Hai Teman-teman, apa kabar?

Gak kerasa ya sekarang kita sudah memasuki bulan Februari di tahun 2021 ini. Saya harap teman-teman semua selalu dalam keadaan sehat ya. Setelah kemarin-kemarin sempat absen ngisi blog, hari ini saya ingin mencoba kembali mengisi secara rutin blog ini, yaa sesuai dengan resolusi saya di tahun 2021 ini.

Tulisan pertama tahun 2021 ini, saya ingin mengulas hal yang berkaitan dengan parenting yaitu tentang Cara aman upload foto anak di media sosial.

Sampai saat ini masih banyak para orang tua yang memposting foto anaknya di media sosial, dengan alasan ingin mengabadikan momen-momen si kecil. Tapi tau kah teman-teman jika kita tidak bijak dalam mengupload foto anak, maka akan berdampak buruk pada si kecil entah itu anak menjadi korban bullying ataupun menjadi incaran para predator anak.

Oleh karena itu sebagi orang tua kita harus mengetahui cara aman mengupload foto anak agar tidak disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Lalu cara seperti apa yang bisa kita gunakan, simak penjelasannya berikut ini !

Pilih Foto Yang Pantas

Banyak orang tua yang sangat ingin mengabadikan dan membagikan setiap momen bahagia bersama si kecil apalagi jika si kecil sedang sangat lucu-lucunya. Hindari mengupload foto anak tanpa mengenakan pakaian, karena banyak sekali predator anak yang akan mencuri dan memanfaatkan foto anak untuk melakukan kejahatan.

Jangan Mengumbar Identitas Lengkap Anak

Cara aman yang kedua adalah, jangan pernah mengumbar identitas anak secara detail di media sosial, misalnya seperti nama lengkap, nama panggilan, alamat sekolah, kelas ataupun identitas penting lainnya.

Atur Privasi

Ada cara yang menurut saya ini sangat efektif agar kita tidak merasa was-was saat mengunggah foto anak ke medsos yaitu atur agar postingan / foto anak hanya bisa dilihat oleh orang-orang terpercaya saja. Misalnya keluarga dan teman-teman dekat.

Jangan Gunakan Penanda lokasi

Hindari penggunaan Geo tag pada smartphone anda, karena ini akan dimanfaatkan oleh para penculik anak. FYI ! Geotag adalah fitur yang memberi informasi lengkap setiap foto yang Anda ambil.

Beri Watermark

Usahakan sebelum mengupload foto anak, beri watermark terlebih dahulu pada foto tersebut. Agar foto tersebut tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

Hindari Mengupload Wajah Anak Secara Jelas

Cara ke enam yang bisa teman-teman lakukan adalah, ambil angle foto yang tidak memperlihatkan wajah anak secara jelas. Misalnya anda bisa mengambil fotonya saat dia menghadap kesamping, belakang dan lain-lain

Nah itulah teman-teman beberapa cara aman yang sering saya gunakan sebelum mengunggah foto anak saya ke media sosial. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung ya.

Cara aman upload foto anak

error: Content is protected !!
Share This