5 Tips Untuk Merawat Gigi Susu Balita

5 Tips Untuk Merawat Gigi Susu Balita

5 Tips Untuk Merawat Gigi Susu Balita

Halo sobat momsie, gimana kabarnya hari ini ? Belakangan ini udah jarang banget curhat-curhat di Blog, dan mulai hari ini insya allah Blog ini akan kembali terisi. Oh iya hari ini aku mau curhat tentang parenting , khususnya Kesehatan gigi susu si kecil. Gigi susu memiliki peranan yang sangat penting untuk pertumbuhan gigi permanen, selain itu gigi susu pada bayi dan balita ini juga membantu mereka untuk mengunyah makanan dan membantu mereka agar dapat berbicara dengan baik.

Ketika gigi susu ini tumbuh pasti kita sebagai orang tua akan sangat senang ya begitu juga dengan aku. Seneng banget pas liat gigi pertamanya tumbuh.  Btw Momsie, ngajarin si kecil menggosok gigi sejak kapan? Kalo aku mengenalkan kedua buah hatiku dengan peralatan menggosok giginya sejak giginya baru mulai tumbuh, dan alhamdulillah mereka hingga sekarang terbiasa dengan menggosok giginya 2x sehari.

Mengajarkan dan membiasakan mereka untuk menggosok gigi sejak dini ternyata memang sangat ampuh untuk merawat kesehatan gigi susu mereka, dan ini memang terbukti. Naya yang saat ini berusia 5 tahun dan Hana berusia 2 tahun, alhamdulillah semua gigi mereka belum ada yang rusak baik itu keropos, berlubang ataupun ompong. Jika di bandingan dengan anak-anak seusia mereka.

Kenapa Gigi Anak Perlu Dirawat Sejak Dari Gigi Susu?

Banyak para orang tua yang biasanya tidak terlalu memperhatikan kesehatan gigi susu anaknya, karena mengaggap akan diganti dengan gigi permanen. Padahal cikal bakal agar gigi permanen dapat tumbuh dengan sehat dan baik adalah dari Gigi Susu yang sehat.

Gigi susu akan tumbuh dari umur 6 bulan hingga 12 bulan, hingga semua lengkap berjumlah 20 buah dan akan mulai copot saat mereka berusia 6 -7 tahun dan akan tanggal satu persatu dimulai dari gigi seri yang atas. Namun ini semua tidak sama pada setiap anaknya, tergantung dengan tumbuh kembang masing-masing anak. Seiring bertambahnya usia anak maka gigi akan terus tumbuh hingga jumlahnya lengkap menjadi 32 buah.

[lwptoc]
Gigi Susu Anak

5 Tips Merawat Gigi Susu Pada Balita

Gosok Gigi 2 kali sehari

Biasanya si kecil Menggosok gigi 2 kali sehari terutama sesudah makan dan sebelum tidur. Hal ini sudah saya lakukan sejak gigi pertama mereka tumbuh. Cara membersihkan gigi mereka saat itu menggunakan finger toothbrush dan belum menggunakan pasta gigi. Setelah berusia 1 tahun saya baru mengenalkan mereka dengan sikat dan pasta gigi.

Ngemil Boleh , Tapi Jangan Terlalu Berlebihan

Banyak yang nanya sih apa anak-anakku gak suka ngemil seperti makan cokelat, permen, ice cream dan lain-lain.

Anak-anakku suka banget sama yang namanya ngemil dan ini hampir setiap hari, namun dengan jumlah yang dibatasi. Tapi karena sejak bayi diajarkan untuk menggosok gigi sesudah makan dan sebelum tidur makanya gigi mereka gak keropos, tidak berlubang dan sehat.

Naya saat ini berusia 5 tahun dan gigi susu nya sudah lengkap berjumlah 20 buah, gusi bagian atas 10 dan gusi bagian bawah 10, dan belum ada yang copot. Mudah-mudahan copotnya nanti mulai dia berusia 6 tahun, saat rahang sudah siap untuk ditumbuhi gigi tetap.

Pilih Sikat dan Pasta Gigi Yang Aman dan disukai Anak-anak

Agar mereka tertarik untuk menggunakan sikat gigi, pilih sikat gigi yang memiliki gambar yang lucu dan jangan lupa pilih sikat gigi yang Extra Soft dengan ujung yang kecil agar tidak menyakiti gusi si kecil.

