Cara Pemasaran Online Ini Harus Diterapkan Agar Produk UKM Laku

Cara pemasaran online yang kreatif sangat diperlukan di era digital seperti saat ini, agar usaha para pelaku UKM dapat bersaing di pasaran. Banyak cara yang bisa dilakukan, apa saja itu ? Simak Pembahasan berikut !

Era Digital, UKM Harus Memiliki Cara Pemasaran Online Yang Lebih Kreatif

Di era digital yang semua sudah serba online seperti saat ini, para pemilik usaha kelas menengah (UKM) dituntut untuk lebih kreatif dan melek akan teknologi pemasaran melalui internet, sehingga mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan yang sudah menerapkan promosi secara online untuk menjual produk mereka.

[lwptoc]

Bagaimana Cara Marketing Online Yang Tepat Untuk UKM

Secara sederhana pemasaran online bisa diartikan sebagai strategi pemasaran produk baik itu barang ataupun jasa melalui dunia maya atau Internet. Melalui jaringan internet inilah penjual dan pembeli terhubung dan melakukan transaksi secara elektronik.

Sebenarnya banyak sekali metode pemasaran melalui internet yang bisa dilakukan oleh pelaku UKM, namun kali ini saya hanya akan membahas 3 cara pemasaran online yang paling sering diterapkan. Apa saja trik pemasaran itu, simak terus ya !

Cara Pemasaran Online Terbaik Untuk UKM

MEMBUAT TOKO ONLINE

Agar dapat mendukung strategi pemasaran melalui internet, pemilik usaha setidaknya harus memiliki sebuah toko online / website. Jika masih terkendala di dana, teman-teman bisa membuat toko online di beberapa marketplace yang sudah terpercaya. Di Indonesia sendiri marketplace juga sudah semakin banyak dan berkembang. Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan jika ingin membuat sebuah website untuk toko online seperti misalnya :

🔒 Website Harus Teroptimasi SEO

Hal terpenting dari sebuah website online shop adalah website harus sudah teroptimasi SEO yang tepat. Hal ini bertujuan agar website lebih berkualitas sehingga akan masuk ke halaman pertama mesin pencari. Ibarat kalo di dunia nyata nih google itu seperti jalan menuju ke toko kita.

Jika toko online kita berada di halaman pertama google tentu akan banyak sekali pengunjung yang akan datang. Dari setiap pengunjung itulah nanti akan muncul calon-calon pelanggan potensial untuk membeli produk yang kita tawarkan. Sampai di sini bisa paham ya ? 

Jika kalian merasa kurang memiliki keahlian dalam hal ini, teman-teman bisa menggunakan jasa yang memang ahlinya dalam bidang SEO.

🔒 Tampilan Website Menarik & Responsive

Agar dapat bersaing di era digital saat ini, para UKM harus memiliki toko virtual atau toko online. Caranya adalah dengan membuat sebuah website yang bisa menjadi wadah untuk transaksi online antara anda pelaku UKM (pemilik produk) dengan pembeli.

🔒 Mudah Digunakan & Aman

Website online shop ada baiknya mudah digunakan dan juga responsive. Usahakan semua produk terkategori dengan baik, cara memesan, metode pembayaran dan juga cara pengiriman juga harus jelas dan dipermudah. Jangan lupa untuk menggunakan newsletter, karena melalui newsletter ini akan membantu anda dalam mengevaluasi produk anda.

CARA PROMOSI ONLINE MELALUI  MEDIA SOSIAL

Bukan hanya marketplace / e-commerce yang ikut berkembang saat ini. Dengan berbagai kemudahan dalam mengakses internet dan menjamurnya smartphone membuat media sosial pun semakin banyak digunakan. Hal ini dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan besar melakukan branding dan promosi melalui media sosial seperti misalnya dengan cara menjajakan barang secara online melalui Facebook, Twitter, ataupun Instagram. Ada beberapa hal yang perlu teman-teman perhatikan saat ingin melakukan teknik marketing melalui media sosial.

🔓 Gunakan Foto & Caption Yang Menarik  

Jika ingin melakukan promosi melalui media sosial, hal terpenting yang harus kalian perhatikan adalah kualitas Foto yang kalian upload ke media sosial. Content dan gaya pemasaran online yang menarik dan bagus tentu akan menarik perhatian calon pembeli. Jangan lupa dilengkapi dengan caption yang menarik sehingga followers akan tertarik untuk melihat website bisnis kalian.

