IDN APP, Aplikasi Baca Berita Terlengkap  dengan Fitur Kekininan

Dari tahun 2015 hingga tahun 2019 lalu, pengguna smartphone di Indonesia terus meningkat dan berdasarkan data dari Databoks jumlah pengguna smartphone ini akan meningkat tahun 2025.

Menurut aku pribadi, prediksi semakin meningkatnya pengguna smartphone bisa saja benar-benar terjadi, apalagi dengan teknologi yang semakin canggih seperti sekarang ini serta kemudahan dalam mengakses internet, tentu semua itu tidaklah mustahil.

Apalagi dengan musibah yang sedang menimpa kita, hampir semua aktifitas diluar dibatasi, sehingga semua dilakukan dari rumah saja, begitu pula dalam memperoleh informasi-informasi, masyarakat kita hanya bisa mendapatkan informasi dan berita melalui Televisi, Platform Berita Online dan juga media sosial.

Teman-teman bisa melihat dari data disamping, bahwa mayoritas generasi muda memilih baca berita melalui portal berita online.

Aplikasi Baca Berita

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi baca berita yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Aplikasi Baca Berita dari IDN Times yang tahun lalu mengeluarkan versi untuk Android dan iOS yaitu IDN App.

Review IDN App

Bulan Juni tahun lalu, IDN Times secara resmi meluncurkan IDN App sebagai aplikasi baca berita yang bisa diakses melalui smartphone.

IDN App ini diluncurkan sebagai sarana berbagi informasi dan pengetahuan, dengan generasi Millenial dan Gen Z sebagai target utamanya. Selain itu aplikasi ini juga digadang-gadang sebagai One Stop Content Platform untuk Millenial dan Gen Z.

Tujuan kita adalah menjadi perusahaan media berbasis teknologi dan platform konten untuk generasi millennial dan Z di Indonesia
Winston Utomo

CEO IDN Media

Nah sebelum kita bahas lebih lanjut tentang platform baca berita ini, aku saranin untuk kamu-kamu yang belum download Aplikasinya, cus buruan download dan install dulu, agar lebih nyambung nantinya saat membaca tulisan ini.

Cara downloadnya juga gampang banget, untuk kamu pengguna Android bisa langsung cari di kolom pencarian yang ada di Google Play Store atau App Store untuk pengguna iOS.

Aplikasi Baca Berita IDN APP

Review Aplikasi Baca Berita
IDN APP

Review IDN App

Tampilan Bersih & Minimalis

Layout dengan background putih bersih dengan gaya minimalis

 

Untuk sebuah aplikasi baca berita, IDN App menggunakan warna yang lebih simple yaitu perpaduan warna putih dan merah, baik tampilan mobile ataupun websitenya.

Layout background berwarna putih memberikan kesan lapang dan bersih tentu membuat pembaca lebih nyaman. Ditambah lagi dengan pemilihan font yang tepat dan juga jarak yang tidak terlalu rapat menambah nilai tersendiri untuk tampilannya.

Sebenarnya untuk tampilan backgroundnya teman-teman bisa menyesuaikannya dengan fitur night mode. Biasanya, aku mengaktifkan fitur night mode ini saat membaca berita sebelum tidur.

Sedangkan untuk tampilan halaman muka, pengguna akan disuguhkan dengan newsfeed dengan navigasi kekinian yaitu dengan type scroll. Jadi saat ingin membaca berita, pengguna hanya cukup scroll saja tanpa harus klik sana sini.

Ringan & Mudah Diakses

Mobile Friendly dengan tampilan yang lebih ringan sehingga lebih memudahkan saat diakses

Selain tampilannya yang sederhana, IDN App juga lebih mudah diakses karena loading speednya yang cepat. Hanya butuh sepersekian detik saja untuk loading antara menu satu dengan lainnya.

Pada bagian atas halaman utama terdapat fitur berita terbaru dan trending, selain itu juga terdapat fitur Tanya Jawab. Sedangkan menu-menu navigasi seperti Home, Explore , Button untuk Tanya Jawab dan Tulis artikel serta notifikasi dan profile terletak secara statis pada bagian bawah halaman.

Fitur Tanya Jawab

Kategori Berita Terorganisir & Bervariasi

Memiliki 43 kategori berita yang terorganisir dengan baik, tidak membuat pembaca kesulitan untuk mencari topik berita yang diinginkan 

Pada fitur menu Explore kita bisa menemukan 43 kategori berita yang dimuat dalam bentuk thumbnail yang menarik. Ketika thumbnail tersebut diakses, maka pembaca akan dibawa menuju kumpulan artikel/berita yang sudah terkumpul menjadi satu.