Untuk Pasta gigi, pilihlah pasta gigi yang kandungan flouride nya sesuai dengan kebutuhan gigi si kecil dan tentunya memiliki rasa yang disukai oleh anak-anak.

Sejak berusia satu tahun saya menggunakan Pepsodent Junior dengan 2 varian rasa yang disukai anak anak yaitu strawberry dan orange. Pepsodent Junior memiliki kandungan flouride yang sudah disesuai kan dengan kebutuhan si kecil. Penggunaannya juga tidak perlu banyak-banyak hanya sekuran biji beras dan tetep ya di bawah pengawasan orang tua.

Jangan lupa untuk menyimpan sikat gigi pada wadah yang tertutup, dan usahkan merendam bulu-bulu sikat gigi dengan air panas sebelum digunakan agar terbebas dari bakteri dan lebih aman digunakan.

Kunjungi Dokter Gigi

Ajak si kecil untuk memeriksakan giginya dengan mengunjungi dokter gigi secara rutin. Dengan mengenalkan dan mengajak mereka mengunjungi gigi diharapkan akan terbiasa hingga dewasa dan tidak takut untuk datang ke dokter gigi.

Pada saat gigi susu akan copot atau tanggal sebaiknya segera dibawa ke dokter gigi agar segera diperiksa dan diberi solusi.

Ada baiknya jangan asal mencabut gigi karena bisa berdampak buruk jika ada bagian gigi yang mengenai syaraf.

Beri Asupan Nutrisi dan Gizi Yang Baik

Beri makanan yang banyak mengandung tinggi kalsium dan flour seperti bayam, buah semangka, ikan teri yang memiliki tulang-tulang yang halus dan susu. Memberikan mereka makanan dan minuman yang kaya akan kalsium dan flour akan sangat baik untuk gigi, karena kalsium akan membuat gigi menjadi kuat sedangkan flour bisa membantu gigi untuk melawan kuman dan bakteri yang ada di dalam gigi.

Nah point-point di atas adalah tips-tips yang saya gunakan untuk merawat gigi susu kedua putri saya, kalo momies  gimana? yuk share tips momies untuk merawat gigi susu si kecil di kolom komentar ya, semoga tulisan di atas bisa bermanfaat untuk semua pembaca yang sudah mampir ke blog ini :).

Terima Kasih

TANGGAP LENGKAP UNTUK BUAH HATI ITU DI MULAI DARI OTAK

TANGGAP LENGKAP UNTUK BUAH HATI ITU DI MULAI DARI OTAK

TANGGAP LENGKAP UNTUK BUAH HATI ITU DI MULAI DARI OTAK

Wah rasanya udah lama banget nih gak menyapa dengan panggilan sayang untuk pembaca blog Mom’s Odell

Gimana nih kabarnya semua, semoga kalian dalam keadaan baik dan sehat ya.
Hmm untuk hari ini aku mau sharing lagi nih di blog ini masih seputar Parenting Anak sih heheheh, ya maklumin ya namanya emak-emak, kalo certain tentang anak pasti paling semangat apalagi kalo sudah menyangkut masalah Tumbuh Kembang Anak.

Ada gak di sini, bunda-bunda yang selalu mengukur tinggi dan berat badan atau memantau tahap perkembangan anak setiap bulannya? Kalau ada berarti bunda sama seperti saya😇. Bagi saya memantau perkembangan  dan pertumbuhan anak sangatlah penting dan wajib, karena dengan memantau tumbuh kembang mereka saya bisa mengetahui apakah tumbuh kembang mereka sudah sesuai dengan umurnya apa tidak.

Seperti halnya Hana yang saat ini berusia 2 tahun, saya tentu harus mengetahui apakah pertumbuhan fisik Hana sudah sesuai dengan Tahap Pertumbuhan Anak Usia 2 Tahun, karena pertumbuhan setiap anak pasti berbeda-beda.

Begitu juga dengan Perkembangannya, Tahap perkembangan anak 2 tahun akan berbeda dengan tahap perkembangan anak 3 tahun.

