ASUS ZenBook Flip S (UX371)
Jadikan Resolusiku Bukan Hanya Sekedar Make a Wish

Dear Diriku,
Ayo kita berusaha lebih keras tahun ini, agar Resolusiku tahun 2021 tidak lagi menjadi ilusi.

Kilas Balik My Resolution 2020 

Nulis tentang resolusiku di tahun 2021 ini mungkin sedikit agak terlambat ya, mengingat saat ini kita sudah memasuki bulan ke-3 ditahun 2021.

But it’s Okay… mau ditulis kapan pun kalo gak berusaha untuk mewujudkannya ya sama aja bohong. Resolusi itu tetap akan menjadi seperti debu yang hilang tanpa bekas ketika tertiup angin.

Seperti itulah yang terjadi dengan resolusiku tahun lalu, dari sekian banyaknya resolusi yang aku tulis hanya beberapa saja yang berhasil aku capai. Resolusi online yang harusnya bisa aku capai pun tidak semuanya bisa terealisasikan.

Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi tidak tercapainya resolusiku tahun lalu. Salah satunya adalah kehidupan kita yang tiba-tiba saja berubah drastis karena dampak dari Virus Covid-19.

Banyak rencana yang harus ditunda bahkan dibatalkan, karena ya memang tidak mungkin dilakukan saat pandemi. Tapi rasanya egois sekali jika aku hanya menyalahkan Covid-19 sebagai penyebab gagalnya resolusiku tahun lalu.

Padahal pada kenyataannya aku yang kurang berusaha keras untuk merealisasikan itu semua.

Lalu apa saja resolusiku tahun 2021 ini? Check this out…

Lets Talk About

My Resolution 2021

Sebelum lanjut membahas apa resolusiku ditahun ini, aku mau tau nih, pandangan atau pendapat teman-teman tentang resolusi itu sendiri apa? Siapa tau pendapat kita dalam mengartikan resolusi tahun baru itu berbeda.

Jika dari sudut pandanganku resolusi itu adalah sebuah bentuk komitmen kepada diri sendiri (Self Commitment). Misalnya aku ingin lebih bijak mengatur waktu dan mengorganisir semua kegiatanku sehingga tujuan untuk lebih konsisten menjadi content creator bisa tercapai.

Contoh resolusiku lainnya adalah mengubah bad habbit di tahun sebelumnya sehingga menjadi lebih baik di tahun ini. Dari contoh tersebut mungkin teman-teman bisa lihat bahwa resolusiku bukan hanya sekedar make a wish semata,  melainkan juga sebuah komitmen kepada diri sendiri untuk berubah ke arah yang lebih baik.

Setelah gagal mewujudkan resolusi tahun lalu, tentu saja tidak membuat aku berhenti untuk kembali membuat resolusi di tahun ini.

Aku anggap kegagalan resolusi tahun lalu itu hanya sebuah perjalanan hidup yang tertunda, siapa tahu semua bisa aku capai di tahun baru ini.

Namun dari sekian banyaknya resolusi yang gagal tahun lalu, pada tahun ini aku hanya membuat memiliki satu resolusi saja yaitu merealisasikan resolusi online yang pernah aku buat tahun 2020.

Sebenarnya resolusi online yang ingin aku lakukan tahun lalu itu adalah memperbaiki kualitas dan performaku sebagai content creator baik itu blog, youtube ataupun content media sosial.

Demi mewujudkan itu semua tentu aku pun harus lebih berusaha dan berkerja keras lagi untuk menemukan dan menyusun rencana agar resolusi tersebut berhasil tercapai.

Mau Merealisasikan Resolusi Online Tahun 2021? Pertanyaannya… Lu mampu gak Boss !!!

Ayooo siapa yang baca judul diatas terus inget Jessica Jane , kalo ada yang inget fix kamu adalah Tiktokers laughing. Tapi bukan Jessica Jane yang mau aku bahas disini, melainkan mampu tidaknya aku merealisasikan resolusiku tahun 2021.

Kalo ngomong atau nulis aja sih memang gampang tapi pelaksanaannya itu sulit boss, kudu punya semangat dan motivasi yang tinggi agar semua resolusi itu tercapai. Belum lagi faktor lainnya pun bisa ikut mempengaruhi tingkat pencapaian tersebut.