Dengan beraneka macam kategori yang ada, rasanya tidak berlebihan jika aku bilang IDN App adalah Aplikasi Baca Berita Terlengkap. Hanya dengan membuka IDN App saja, aku bisa membaca dan menggali banyak informasi terbaru dari berbagai topik / kategori.

Penyajian Berita Singkat, Padat & Berbobot

Selalu menyajikan berita terkini dengan bahasa yang singkat , padat dan jelas 

Penyajian berita dengan bahasa yang sederhana, lugas namun kekinian juga bisa sangat diperhitungkan. Kebayang gak kalo baca berita tapi penyajiannya menggunakan bahasa yang kaku, pasti membosankan bukan. Selain itu walau hanya 300 kata lebih, namun penyajiannya tetap berbobot dan jelas.

Pemasangan  Iklan Yang Tidak Berlebihan

Iklan yang tidak berlebihan membuat pembaca semakin betah berlama-lama menggali informasi.

Pernah gak teman-teman mengunjungi website dengan pop up iklan yang muncul terus menerus?? Aku, pernah banget.

Asli gak nyaman banget berlama-lama membaca websitenya. Padahal isinya sangat informatif, namun karena terlalu banyak iklan yang muncul, membuat aku gak nyaman dan akhirnya aku tutup websitenya dan mulai mencari website yang lain.

Untungnya nih, IDN App sangat memperhatikan hal ini, sehingga iklan yang ada pun tidak berlebihan. Selain itu penempatan iklan-iklan tersebut juga sangat pas dan tidak menganggu saat kita sedang membaca berita.

Iklan tidak berlebihan

Kaya Fitur 

IDN App dilengkapi dengan berbagi fitur yang bisa menunjang kebutuhan pembaca 

Selain sebagai media baca berita, Aplikasi Baca Berita IDN App juga dilengkapi dengan fitur Tanya Jawab dan Juga Tulis Artikel.

Melalui fitur tanya jawab ini, penguna bisa saling berinterasi antara satu sama lainnya. Pembaca bisa menulis berbagai pertanyaan ataupun menjawab pertanyaan dari pengguna lain.

Selain itu pengguna juga menghasilkan pundi-pundi rupiah melalui fitur Tulis artikel yang disediakan oleh IDN App. Setelah tulisan dicek oleh tim editor dan dinyatakan lolos pengguna bisa mendapatkan poin yang dapat ditukarkan dengan uang. Agar bisa menulis di IDN App, teman-teman harus mendaftar terlebih dahulu ya.

Gak salah donk kalo IDN App ini kaya akan artikel-artikel menarik, karena penulisnya pun dari berbagai kalangan.

Fitur-Fitur IDN APP

Baca Artikel Jadi Lebih Menyenangkan

Dilengkapi dengan berbagai fitur , baca artikel di IDN App  menjadi lebih menyenangkan  

Fitur Bookmark, komentar, sharing dan bagikan ke whatsapp menjadi pelengkap saat membaca artikel di IDN App. Biasanya aku memberikan bookmark pada artikel-artikel yang memang ingin aku baca saat santai, agar lebih nyaman dan menikmati saat membaca artikelnya.

Artikel dengan judul menarik dan telah dibookmark bisa dibaca kembali melalui bagian profil. Nah untuk fitur pada bagian profil ini akan aku bahas detail setelah ini ya.

Bookmark IDN APP

Fitur Profil Saya 

Fitur profil saya ini akan muncul jika teman-teman sudah mendaftar di IDN App.

Ibarat sebagai shortcut, fitur-fitur yang ada di Profil ini bisa menjadi jalan pintas teman-teman untuk menuju artikel favorit ataupun melanjutkan bacaan yang belum selesai.

Pada profil ini juga terdapat beberapa fitur yang mendukung teman-teman yang suka menulis. Setiap tulisan yang teman-teman buat akan dikurasi terlebih dahulu oleh tim, setelah sesuai dengan panduan menulis di IDN, maka artikel pun bisa diterbitkan, nah jika tidak sesuai dengan panduan maka tulisan pun akan minta untuk direvisi dan bahkan jika melanggar ketentuan tulisanmu pun bisa ditolak.