Jika pertumbuhan anak dapat terlihat melalui perubahan bentuk tubuh misalnya badan yang bertambah tinggi, berat badan bertambah, sedangkan perkembangan anak dapat dilihat dari perkembangan secara psikososial, perkembangan kognitif anak, perkembangan motorik anak.

Sebagai seorang ibu saya setidaknya harus mengetahui semua tahapan demi tahapan pertumbuhan dan perkembangan si anak agar saya mampu menilai dan mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan tumbuh kembang mereka sedini mungkin.

Banyak faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak salah satunya adalah Nutrisi. Jika nutrisinya tidak terpenuhi dengan baik maka pertumbuhan dan perkembangannya akan terganggu. Nutrisi yang baik itu tidak hanya nutrisi untuk tubuhnya saja melainkan nutrisi otak juga karena akan berhubungan dengan kecerdasan anak. Oleh karena itu bunda juga harus memperhatikan Nutrisi Penting Untuk Otak Juga ya, karena untuk menjadikan anak hebat cerdas dengan Tanggap Lengkap untuk Buah Hati itu Di Mulai Dari Otak.

[lwptoc]

Menurutku hal ini adalah sesuatu yang harus diketahui oleh orang tua agar orang tua dapat membantu memberikan stimulasi kepada anak agar buah hati mampu mengembangkan kepribadiannya sebagai pribadi yang tidak hanya cerdas melainkan menjadi pribadi yang memiliki rasa peduli dan tanggap dalam bersosialisasi.

Dan tahu gak bunda, jika anak dapat tumbuh dengan tanggap yang lengkap itu dimulai dari otaknya lho! Pasti masih bingung ya kenapa bermula dari OTAK, gak usah bingung bunda karena semua ini hanya berkaitan dengan nutrisi yang tepat untuk perkembangan otak si kecil. Agar anak mampu memiliki kecerdasan intelektual yang disertai juga dengan kecerdasaan emosional dan kecerdasaan social orang tua harus memberikan nutrisi yang tepat untuk perkembangan otaknya.

Kalo udah berkaitan dengan nutrisi ini pasti berhubungan dengan apa yang dikonsumsi oleh buah hati. Sebagai orang tua tentu kita harus memberikan asupan nutrisi yang terbaik untuk perkembangan otak si kecil. Nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak yaitu :

nutrisi

KARBOHIDRAT

Karbohidrat merupakan Sumber energi yang diperlukan untuk proses metabolism otak dan proses pembentukan saraf otak. Bisa Ibu dapatkan dari beras, terigu, jagung, kentang, ubi, dan oat.

PROTEIN

Protein disusun oleh asam amino. Beberapa yang dibutuhkan oleh otak adalah tirosin dan triptotan yang berfungsi sebagai pembentuk neurotransmitter. Bisa diperoleh dari telur, kacang-kacangan dan susu yang telah difortifikasi. Selain itu ada pula kolin yang berfungsi untuk membantu kerja normal otak.

LEMAK

Nah Odelers asam lemak omega 3 (asam linoleat, EPA dan DHA) dan asam lemak omega 6 (asam linoleat dan AA) yang merupakan asam lemak esensial yang dibutuhkan dalam pembentukan membran sel saraf otak. Bisa didapatkan dari lemak ikan laut, lemak biji-bijian seperti kacang tanah, kenari, kedelai, wijen dan biji bunga matahari Loh

VITAMIN

Ada beberapa vitamin yang berfungsi untuk membantu otak yaitu

  1. Vitamin B1 untuk pertumbuhan organ dan system syaraf pusat pada bayi. Terdapat pada roti, sereal, wheat dan pasta.
  2. Vitamin B5 untuk membantu mengantar rangsangan syaraf. BIsa didapat dari daging, unggas, ikan, sereal, biji-bijan, susu dan telur.
  3. Vitamin B6 untuk membantu perkembangan otak dan sistem saraf bayi. Bisa didapat dari daging ayam, hati, pisang, semangka, kacang panjang.
  4. Vitamin B12 untuk membantu pengembangan sistem saraf. Sumbernya yaitu daging merah, ayam, ikan, kerang telur, dan makanan yang mengandung susu.
  5. Asam folat untuk membantu pembuatan zat-zat di dalam otak yang penting untuk menyimpan data dalam daya ingat. Bisa didapatkan dari bayam, brokoli, pok coy, asparagus, kol, daging, gandum, telur, susu dan keju.