Contoh gampangnya nih, Aku punya resolusi online yaitu memperbaiki kualitas dan performaku sebagai content creator, entah itu sebagai blogger, youtuber ataupun penggiat medsos. Lalu apakah ini bisa tercapai jika alat perang ku (read: laptop) sudah lelah untuk diajak berjuang.

Dipakai sebentar mati, buka software editing langsung stuck karena memang bukan kapasitasnya atau mau dibawa kesana kemari pun gak bisa karena laptop harus tetap dalam mode tercharge agar bisa digunakan. Kalau sudah begitu, apa bisa resolusi online ku tercapai? Sebenarnya bisa-bisa saja sih asalkan aku mau bekerja keras dan mengganti laptop lama dengan laptop baru yang bisa membuatku lebih produktif, gesit dan fleksibel seperti ASUS ZenBook Flip S (UX371) .

Lets Talk About

ASUS ZenBook Flip S (UX371)

Bukannya tanpa alasan, aku memilih ASUS ZenBook Flip S (UX371) ini sebagai pengganti laptop lamaku. Yaaa walaupun masih dalam tahapan ngumpulin dana untuk menggantinya, tapi gak ada salahnya donk ya jika menjatuhkan pilihanku kepada produk terbaru ASUS ini.

Banyak faktor yang melatarbelakangi kenapa aku menjatuhkan pilihanku pada laptop Convertible ASUS ZenBook Flip S (UX371).

Walaupun harganya terbilang mahal bagiku, tapi kalo sudah melihat desain dan spesifikasinya, aku rasa itu sepadan.

Hal pertama yang bikin aku jatuh adalah desainnya yang elegan. Perpaduan warna Jade Black dan Red Copper membuat laptop ini semakin mewah.

Selain itu alasan lainnya adalah spesifikasinya yang bisa diandalkan untuk membantu merealisasikan resolusiku tahun ini.

ASUS ZenBook Flip S (UX371) baru saja diluncurkan bulan Februari 2021 lalu, beserta beberapa jajaran laptop premium ZenBook lainnya.

Peluncuran yang bertajuk “Built For Brilliance” itu mengeluarkan ZenBook Flip S (UX371), ZenBook Flip 13 (UX363), dan ZenBook S (UX393). Ketiga laptop tersebut merupakan laptop premium yang dirancang khusus agar  penggunanya bisa lebih produktif dan fleksibel.

Dari ketiga seri laptop premium itu, aku memilih ZenBook Flip S (UX371) salah satu alasannya adalah karena sudah dilengkapi dengan Pen Stylus yang memang dirancang khusus untuk menunjang content creator sepertiku agar bisa terus produktif dan berkreasi..

Sebenarnya masih banyak keunggulan lainnya, Mari kita bahas lebih lanjut spesifikasi laptop premium yang mengusung slogan Fleksible Performance, Luxurious Design ini.

Stay at home

JADE BLACK  & RED COPPER

Perpaduan warna hitam abadi dan merah tembaga pada bagian bodi ASUS ZenBook S Flip (UX371)

Dibalut dengan warna Jade Black pada bagian bodi, membuat ASUS ZenBook S Flip (UX371) ini tampak lebih gahar dan menarik. Selain itu perpaduan warna Jade Black dan Red Copper pada sekeliling bodi dan keyboard menjadikan kesan premium, mewah dan elegan pun kian nampak.

Jade Black

ASUS ZenBook FLip S (UX371)
Sumber Foto : Website Official asus.com

ErgoLift Design

Teknologi ErgoLift  menjadikan  laptop  ringkas dan multiguna

Selain dari segi keindahan bodi tepian, ASUS juga tetap mempertahankan kenyamanan saat mengetik dengan desain ErgoLift. Jika sedang dalam mode laptop, desain ergolift ini akan membuat bodi laptop terangkat 3 derajat. Posisi ini tentunya akan membuat nyaman pengguna saat mengetik.

Nah, jika ingin digunakan sebagai tablet, engsel ErgoLift bisa diputar 360°. Sebuah teknologi yang membuat layar  laptop bisa putar sesuai dengan kebutuhan.

