook 15 (A516) juga menyematkan backlit pada bagian bawahnya, jadi walaupun dalam keadaan minim cahaya kamu masih tetap bisa bekerja dengan nyaman.

Selain itu pada bagian bawah keyboard juga dipasang penahan logam sehingga lebih stabil saat mengetik dan menggunakan touchpad dan memperkuat dan melindungi komponen-komponen internal

Tabel Spesifikasi

Nah untuk detail spesifikasi secara keseluruhan teman-teman bisa langsung melihat tabel di bawah ini ya. Beberapa hal tentang  spesifikasinya pun sudah saya jelaskan secara detail di atas.

CPU Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)
Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)
Intel® Celeron N4020 Processor 1.1GHz (4M Cache, up to 2.8GHz)
Operating System Windows 10
Memory Up to 8GB DDR4 RAM
Storage 1TB SATA 5400RPM 2.5″ HDD,256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Display 15.6-inch,HD (1366 x 768) 16:9,Anti-glare display,LED Backlit,200nits,NTSC: 45%,Screen-to-body ratio: 83 %
15.6-inch,FHD (1920 x 1080) 16:9,Anti-glare display,LED Backlit,200nits,NTSC: 45%,Screen-to-body ratio: 83 %
15.6-inch,FHD (1920 x 1080) 16:9,Anti-glare display,LED Backlit,200nits,NTSC: 45%,Screen-to-body ratio: 83 %
15.6-inch,FHD (1920 x 1080) 16:9,IPS-level Panel,Anti-glare display,LED Backlit,NTSC: 45%,Screen-to-body ratio: 83 %
Graphics NVIDIA® GeForce® MX330,2GB GDDR5
Intel® UHD Graphics 600
Input/Output 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A
1x USB 3.2 Gen 1 Type-C
2x USB 2.0 Type-A
1x HDMI 1.4
1x 3.5mm Combo Audio Jack
1x DC-in
Micro SD card reader
Camera VGA Web Camera
Connectivity Wi-Fi 5(802.11ac)+Bluetooth 4.1 (Dual band) 1*1
Audio SonicMaster
Audio by ICEpower®
Built-in speaker
Built-in microphone
with Cortana support
Battery 37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion
Dimension 36.02 x 23.49 x 1.99 ~ 1.99 cm (14.18″ x 9.25″ x 0.78″ ~ 0.78″)
Weight 1.80 kg (3.97 lbs)
Colors Transparent Silver, Slate Grey
Expansion Slots (includes used) 1x DDR4 SO-DIMM slot
1x M.2 2280 PCIe 3.0×2
1x STD 2.5” SATA HDD
Price Rp5.299.000 (Celeron N4020/HD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD)
Rp5.399.000 (Celeron N4020/FHD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD)
Rp7.599.000 (Core i3/HD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD + 1TB HDD)
Rp7.899.000 (Core i3/FHD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD + 1TB HDD)
Rp7.799.000 (Core i3/FHD/GeForce MX330/4GB/256GB SSD)
Rp8.199.000 (Core i3/FHD/GeForce MX330/4GB/512GB SSD)
Rp10.999.000 (Core i5/FHD/GeForce MX330/4+4GB/256GB SSD + 1TB HDD)
Rp11.099.000 (Core i5/FHD/GeForce MX330/8GB/256GB SSD + 1TB HDD)
Warranty 2 tahun garansi global

Nah, itulah review Laptop ASUS VivoBook 15 Inch (A516). Semoga review yang sudah aku jelaskan di atas bisa membantu teman-teman yang memang sedang berencana untuk membeli ataupun mengupgrade laptop.

Pastikan untuk membaca dan memahami detail spesifikasinya ya, karena harga setiap varian ASUS VivoBook A516 ini juga berbeda.

Pilih laptop dengan bijak sesuai dengan kebutuhan dan budget . Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat ya.

Sumber Referensi & Gambar:

1. Website Official ASUS Indonesia
2. Website Official Microsoft
3. Infografis by momsodell

“Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS – 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen Writing Competition bersama dewirieka.com

error: Content is protected !!
Share This