MINERAL

  1. Kalsium: membantu perkembangan tulang, fungsi otak dan jantung. Bisa ditemukan pada bayam, brokoli, kacang-kacangan, kentang manis, dan produk susu.
  2. Fe: mencegah gangguan kecerdasan. Bisa didapat dari daging hati, jatung sapi, daging ayam, ikan, kuning telur, kacang-kacangan serealia dll
  3. Zink: penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, fungsi sensori dan stabilisasi membran otak. Bisa diperoleh dari buncis, daging, kacang, padi-padian, tiram dan prosuk susu.
  4. Iodium : berperan dalam perkembangan mental serta kecerdasan. Diperoleh dari sayuran, daging dan ikan.

Nah ketika si anak tumbuh semakin besar maka ibu perlu memperhatikan nutrisi yang diperlukan otak si kecil, karena semakin bertambah besar kebutuhan nutrisi si anak semakin banyak dan salah satu caranya yang aku lakukan adalah dengan memberikan asupan nutrisi untuk anak seperti susu pertumbuhan yang juga penting untuk otaknya.

Susu yang aku berikan untuk kedua putriku adalah Bebelac Baru yang formulanya telah disempurnakan yaitu mengandung

  1. Minyak Ikan dan Omega 6 yang ditingkatkan
  2. FOS :GOS 1 : 9
  3. 13 Vitamin dan 9 Mineral

Enaknya sekarang Bebelac Baru sudah ada dalam bentuk kemasan siap minum dan bias dibawa ke mana aja, gak perlu repot-repot harus menyeduh susu jika berpergian. Kedua putrid saya juga sangat menyukai Bebelac dalam bentuk baru ini, tanpa perlu dibuatkan jika siang hari pasti mereka ambil sendiri dari Kulkas, Kecuali saat bangun tidur baru saya bikini susu bebelac hangat.

With Love,

Custom Post Signature

ANAK HEBAT KU HARUS TANGGAP YANG LENGKAP

ANAK HEBAT KU HARUS TANGGAP YANG LENGKAP

ANAK HEBAT KU HARUS TANGGAP YANG LENGKAP

Umi, susu Bebelac nya kok beda? Punya kakak dan adek kalengnya beda, dirumah ga gini mi kalengnya. Celetuk Naya sambal nunjuk-nunjuk kearah keranjang.

Umi Sayang salah kali pilih susunya , Nanya ke arahku Sambil memasang muka penasaran.

Beberapa hari lalu mereka saya ajak berbelanja kebutuhan sehari-hari termasuk membeli susu mereka yang sudah hampir habis. Mungkin karena melihat kemasan kaleng Bebelac yang berbeda dari yang sebelumnya, Naya langsung protes dan berusaha mengingatkan saya takutnya salah beli.

Speechless banget sebenernya pas denger Naya protes sambil melontarkan kalimat-kalimat penegasan seperti itu, ga nyangka kalo nih anak ternyata ga hanya pinter aja namun cepat dan tanggap banget sampai tahu perubahan yang terjadi disekitarnya.

Sebagai seorang ibu aku pasti seneng banget dong liat anakku tumbuh cerdas, namun itu saja tidak akan cukup jika mereka tidak tumbuh dengan tanggap yang lengkap. Karena jika hanya pintar saja, namun tidak cepat dan tanggap pada hal-hal yang terjadi disekitar mereka maka akan menjadi hal yang kurang baik untuk kehidupan sosialisasi dan psikologis mereka.

Ketika anak cerdas memiliki rasa peduli dan tanggap dalam bersosialisasi, anak akan mampu peduli dan melihat masalah dari berbagai sisi, sehingga mereka mampu mengemukakan pendapatnya dan memberikan pilihan solusi yang baik untuk dirinya sendiri dan orang-orang disekitarnya.

Sebagai orang tua kita memiliki peran yang sangat besar dalam memberikan stimulus agar anak mampu mengembangkan kemampuannya menjadi pribadi tanggap yang lengkap. Pribadi yang mampu memiliki rasa peduli dan tanggap dalam bersosialisasi.