🔓 Gunakan Strategi & Konsisten

Hal kedua yang terpenting adalah gunakan strategi dan konsisten. Agar trik pemasaran online bisa tepat sasaran, kalian perlu memasang strategi kapan waktu yang tepat untuk mengupload foto produk tersebut ke media sosial. Selain itu kalian juga bisa memanfaatkan promosi iklan yang ada disetiap media sosial, agar sesuai target. Jangan lupa lakukan hal ini secara terjadwal dan juga konsisten.

🔓Perbanyak Jumlah Followers

Saat membuat strategi, kalian juga harus membuat strategi untuk memperbanyak followers. Caranya bisa dengan membuat giveaway ataupun membuat Content yang menarik.

Cara Pemasaran Online untuk Usaha Kelas Menengah

MENGGUNAKAN JASA PIHAK KE TIGA

Agar strategi marketing online lebih efektif tidak ada salahnya menggunakan jasa pihak ketiga. Seperti misalnya penyedia jasa paid promote, selebgram ataupun blogger. Hal ini bertujuan agar produk atau layanan yang kalian miliki akan semakin dikenal, membangun rasa percaya calon pembeli sehingga akan meningkatkan jumlah penjualan.

🔓 Menggunakan Jasa Marketing Digital 

Belakangan ini sudah mulai tampak berkembang marketplace-marketplace yang juga menyediakan jasa pemasaran secara online. Talent yang berada dibawah naungan merekaninilah yang nantinya akan mempromosikan produk ataupun layanan milik teman-teman.

🔓 Menggunakan Jasa Selebgram

Selebgram merupakan penggabungan dari kata selebriti dan instagram. Jika seseorang yang terkenal di media instagram dan memiliki banyak followers (pengikut), mereka akan dikenal dengan sebutan selebgram. Di Indonesia sendiri gaya promosi online melalui instagram sudah banyak dilakukan. Dengan menggunakan jasa selebgram dalam mempromosikan produk teman-teman di media sosial mereka, secara otomatis akan mempengaruhi para followersnya untuk mencoba menggunakan produk tersebut.

🔓 Menggunakan Jasa Blogger

Seperti halnya Selebgram, blogger ini juga sangat cocok untuk membantu teman-teman dalam mempromosikan usaha kalian, karena blogger-blogger ini akan mengulas produk teman-teman diblog yang mereka miliki. Biasanya bentuk promosi online yang dilakukan oleh blogger lebih soft selling karena mereka mengulas berdasarkan sudut pandangnya.

Lalu Apakah Manfaat Marketing Secara Online ?

Seperti saya singgung saat diawal-awal, jika saat ini strategi marketing online lebih banyak digunakan oleh para pelaku usaha karena selain biayanya lebih kecil jika dibandingkan dengan promosi secara offline. Ketika kalian memutuskan untuk menggunakan trik jualan online, manfaat lainnya juga akan kalian rasakan seperti misalnya :

🔓 Biaya Lebih Kecil & Lebih Fleksibel 

Alasan utama mengapa banyak pelaku usaha lebih memilih untuk menggunakan sistem marketing secara online daripada offline ya karena biayanya lebih minim.

Selain itu jika dibandingkan dengan cara offline, strategi memasarkan produk secara online ini tentu lebih fleksibel karena kamu bisa melakukannya di mana saja yang penting harus memiliki koneksi internet.

🔓 Target Pasar Yang Lebih Luas

Keuntungan lainnya jika menggunakan marketing digital adalah target pasar yang tepat sasaran dan lebih luas. Dengan menggunakan tools yang sudah tersedia di berbagai media sosial, kalian bisa menentukan calon konsumen yang memang membutuhkan produk tersebut.

🔓 Memudahkan Untuk Menjual Produk

Jika cara promosi secara offline akan memerlukan banyak biaya, waktu dan tenaga lain halnya jika menggunakan cara pemasaran online. Hanya bermodalkan koneksi internet dan memanfaatkan media sosial kalian bisa lebih mudah dalam menjual produk.

Nah teman-teman itulah beberapa cara pemasaran online beserta keuntungannya jika dilakukan dengan tepat. Semoga tulisan saya di atas dapat bermanfaat untuk teman-teman yang baru saja ingin membuka usaha toko online ataupun yang sudah memiliki usaha, agar lebih maksimal dalam memasarkan produknya secara online.

Terima Kasih Sudah Berkunjung 🙂

With Love,

error: Content is protected !!
Share This