[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Beberapa hari yang lalu ada teman saya yang bertanya, kok sekarang Hana ngomongnya udah lancar ya trus kok mengerti semua yang diperintahkan dan yang dibicarakan, karena menurutnya anaknya yang seumuran Hana belum lancar berbicara dan masih suka bingung jika diminta ini itu Teman saya sampai bertanya bagaimana Cara Mengajari Anak Berbicara ala saya.

Hana merupakan putri kedua saya yang awal maret lalu baru saja genap berusia 2 tahun, perkembangan Hana memang terbilang cepat sejak umur 11 bulan Hana sudah lancar berjalan dan mulai lancar berbicara sejak berumur 16 Bulan. Menurut saya Hana memang lebih tanggap dari anak seumurannya, Hana bisa  mengerti ketika saya membutuhkan sesuatu tanpa harus diminta pasti dia akan mengambilkan malah sampe berantem sama kakaknya gara-gara ini. Hal ini mungkin karena saya sejak mereka bayi selalu mengajak mereka untuk berkomunikasi, walaupun mereka belum menanggapi dan memahami.

Hal ini saya lakukan untuk menanamkan ke dalam ingatan anak kata-kata sederhana sehingga ketika mereka sudah mampu berbicara mereka sudah mengingat beberapa kata, seiring bertambahnya usia, maka perkembangan bahasa anak juga akan bertambah. Setelah mereka sudah bisa fokus dan menatap mata ketika berbicara dengan saya, mulai saat itu saya menjelaskan setiap detailnya misalnya seperti ayo nak pakai baju dulu, ayo ambil bolanya, ayo makan pakai tangan kanan, bersalaman ketika bertemu orang yang lebih tua, teman sebaya dan lain-lain, jadi walapun dia belum mengerti saya berusaha mengenalkan semuanya secara perlahan.

Sehingga ketika dia sudah bisa berjalan dan berbicara, Hana sudah mengenal hampir semua barang. Ketika berbelanja pun begitu saya mengenalkan dan mengajarkan mereka untuk mengambil barang yang memang mereka butuhkan dan mereka inginkan. Selain menstimulasi langsung melalui tindakan saya juga biasanya merangsang dan memfasilitasi rasa ingin tahu mereka melalui buku cerita dan gambar-gambar, membaca buku aktivitas Bersama-sama dan menanyakan pendapat mereka tentang buku tersebut.

[/et_pb_text]

Saya perlu memberikan stimulasi tepat sesuai usia si kecil untuk dukung si kecil tumbuh hebat. Stimulasi yang saya berikan dapat diarahkan untuk mendukung anak menjadi cepat tanggap, memiliki rasa peduli dan tanggap bersosialisasi.

Menstimulasi perkembangan sosial anak sangat perlu dilakukan oleh orang tua agar anak dapat berbaur dengan teman-teman, saudara dan lingkungannya. Anak Cerdas saja tidak cukup jika tidak didukung dengan kehidupan sosialnya, maka kehidupannya setelah dewasa nanti akan menjadi bermasalah dan tidak seimbang.

[/et_pb_column][/et_pb_row]

Saya juga selalu mengajarkan mereka bagaimana Cara Mengendalikan Emosi, Cara Mengontrol Emosi untuk itu saya berusaha menjadi Role Model untuk mereka, karena ini cara yang paling efektif untuk anak-anak seusia mereka yang sedang senang senangnya meniru.

Mereka juga sebisa mungkin saya minta untuk mengimplementasikan apa yang mereka telah baca, misalnya seperti buku aktivitas merapikan mainan. Jadi saya meminta mereka untuk merapikan mainan setelah mereka bermain dan alhamdulillah walaupun tidak semua mainannya tersimpan Hana sudah mau dan berinisiatif untuk membersihkan mainan.

Hal terpenting bagi saya selain kecerdasaan bagi Hana adalah Tanggap yang lengkap, lengkap dalam artian selain cerdas Hana harus memiliki rasa peduli dan tanggap dalam bersosialisasi. Untuk merangsang hal ini saya selalu menanamkan rasa sayang dan berbagi kepada kakaknya terlebih dulu baru mengenalkannya kepada orang lain dan teman sebayanya. Untungnya Hana ini orangnya tidak seperti kakaknya yang sangat pemalu, Hana cenderung agresif ketika bertemu teman baru, dia bersalaman dan berkenalan lalu mau membagi jika ia sedang memegang makanan atau mainan. Perbedaan karakter kedua putri saya ini membuat saya harus ekstra keras dalam menyelaraskan mereka agar mereka bisa selalu saling menyayangi dan menjaga satu sama lain.

[/et_pb_section]

Menurut saya selain peran orang tua yang menstimulus anak agar memiliki Tanggap yang lengkap, dukungan nutrisi juga sangat diperlukan, untuk mendukung nutrisi bagi otaknya salah satunya yang aku lakukan adalah dengan memberikan asupan nutrisi untuk anak seperti susu pertumbuhan yang juga penting untuk otaknya yaitu Bebelac Baru.

Bebelac Baru merupakan susu dengan formula yang telah ditingkatkan untuk mendukung perkembangan otak anak di masa emasnya dengan Formula Minyak Ikan dan Omega 6 yang ditingkatkan, karena  Omega 3 dan 6 penting sebagai nutrisi otak anak.

Nah untuk informasi lebih lengkapnya yuk mampir aja website official bebeclub, di sana bunda bisa mendapatkan berbagai informasi dan tips untuk Mendukung Si Kecil Tumbuh Jadi Anak Hebat dengan Tanggap yang Lengkap.

             With Love,

Custom Post Signature

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

59 total views, 1 views today

Share This