Diamond – Cut Highlight

Sudut tepian dengan bentuk potongan berlian dengan warna merah tembaga

Seolah ingin terus memanjakan penggunanya, ASUS selalu memberikan invovasi-inovasi baru pada setiap produk terbarunya. Seperti yang terlihat pada bagian tepi selain berwarna merah tembaga, pada bagian sudutnya  pun dibentuk mirip seperti potongan berlian. 

Diamond – Cut Highlight pada ASUS ZenBook FLip S (UX371)
Sumber Foto : Website Official asus.com

Stay at home

Tipis, Ringan dan Ringkas

ASUS ZenBook S Flip (UX371) memiliki ketebalan  1.19 ~ 1.39 cm dan berat 1,2 KG 

Dengan bobot ringan dan bodi yang tipis menjadikan ASUS ZenBook S Flip (UX371) sangat cocok untuk orang-orang yang memiliki mobilitas pekerjaan yang tinggi.

Bobot laptop dengan dimensi 30,5 cm x 21,0 cm, tebal bodi berkisar antara 1.19 ~ 1.39 cm serta berat 1,2 Kg tentu akan lebih ringkas untuk dibawa kemana-mana, selain itu pastinya akan baik untuk kesehatan juga karena tidak membuat pundak menjadi pegal dan lelah.

ASUS ZenBook FLip S UX371

ASUS ZenBook FLip S (UX371)
Sumber Foto : Facebook Deddy Huang

Stay at home

Bezels Ramping

Teknologi NanoEdge bingkai tipis pada keempat layar dengan rasio layar ke body 90%  memberikan visual yang tajam dan detail yang maksimal 

Memiliki laptop tipis dan ringan namun ukuran layar tetap maksimal tentu impian semua orang. Seakan mengerti kebutuhan konsumen ASUS pun memasangkan bezel tipis pada keempat sisi layar laptop ZenBook Flip S (UX371).

Slim bezels pada layar laptop membuat tampilan visual lebih luas dan imersif, sehingga cocok untuk digunakan untuk bekerja atau menjalankan hobi gaming dan lain-lain.

Slim Bezels Pada ASUS ZenBook Flip S UX371

Sumber Foto : Website Official ASUS

Brilliant Visuals

Panel OLED 4K UHD (3840 x 2160) serta telah tervalidasi PANTONE® dan bersertifikat  TÜV Rheinland menjadikan ASUS ZenBook Flip S (UX371) memiliki Display Visual yang Brilian

 

Panel OLED 4K UHD & Tervalidasi PANTONE®

Visual layar touchscreen dengan menggunakan panel OLED dengan resolusi 4K UHD (3840 x 2160) dengan refresh rate 60 Hz serta akurasi warna yang sudah tervalidasi PANTONE® di 100% ruang warna sRGB menghasilkan visual yang lebih detail dan tajam. 

Penggunaan penel OLED 4K UHD serta telah tervalidasi PANTONE® menjadikan ASUS ZenBook Flip S (UX371) tampil sebagai salah satu dari laptop premium dengan kualitas layar terbaik .

Ditambah lagi dengan engsel ErgoLift sehingga layar dapat diputar sejauh 360°, ASUS ZenBook Flip S (UX371) dapat digunakan seperti canvas digital.

Bersertifikat TÜV Rheinland

Selain telah tervalidasi PANTONE®, seperti produk-produk ASUS lainnya. Laptop ASUS ZenBook Flip S (UX371) juga sudah bersertifikat TÜV Rheinland, yaitu memiliki minim emisi gelombang biru dan flicker free. Jadi walaupun menghasilkan visual yang tajam namun tetap aman untuk kesehatan mata.

DISPLAY ASUS ZENBOOK FLIP S (UX371)

Sumber Foto : Website Official ASUS

Stay at home
Performance ASUS ZenBook S UX 371

Processor

Prosesor Intel® Core™ i7  Generasi ke-11 dengan chip grafis yang terintegrasi Intel® Iris  Xe Graphics

 

Satu laptop untuk semua, kira-kira itulah hal yang bisa aku deskripsikan tentang ASUS ZenBook Flip S (UX371). Dengan embelem Intel Evo, laptop ini ditenagai dengan prosesor Intel® Core™ Generasi ke-11 dengan Grafis Intel® Iris Xe , menjadikan laptop ini memang pantas untuk dimiliki oleh para profesional kreatif.