Profil Saya

Berlimpah Event & Promo

Dengan Menulis artikel dari berbagai kategori, pengguna juga bisa mendapatkan bonus poin dari event dan promo 

Nah event dan promo ini nih yang bikin makin betah berlama-lama menggunakan IDN App, selain kita bisa baca berita terkini, pengguna yang juga memiliki keahlian menulis artikel juga bisa mendapatkan keuntungan dari berbagai event dan promo.

Beragam Promo dan Event

5 TOPIK FAVORIT DI APLIKASI BACA BERITA IDN APP

Jika sebelumnya aku lebih suka membaca IDN Times melalui laptop/PC namun setelah IDN Times meluncurkan IDN App akupun beralih menggunakan aplikasi ini. Setelah menggunakannya dalam beberapa waktu, aku memiliki beberapa topik yang menjadi favorit, Nah berikut ini 5 Topik Favoritku di IDN App.

KATEGORI FAMILY

Dalam topik  ini ada semua artikel -artikel populer yang berhubungan dengan tips dan sharing seputar  kehidupan keluarga

KATEGORI RECIPE

Bosan dengan menu itu-itu aja, nah di topik resep inilah biasanya aku mencari ide-ide masakan dan juga makanan

KATEGORI DIY

Suka bebikinan dan memanfaatkan benda-benda tidak terpakai, pada kategori DIY ini kita bisa menemukan berbgai referensinya

Topik Favorit di IDN APP

KATEGORI INSPIRATION

Topik Inspirasi ini juga menjadi salah satu topik favorit aku, karena pada artikel ini banyak artikel tentang tokoh-tokoh inspiratif yang bisa dijadikan sebagai motivasi dan contoh.

KATEGORI ENTERTAINMENT

Nah sebagai topik hiburan, aku memilih topik entertaiment ini. Artikel-artikel yang ada pada topik entertainment ini biasanya berhubungan dengan dunia hiburan, baik seputar gosip, lagu, film dan artis-artisnya

Itulah beberapa topik yang paling aku sukai. Walaupun begitu topik-topik lainnya pun tak kalah menarik. Apalagi nih, pada halaman muka selalu menyajikan berita-berita terbaru dan teraktual jadi gak perlu takut kudet (Kurang Up-to-date) terkait hal-hal yang sedang terjadi saat ini.

Cara Menggunakan Aplikasi Baca Berita  IDN APP

Review IDN App

Download & Install APP IDN

Ketik APP IDN Pada kolom pencarian, setelah muncul lalu klik button Install 

Seperti sempat aku singgung saat diawal-awal, cara menggunakan IDN APP ini sangatlah mudah. Pertama adalah kamu harus punya aplikasinya terlebih dahulu, caranya dengan mendownload  IDN APP terlebih dahulu.

Untuk pengguna Android kalian bisa langsung download melalui Playstore sedangkanuntuk pengguna iOS kalian bisa langsung download melalui App Store.

Nah gampangnya kalian bisa langsung klik button download dibawah ini ya.

google play App Store

Login

Login IDN APP dengan Gmail, Email ataupun akun Facebook

Saat akan menggunakannya, kamu tidak perlu lagi repot-repot register. Karena IDN App telah memberikan kemudahan saat login. Kamu bisa langsung menggunakan akun facebook, Gmail atau email, jadi gak perlu ribet-ribet lagi untuk register terlebih dahulu.

Lengkapi Profil Pengguna

Setelah login jangan lupa untuk melengkapi profil pengguna.

Sebenarnya setelah login berhasil, kamu bisa saja langsung menikmati fitur-fitur yang ada di IDN App, namun ada baiknya jika kamu melengkapi profil penggunanya ya.

Bagaimana? Mudah sekali bukan menggunakan IDN App ini, nah teman-teman sampai disini dulu ya sharing pengalamanku saat menggunakan Aplikasi Baca Berita Terlengkap dan Terupdate IDN APP.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu-kamu yang sedang mencari aplikasi baca berita. Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa berkomentar dengan bijak ya embarassed.

Sumber Referensi :

  1. Pilihan Sumber Berita Generasi Muda – https://databoks.katadata.co.id/
  2. IDN TIMES – https://www.idntimes.com/
  3. IDN APP
  4. Tangkapan Layar & Infografis by Ria Kurniasih
  5. Pengalaman Pribadi sebagai pengguna IDN App
error: Content is protected !!
Share This