Terkadang sering sekali ditemukan anak-anak yang cerdas namun tidak pandai dalam bersosialisasi dengan teman sebayanya bahkan ada juga anak yang tertutup kepada orang tuanya. Anak tidak mampu mengekspresikan ataupun mengungkapkan perasaannya, nah disinilah peran orang tua untuk menyiapkan dirinya untuk menjadi wadah bagi anak-anaknya untuk mengembangkan dan menstimulus kepribadiannya menjadi anak cerdas, peduli dan tanggap bersosialisasi.

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk menstimulus agar ketiga aspek penting itu dapat berkembang dengan baik misalnya dengan

  1. Melibatkan anak dalam diskusi sehari-hari orang tua
  2. Melibatkan anak dalam mengambil keputusan untuk mereka, misalnya ketika memilihkan pakaian, pertimbangkan juga pendapat mereka.
  3. Memberikan contoh kepada mereka secara aksi, misalnya menyapa teman sebayanya ketika bertemu, menolong saudara ataupun mahluk hidup lainnya yang sedang kesusahan.
  4. Jangan pernah menolak bantuan yang mereka tawaran, misalnya ketika mereka memiliki inisiatif untuk membantu anda.

Tapi ada hal yang perlu diketahui loh, selain membantu menstimulasi , memberikan nutrisi otak yang lengkap dan seimbang juga sangat diperlukan, karena hal ini dapat menjadi faktor penentu bagi anak untuk perkembangan otaknya. Apalagi pada saat mereka berada pada usia keemasaan, kebutuhan otak akan nutrisi cukup besar.

Usia kedua putri saya saat ini sedang pada tahapan yang sangat penting untuk mereka, yaitu pada masa-masa golden age atau masa penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Pada masa ini pembentukan dan perkembangan system syaraf sedang terjadi, sehingga kualitas dan kuantitas pembentukan dan perkembangan system syaraf ini bisa menentukan kecerdasan anak.

Salah satu cara untuk melengkapi kebutuhan nutrisi mereka adalah dengan memberikan susu tambahan yang mengandung Omega 6 dan Minyak Ikan, seperti Bebelac. Sempet baca dari website official bebeclub, jika sudah ada Bebelac Baru, oleh karena itu saat berbelanja kebutuhan susu mereka, saya memilih Bebelac Baru ini.

Bebelac baru ini bukan hanya bukan hanya baru dalam segi packaging melainkan juga dari segi formula yang sudah disempurnakan dan PCC Innovation.

Kemasan Bebelac baru ini lebih premium dan lebih memperjelas keunggulan bebelac, pada kemasan terdapat ELINA dan sticker yang bisa membantu untuk menunjukan apa saja yang berubah pada kemasan Bebelac Baru, seperti Warna Brand Baru, Nama Logo dan Kegiatan Anak Hebat

Hal yang terpenting bagi saya ketika memilih susu untuk kedua putri saya adalah formula yang dikandung oleh susu tersebut, seperti kandungan minyak ikan dan Omega 6 yang dapat membantu si kecil menjadi anak hebat dengan tanggap yang Pada Bebelac yang sebelumnya juga sudah mengandung minyak ikan dan Omega 6, namun pada bebelac baru ini sudah disempurnakan dengan DHA dan Omega 6 yang ditingkatkan serta dilengkapi dengan FOS:GOS 1:9 yang dipatenkan dan 13 vitamin & 9 mineral. Selain itu Bebelac baru ini memiliki rasa yang lebih lezat sehingga disukai oleh anak-anak.

Hal lainnya yang baru dari Bebelac adalah Sendok Takar, bagi saya sendok takar ini sangat penting banget untuk menyajikan susu untuk si kecil, karena dengan adanya sendok takar saya bisa memberikan nutrisi yang tepat disetiap gelasnya. Jika pada sebelumnya memerlukan 6 sendok /saji maka pada Bebelac baru ini sendok takarnya menjadi 3 sendok/ saji karena pada bebelac baru ini sendok takarnya lebih besar dari bebelac yang sebelumnya.

