Setelah sebelumnya saya membuat tulisan tentang trik pemasaran online yang efektif untuk UKM, hari ini saya ingin sekali mengupas lebih lanjut tentang cara pemasaran online dengan menggunakan jasa blogger.

Jika kalian sudah membaca tulisan saya yang sebelumnya pasti akan kalian temukan bahwa ada beberapa metode pemasaran online disana seperti misalnya pemasaran melalui media sosial, melalui website dan blogger.

Nah berhubung saya sendiri pun menekuni bidang perbloggeran, jadi saya ingin mengulik sedikit trik pemasaran online melalui blog. Seperti apa caranya, Simak ulasannya berikut ini .

Cara Pemasaran Online Menggunakan BlogΒ 

Salah satu cara pemasaran yang sudah banyak digunakan untuk membantu dalam mengenalkan dan bahkan memasarkan sebuah produk adalah pemasaran melalui blog. Strategi pemasaran kontent melalui blog ini biasa dikenal juga dengan istilah blog marketing.

Pemasaran melalui blog ini bisa dilakukan oleh pemilik usaha yang memiliki website dan memiliki fitur di blognya atau pun juga menggunakan jasa blogger untuk membuat tulisan di blog pribadi atau blogger yang menjadi penulis tamu di website si pemilik produk. Ada 3 cara yang biasanya sering digunakan untuk memasarkan sebuah produk seperti :

Cara Pemasaran Online Dengan Melakukan Review Produk

Review positif tentang sebuah produk akan sangat berpengaruh dengan penjualan, karena biasanya para pembeli akan mencari informasi terlebih dahulu sebelum membeli produk. Kemudian akan membandingkan dengan produk sejenis milik kompetitor. Nah melalui blog inilah, para blogger akan menjelaskan secara detail dari sudut pandang mereka tentang produk yang anda jual sehingga bisa meyakinkan calon konsumen.

Content Placement

Cara ini sebenarnya hampir sama dengan cara pertama, namun bedanya adalah adanya beberapa url link disematkan yang menuju websiteΒ  utama pemilik produk. Selain itu artikel content placement disiapkan oleh tim marketing pemilik produk, sehingga pemilik blog tinggal memposting artikel tersebut di blog mereka, namun ada juga yang memang artikelnya ditulis oleh pemilik blog itu sendiri. Perbedaan

Pasang Banner Produk

Pasang banner iklan pada sebuah blog sebenarnya hampir sama dengan google ads. Namun bedanya banner pada sebuah blog prinadi akan lebih mudah terlihat dan terbaca oleh pengunjung blog.

cara pemasaran online

Bagaimana Caranya Mengajak Blogger Untuk Bekerja Sama

Lalu bagaimana caranya jika pemilik UKM ingin menggunakan blogger untuk membantu mereka dalam memasarkan produk.

Cari Komunitas Blogger Terdekat

Untuk produk-produk UKM yang memiliki target pemasaran hanya untuk penduduk lokal, teman-teman bisa mencari blogger-blogger yang ada di daerah. Biasanya blogger-blogger ini tergabung dalam satu komunitas, sehingga akan lebih mudah bagi anda untuk mencari blogger untuk diajak kerja sama. Begitu pula caranya jika anda memerlukan pemasaran hingga ke luar daerah, anda bisa mencarinya melalui media sosial dan google search engine .

Tentukan Kriteria Blog Yang Ingin Diajak Kerja Sama

Setelah menemukan blogger, langkah selanjutnya adalah memilih blog yang sesuai dengan kebutuhan pemasaran dan memiliki visitor yang sama dengan target pasar anda. Selain itu biasanya blog-blog yang dipilih memiliki kriteria tertentu misalnya blog yang sudah berusia lama, blog yang penulisnya aktif mengupdate konten dan memiliki traffic tinggi. Hal ini bertujuan agar blog tersebut bisa menjadi media promosi yang lebih efektif.

Ajukan Email Kerja Sama Kepada Pemilik Blog

Jika proses selesi telah selesai dan jumlah blogger yang ingin anda ajak kerja sama juga telah terpenuhi, langkah selanjutnya adalah mengirimkan email kerja sama. Email kerja sama ini bisa berisi mulai perkenalan, menjelaskan bisnis yang sedang anda kerjakan, dan cara pemasaran online seperti apa yang ingin dilakukan. Jelaskan secara singkat apa saja keuntungan yang akan diperoleh dan tugas yang harus dilakukan oleh blogger tersebut. Jika bersedia maka blogger itu akan menghubungi kembali melalui email.

Kesalahan-Kesalahan Pemasaran Online Yang Harus Dihindari

Lalu apakah semua metode itu akan berhasil jika dilakukan? Jika pemilik usaha benar-benar memahami dan memiliki strategi marketing online yang tepat, maka persentase cara tersebut bisa berhasil juga cukup tinggi, namun jika tidak maka kesalahan-kesalahan saat pemasaran online bisa saja terjadi. Nah kesalahan apa saja yang harus dihindari saat menjajakan produk melalui internet.

Pemasaran Online Tanpa Menyusun Strategi Yang Tepat

Hal terpenting sebelum memutuskan untuk menggunakan teknik pemasaran via internet, ada baiknya kalian menyusun strategi pemasaran seperti apa yang ingin kalian gunakan. Jika kalian memulai marketing online tanpa adanya strategi maka hasilnya akan tidak terarah dan tidak terukur.

Tidak Serius Dalam Membuat Content Promosi

Kekuatan promosi secara online terletak pada konten yang kalian upload ke Media Sosial. Konten tersebut dapat berupa foto produk, video ataupun flayer promosi , jika Konten tidak menarik dan terkesan asal-asalan tentu tidak akan baik untuk penjualan.

Tidak Mau Mengeluarkan Dana Untuk Promo Iklan

Jika konten yang dibuat sudah menarik, namun masih sepi yang mengunjungi tentu ada yang salah dalam hal ini. Mungkin salah satu kurangnya followers dan kurangnya promosi. Hal ini sebenarnya bisa diakali dengan menggunakan jasa iklan yang ada pada setiap media sosial, contohnya seperti Facebook ads, twitter ads.

Mengabaikan Kompetitor

Dalam suatu usaha, persaingan bisnis itu sudah biasa. Namun tidak ada salahnya jika kalian tetap mengamati pesaing bisnis. Dari mengamati tersebut kalian akan mengetahui dan mempelajari bahkan menerapkan strategi bisnis yang mereka lakukan.

Itulah 5 Kesalahan umum yang sering terjadi dan harus dihindari oleh para pemilik usaha toko online. Agar cara pemasaran online bisa menghasilkan penjualan sesuai yang diharapkan ada baiknya kesalahan-kesalahan itu diperbaiki dan dihindari. Semoga tulisan di atas bisa bermanfaat untuk teman-teman dan terima kasih sudah berkunjung.

With Love,

error: Content is protected !!
Share This