Walaupun tipis, laptop ASUS ZenBook Flip S (UX371) bisa digunakan untuk bekerja, berkreasi bahkan menyalurkan hobi gaming juga. Hal ini karena Iris Xe grafik baru memberikan performa grafis yang mumpuni sehingga sangat memungkinkan untuk bermain game dengan resolusi tinggi.

Untuk performa ASUS ZenBook Flip S (UX371) secara grafik mungkin teman-teman bisa melihat pada hasil uji Benchmark di bawah ini .

Storage

Media simpan dengan kecepatan penyimpanan SSD PCIe 3.0 x4  dan berkapasitas 1TB M.2 NVMe™ 

 

Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.

PC modern juga dilengkapi dengan pena digital yang memiliki banyak manfaat. Sentuhan khas tercipta saat Anda membuat sketsa atau coretan pada dokumen dengan pena digital. Penelitian juga menemukan adanya peningkatan kinerja hingga 38% pada pelajar ketika mereka menggunakan pena digital untuk mengerjakan soal-soal sains. Tidak semua ide berupa kalimat, kini saatnya untuk tuangkan inspirasi segera dalam sketsa atau coretan pena digital di PC modern.

Dari pernyataan di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa teknologi PC ataupun laptop saat ini sudah jauh lebih berkembang dan pastinya berbeda sekali jika dibandingkan dengan versi-versi terdahulu.

Seperti halnya ASUS yang selalu memberikan inovasi-inovasi terbaru dengan menggunakan teknologi modern untuk produk-produk mereka. Inovasi itupun dapat terlihat pada teknologi penyimpanan SSD PCIe 3.0 x4 yang secepat kilat pada laptop ASUS ZenBook Flip S (UX371).

Bukan hanya processor saja yang keren melainkan teknologi NVMe SSD 1TB yang menjadikan laptop ASUS ZenBook Flip S (UX371) menjadi lebih responsive dan dapat melakukan proses loading hanya dalam waktu singkat karena kecepatan membaca data dan tulis. Selain itu NVMe SSD juga tahan akan goncangan sehingga aman saat dibawa kemana saja.

Untuk lebih jelas tentang perbedaannya, teman-teman bisa langsung lihat pada gambar di bawah ini .

DISPLAY ASUS ZENBOOK FLIP S (UX371)

Operation System

Windows 10 Home dan Windows 10 Home with Office Home & Student 2019 pre-installed

 

Sejak tahun 2017 lalu ASUS secara resmi telah bekerjasama dengan Microsoft  untuk melengkapi semua produk ASUS  dengan sistem operasi Windows 10 secara pre-installed.

Beberapa produk ASUS seperti notebook premiumultrabook  dan ZenBook Flip S (UX371) yang termasuk salah satu laptop convertible, juga secara langsung akan terinstall Windows 10. Pengguna ZenBook Flip S juga bisa langsung memanfaatkan fitur  dan aplikasi andalan dari Microsoft yang memang sudah ada, seperti Windows Hello dan Microsoft Edge.

Memory

Kapasitas Random Acces Memory (RAM) 16GB LPDDR4X

 

Dilengkapi dengan memory LPDDR4X berkapasitas hingga 16GB, menjadikan kapasitas memori ASUS ZenBook Flip S (UX371)  lebih lega serta lebih kencang sehingga membuat laptop ini semakin cepat untuk penggunaan secara multitasking

Baterai

Baterai berkapasitas tinggi, tahan lama dan support easy charge 

 

Memiliki laptop baterai berkapasitas tinggi dan mampu bertahan lama tentu menjadi idaman setiap orang yang memiliki mobilitas tinggi di luar rumah. Setidaknya mampu bertahan 10- 13 jam ataupun saat digunakan selama perjalanan saja sudah itu sudah lebih dari cukup. 