Nah, untuk informasi lebih lanjut informasi tentang Tanggap Yang Lengkap, tunggu dipostingan saya berikutnya ya, jangan lupa untuk mengunjungi website official Bebeclub dan fanspage Bebeclub Indonesia untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang Tanggap Yang Lengkap.
Ketika Delvionna Sister’s Di Tanya Tentang Adik

Ketika Delvionna Sister’s Di Tanya Tentang Adik

Yaps yaps, duh emakkk Adis, maafkan daku yang telat lagi membuat tulisan collaboration kita #OCEHMAK. Bukan karena sengaja tapi bener-bener lagi sibuk banget akhir-akhir ini, mulai dari sibuk bareng temen-temen lain untuk pembentukan Genpi Bengkulu sampe harus otak-atik template blogspot dan theme WordPress punya client (cieee client, gaya bener gue).
Mak sebenernya tema kita kali ini bener-bener bukan dilema untuk Naya dan Hana aja tau ? Eikeee juga dilema makkk, ini bapake juga dan mulai merengek-rengek mau punya jagoan, alesannya biar dia punya temen katanya.
Ahk mak, kalo ditanyain ke mereka mau punya anak atau gak jawabannya macem-macem hahahah
Kalo di tanya ke Naya (anak Pertama) jawabannya gak mau lagi kalo perempuan , kalo laki-laki mau katanya. 
Nanya lagi ke Hana (anak ke-2) dedek mau punya adek bayi lagi gak ?? jawabannya Gak Mau, maunya boneka aja (alesan biar dia tetep jadi anak bungsu)
Kalo ditanya ke aku pribadinya sih mau punya anak lagi atau gak, jawabanku YES mau lagi asal anak laki-laki tapi ini kalo diliat dari garis keturunan rada susah dapetinnya karena kami berdua mayoritas paling banyak saudara perempuan, akan tetapi tiada yang tahu kuasa ALLAH ya Mak siapa tau pas hamil lagi dapet bujang.
Sebenernya pas lahirin Hana aku udah gak kepengen lagi punya anak, menurut aku dua aja udah cukup. gak apa-apa deh cewek semua, tapi makin kesini banyak liat anak bayi laki laki jadi mau juga punya anak laki-laki tambah lagi banyak yang nanya kenapa gak nambah lagi, jadi tambah dilema lagi dah eikee.
Untuk saat ini kami jalanin saja dan mengalir seperti air, semisalnya hamil lagi ya berarti dikasih amanah lagi sama ALLAH mau laki-laki atau perempuan gak masalah yang penting sehat. Apalagi saya tidak menggunakan alat kontrasepsi (KB) jadi kapan saja mau nambah anak lagi ga akan jadi masalah 🙂 
CADANGKAN BIAYA OPERASI SC SEBELUM PERSALINAN

CADANGKAN BIAYA OPERASI SC SEBELUM PERSALINAN

Belum lama ini ada sebuah berita dimana seorang artis yang ingin melahirkan secara normal namun setelah 18 jam tidak juga mengalami kemajuan akhirnya diputuskan untuk Operasi Sectio Caesarea. Habis baca itu saya langsung teringat pengalaman saya saat melahirkan putri kedua, yang harus dilahirkan melalui proses operasi karena tidak adanya kemajuan dalam pembukaan jalan lahir.

“Pembukaan jalan lahirnya tidak ada perubahan sejak semalam, lebih baik di sectio caesarea (SC) aja bu, dari pada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kepada ibu dan bayi”

Melahirkan secara normal pasti idaman semua wanita, namun apa daya jika situasi dan kondisi tidak memungkinkan, apalagi sebelumnya  proses lahiran putri pertama saya terbilang sangat mudah dan cepat.

BACA YUK : Pengalaman Pertama Hamil dan Melahirkan 

Malam itu saat datang ke Rumah Sakit bersalin lalu diperiksa oleh dokter kandungan, saya langsung diminta untuk bersiap untuk menjalani operasi sectio caesarea. Rasanya ingin pingsan ketika mendengar apa yang dikatakan oleh Dokter Specialis Kandung saat itu. Saya sangat cemas, hal ini bukan karena saya takut akan mahalnya biaya operasi melainkan mental saya yang tidak siap.
Setelah diyakini oleh dokter kandungan, suami dan juga keluarga akhirnya saya menyetujui untuk melakukan persalinan secara SC , karena takutnya bayi tidak turun hingga ke jalan lahir karena terlilit tali pusat, dan ternyata prediksi dokter tersebut benar, anak kedua saya terlilit sebanyak 2 kali dileher 2 kali dan di kaki 1 kali, sungguh keputusan yang tepat yang kami ambil, entah bagaimana jika malam itu saya ngotot untuk diinduksi saja. Bersyukur sekali operasi berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan dan masalah. 
Selain hal diatas hal yang paling saya syukuri selain itu adalah adanya persiapan dana untuk operasi, kalo gak ada gimana coba, bisa tambah stress sebelum operasi mikirin masalah biaya operasi yang mendadak seperti ini.. 
Seperti yang kita ketahui bahwa biaya operasi pasti tidaklah murah oleh karena itu jika tidak ada dana yang dipersiapkan pasti akan kerepotan, lain halnya jika kita memiliki asuransi kesehatan tentu hal ini juga tidak akan jadi masalah.

Mempersiapkan dana untuk biaya bersalin memang sangat penting untuk menjaga hal-hal yang diluar prediksi seperti tiba-tiba harus di operasi SC seperti saya. jadi bunda-bunda yang sedang menanti kelahiran buah hatinya, pasti sudah donk ya mempersiapkan dana untuk persalinannya nanti.

Ketika ingin mempersiapkan dana untuk lahiran banyak hal yang perlu diperhatikan misalnya seperti
Ruangan/Kamar Yang Akan digunakan apakah kelas I, II, III , VIP atau VVIP karena setiap kamarnya memiliki tarif yang berbeda.

Lalu  anggaran biaya Operasi bersalin normal maupun Operasi SC di Rumah Sakit , Kenapa saya bilang ini perlu diketahui ? hal ini karena jika kita sudah menentukan Rumah Sakit Mana yang akan kita tuju kita bisa bertanya biaya bersalin baik itu secara normal ataupun operasi.

Biaya Operasi Sectio Caesarea sangatlah beragam dan berbeda-beda tiap Rumah Sakit, beruntunglah saya tinggal di sebuah provinsi yang tarif persalinan secara operasi belum semahal Biaya Operasi  Sectio Caesarea di Rumah Sakit Jakarta hal ini mungkin karena fasilitas yang ditawarkan pun belum sebagus dan semewah Rumah Sakit Bersalin di Jakarta ya :).

Ragam fasilitas baik dari segi pelayanan dari tenaga kesehatannya ataupun kelengkapan dan mewahnya ruangan yang disediakan. Untuk Operasi di Rumah Sakit Jakarta paling tidak harus merogoh kocek belasan hingga puluhan juta dan ini tentu sebanding dengan kenyamanan yang ditawarkan.

Soo Bunda ingin lahiran dimana dan melalui proses persalinan atau normal ? Yuk share pengalaman bunda yang udah pernah Sectio Caesarea atau yang belum pernah hamil atau belum menikah juga boleh kok share di kolom komentar, jika lahiran nanti ingin proses lahiran seperti apa?

Mainan Anak Berantakan, Tips No 3 Paling Ampuh

Mainan Anak Berantakan, Tips No 3 Paling Ampuh

Berawal dari obrolan chat bersama Mamak Adis, kami yang memiliki hampir banyak kesamaan baik umur, pendidikan dan usia anak akhirnya memutuskan untuk membuat tulisan kolaborasi yang bertemakan parenting.

Untuk kolaborasi pertama ini kami mengangkat Tema “MAINAN ANAK

Why harus tema ini, setelah disodorin beberapa ide untuk tema tulisan saya langsung setuju semua idenya, karena apa?? Karena Semua ide yang disodorin Mamak Adis ini berkaitan dengan permasalahan yang setiap hari kami temui selama menjadi mamak-mamak ahahahahha

Mau tau temanya tentang apa aja?? Tenangg aja karena setiap Hari Rabu kami akan membuat 1 tulisan kolaborasi mengenai tema ini.  Sooo jangan lupa untuk rajin-rajin mampir di blog Mom’s Odel dan Mom’s Adis 

Yaaaa Ampun Nakk Nakkk

Baru Juga Ummi Beresin Mainannya, Kok udah diberantakin lagi 

Kakak , Dede itu mainannya beresin lagi donk sayangg

Bunda-bunda yang punya anak yang lagi aktif-aktifnya bermain pasti sering mengalami ini, bahkan hampir setiap hari, bener ga nih bun?