DISPLAY ASUS ZENBOOK FLIP S (UX371)

Apalagi jika sudah dilengkapi dengan teknologi ASUS USB-C® Easy Charge, sehingga baterai lebih cepat terisi hingga 60% hanya dalam waktu 49 menit saja.

Pengggunaan pengisi daya bersertifikasi USB-C Power Delivery sangat memungkinkan kita bisa mengisi baterai dimana dan kapan saja hanya dengan menggunakan pengisi daya portabel.

Konektivitas Cepat & Lengkap 

Kemudahan terhubung dengan berbagai periferal berkinerja tinggi dengan Port dan Konektivitas Wifi super cepat

 

Untuk urusan konektivitas, laptop ASUS ZenBook Flip S (UX371) dilengkapi dengan dua port Thunderbolt 4 USB Type-C yang multiguna, Port HDMI, dan juga port USB 3.2 Gen 1 Type-A. Selain itu untuk konektivitas nirkabel laptop ini juga dilengkapi dengan teknologi ASUS Wifi Master yang mencakup ASUS WiFi Stabilizer dan ASUS WiFi SmartConnect.

DISPLAY ASUS ZENBOOK FLIP S (UX371)

Rangkaian konektivitas yang cepat, mudah dan lengkap  ini pasti akan sangat menunjang semua aktivitas online seperti upload, download dan bahkan transfer data hingga 40 Gbps. Apalagi dengan dilengkapi ASUS Wifi Master, pengguna bisa bekerja dan menjalankan hobi tanpa harus mengalami kendala hilang sinyal dan lain-lain.

AUDIO HARMAN KARDON

Audio terbaik Harman Kardon menghasilkan speaker stereo berkualitas tinggi dengan efek audio minim distorsi

 

Teknologi Audio Harman Kardon yang disematkan pada ASUS ZenBook Flip S (UX371) menjadikan laptop ini lebih wah dan keren. Apalagi nih ya teknologi harman kardon yang disematkan ini mampu menghasilkan speaker stereo berkualitas tinggi.

Begitupula dengan smart amplifier yang mampu memberikan volume maksimum dengan minim distrosi. Kebayang gak !  bagaimana jernihnya audio yang dihasilkan ?

Masih seputar Audio nih teman, perlu kalian ketahui kalau ASUS ZenBook Flip S (UX371) ini juga sudah dilengkapi dengan Teknologi ASUS AI Noise-Canceling.

Jadi teknologi ASUS AI Noise – Canceling ini mampu meredam kebisingan yang ada disekitar, sehingga saat melakukan konferensi video suara yang ditangkap akan lebih jernih dan bersih.

DISPLAY ASUS ZENBOOK FLIP S (UX371)

MyASUS

Aplikasi utilitas multifungsi yang secara default telah terinstall pada laptop ASUS ZenBook Flip S (UX371)

 

Gak hanya dari segi perangkat keras saja inovasi yang diberikan untuk ASUS ZenBook Flip S (UX371) ini, melainkan juga dari sisi software seperti contohnya adalah Aplikasi MyASUS yang sudah terinstall . 

Aplikasi MyASUS ini sendiri merupakan salah satu aplikasi yang dibuat untuk mengoptimalkan laptop ASUS dengan menggunakan smartphone.

Jadi dengan menggunakan fitur MyASUS pengguna bisa melakukan transfer file, membuka tautan, melakukan panggilan telepon, mengakses file, fungsi mirror dan juga fitur perluasan layar. Fitur-fitur tersebut bisa dilakukan  baik itu dari laptop ke smartphone ataupun sebaliknya.

DISPLAY ASUS ZENBOOK FLIP S (UX371)

Daya Tahan Teruji

Melalui serangkaian pengujian dengan standar Military – Grade Durability seperti Shock Test, Vibration Test, Low Temperature Test dan Altitude Test

 

Seperti pendahulu-pendahulunya ASUS ZenBook Flip S (UX371) ini juga sudah lulus berbagai tahap pengujian sesuai dengan standar Military Grade Durability seperti pengujian terhadap ketinggian, suhu dan kelembapan, guncangan dan bantingan.

Jadi untuk aku yang orangnya grasa-grusu, punya anak kecil dan juga punya mobilitas yang banyak di luar rumah. Aku rasa Laptop ini cocok banget karena sudah teruji tahan banting.

Fitur Unggulan Untuk Pengalaman Terbaik

Berbagai fitur terbaik yang memberikan pengalaman yang memuaskan pengguna 

Penggunaan LED Backlit pada NumberPad  bukan kali pertamanya digunakan ASUS untuk produknya. Namun pada ZenBook Flip S (UZ371) ini, LED backlit terintegrasi dengan touchpad, sehingga saat NumberPad diaktifkan panel sentuh dapat digunakan sebagai kontrol kursor.

Ada berbagai fitur terbaik yang disematkan pada ASUS ZenBook seri terbaru ini seperti Edge-to-edge keyboard, berbagai fungsi tombol dan keanggihan kamera Infra red yang bisa digunakan sebagai pengenal wajah. Jadi pengguna bisa masuk dengan cepat dan aman dengan fitur pengenalan wajah.

Pen Stylus dan Windows Ink

Berbagai fitur terbaik yang memberikan pengalaman yang memuaskan pengguna 

Nah, setelah menjelaskan tentang desain, tampilan dan performa di atas, aku rasa teman-teman akan mengerti kenapa aku menjatuhkan pilihanku kepada ASUS ZenBook Flip S (UX371).

Tapi ada hal yang paling bikin aku ngebet kepingin punya laptop ini, alasannya seperti yang sempat aku singgung di awal karena ZenBook seri ini dilengkapi dengan ASUS Pen, sebuah pen stylus  aktif berbahan alumunium tipis dan elegan dengan 4096 pressure level serta desain yang ergonomis.

Selain itu fitur Windows Ink bisa membant untuk membuat snap serta menangkap ide, mengambil dan mengedit tangkapan layar, lalu membagikannya hanya dengan satu klik saja.

Menggunakan Pen stylus ini aku merasa bisa menjadi lebih dekat dengan cita-cita ku untuk menuntaskan resolusi onlineku tahun ini. Dengan berbagai kecanggihan yang ada pada ASUS ZenBook Flip S (UX371) aku bisa belajar lebih dalam tentang desain grafis dan menyalurkan hobi gambar yang telah lama terhenti.

DISPLAY ASUS ZENBOOK FLIP S (UX371)
Stay at home

Untuk detail spesifikasi secara keseluruhan teman-teman bisa langsung melihat tabel di bawah ini ya. Beberapa spesifikasinya pun sudah sempat aku jelaskan juga secara detail pada pembahasan sebelumnya.

CPU Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)
Operating System Windows 10 Home with Office Home & Student 2019 pre-installed
Memory 16GB LPDDR4X
Storage 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Display 13.3″ (16:9) OLED 4K UHD (3840 x 2160), 400 nits, 100% DCI-P3, 133% sRGB, NanoEdge Display, Touchscreen, PANTONE® Validated display, TÜV Rheinland eye-care certified display
Graphics Intel® Iris® Xᵉ Graphics
Input/Output 1x HDMI 1.4, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 USB Type-C supports display and power delivery
Camera HD camera with IR function to support Windows Hello
Connectivity Intel Wi-Fi 6(Gig+)(802.11ax)+Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
Audio SonicMaster, Smart Amp Technology, Built-in array microphone, harman/kardon certified
Battery 67WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 30.50 x 21.10 x 1.19 ~ 1.39 cm
Weight 1.20 kg
Colors Jade Black
Price Rp24.999.000
Warranty 2 tahun garansi global

Gimana ? Pasti teman-teman yang sudah membaca tentang spesifikasi ASUS ZenBook Flip S (UX371) di atas, bisa memahami alasanku menginginkan laptop seharga 25 juta ini sebagai alat perangku untuk mewujudkan resolusi online tahun 2021.

Fitur-fitur keren dengan performa yang luar biasa pasti akan sangat membantu untuk lebih kreatif, produktif dan fleksible dimana saja serta kapan saja.

Sumber Referensi :

1. Website Official ASUS Indonesia
2. Website Official Intel
3. Website Official Microsoft

Sumber Gambar :

1. Website Official ASUS Indonesia
2. Facebook Deddy Huang
3. Infografis by momsodell

error: Content is protected !!
Share This