Sebulan lalu saya pun seperti ini, hampir tiap sebentar menyapu dan membereskan mainan anak-anak.

Jika si sulung sudah mengerti untuk membereskan mainan, lain halnya dengan si bungsu yang hobinya mengeluarkan mainan yang sudah dibereskan oleh kakaknya. Bahkan si bungsu ini memiliki hobi lainnya yaitu mengeluarkan pakaian-pakaian yang sudah terlipat dan tersusun dilemari.

Kalo udah gini rasanya si Emak pengen ngunyah Batako hahaha, berasa pekerjaan ga pernah kelar.

Semua cara sudah saya lakukan dan akhirnya saya menemukan cara yang paling efektif agar rumah ga berantakan setiap saat, kan malu kalo tiba-tiba ada tamu dateng rumah macam habis terkena badai, porak poranda penuh semua dengan aneka mainan.

Mau Tau Tips Apa Aja Yang Saya Lakukan, Baca Sampe Habis Ya :

 KATEGORIKAN MAINAN BERDASARKAN JENISNYA

Tau gak sih bunda, kenapa mainan anak-anak suka berantakan hal ini karena si anak suka kesulitan dalam mencari mainan-mainan yang ingin mereka mainkan, padahal yang mau dimainin mah dikit, tapi yang dikeluarin itu hampir satu box.

Setiap saat mood mereka untuk bermain selalu berubah-ubah,sebentar mau main masak-masakan, bentar lagi berubah main lego, bentaran lagi berubah mau main dokter-dokteran, bayangin aja dalam satu hari bisa beberapa kali saya membereskan  mainan.

Untuk mengatasi hal ini akhirnya saya mengkategorikan semua mainan mereka misalnya seperti Mainan masak-masakan, Mainan Dokter-dokteran, Lego dan lain, Mainan Yang Berbentuk Kertas seperti duit-duitan, monopoli, Uno, Kartu-kartu dan lain-lain.

Hal ini untuk memudahkan mereka ketika ingin mengambil dan menyimpan kembali mainan, tanpa harus mengeluarkan seluruh isi box.

SIMPAN MAINAN DALAM BOX TERTUTUP SESUAI DENGAN KATEGORI 

Setelah selesai memisahkan mainan, hal kedua yang perlu dilakukan adalah menyimpanan mainan tersebut dalam box-box terpisah sesuai dengan jenisnya.

Untuk mensiasati hal ini dirumah saya menggunakan Box bekas rak pakaian yang tidak terpakai lagi, lumayan ada 5 box , jika diletakan dalam posisi berdiri maka akan sangat tinggi, jadi aku meletakkannya dalam posisi tidur dengan tutup rak mengarah keatas, jadi jika ingin mengambil mainan anak hanya perlu mengaangkat tutupnya.

Cara ini efektif banget loh bun, anak-anak jadi lebih mudah mengambil mainan tanpa harus menghamburkan semua isi box.

BERMAIN DI TERAS RUMAH

Hal yang paling ampuh bagi saya untuk menjaga rumah tetap bersih adalah Memberikan Ruang Khusus bermain untuk anak, karena saya belum mempunyai ruang khusus akhirnya saya memanfaatkan halaman teras saya yang cukup untuk area anak bermain, kotak mainan tersebut saya letakkan diluar dengan diberi alas karpet dan 2 kursi jadi ketika mereka ingin bermain, mereka akan bermain di teras.

 

 

Selain menjaga rumah tetep bersih, hal ini juga membiasakan anak-anak untuk mengatur jam bermain mereka.
Jika saya memiliki 3 Tips diatas, berbeda dengan Mamak Adis yang memiliki 4 Jurus Ampuh Untuk mengatasi Mainan Anak, lenbih lengkapnya baca disini ya  bun 🙂
 
Nah bun, mau pakai tips dari siapa nih, Tips Mom’s Odell atau Tips dari Mamak Adis 🙂
Boleh dipake semuanya kok bun, semoga tulisan kami bisa bermanfaat ya untuk kalian yang udah mampir. Terima Kasih.