#MENEBARKEBAIKAN

Kebaikan Berbagi Zakat & Donasi Melalui Dompet Dhuafa

Membayar zakat ataupun donasi melalui Dompet Dhuafa kita bisa merasakan indahnya kebaikan berbagi kepada sesama hingga ke seluruh pelosok Indonesia.

Jangan Tunggu Nanti

Untuk Menebar Kebaikan

Kebaikan berbagi

Saat teman-teman membaca tulisan ini, saya rasa diantara teman-teman masih ada yang suka atau bahkan sering menunda untuk berbuat kebaikan, misalnya saja seperti ketika ingin berbagi. Niat dalam hati sih ada, tapi nanti aja deh jika sudah punya uang banyak.

Anggapan-anggapan bahwa kita hanya bisa berbagi jika kita memiliki materi yang berlebih, hingga celetukan-celetukan seperti “aku aja kekurangan gimana mau berbagi ke orang lain” masih saya dengar disekitar saya. Padahal untuk berbagi itu tidak melulu bersifat materi melainkan juga bisa berupa ilmu, kasih sayang, kepedulian kepada sesama juga menjadi salah satu bentuk kebaikan yang bisa kita bagikan.

Selain itu, untuk berbuat baik tidak harus menunggu nanti karena menebar kebaikan bisa kita lakukan dengan berbagai cara, kapan saja, dimana saja dan kepada siapa saja.

Kebaikan Berbagi Zakat dan Donasi Melalui Dompet Dhuafa

Menebar Kebaikan

Kebaikan berbagi

Kata-kata menebar kebaikan pada dasarnya adalah suatu hal yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Apalagi di era canggihnya teknologi saat ini, banyak sekali cara yang bisa dilakukan oleh orang-orang untuk menebar kebaikan. Entah itu yang dilakukan secara individu ataupun secara berkelompok yang mengatasnamakan lembaga atau komunitas.

Aksi-aksi nyata dalam menebar kebaikan itupun sudah terpampang nyata di media sosial. Apakah kebaikan itu selalu dalam bentuk uang? Jawabannya adalah TIDAKAda beberapa kejadian yang beberapa waktu lalu sempat viral seperti salah satunya adalah Inem Jogja yang memiliki nama asli Made Dyah Agustina  yang menebar kebaikan dengan caranya yang unik yaitu secara rutin berkeliling membagikan makanan.

Selain cerita tentang Inem Jogja, ada juga cerita tentang seorang anak yang sempat hilang dan akhirnya ditemukan karena kekuatan pengguna internet. Dimana orang tuanya membagikan informasi tentang anaknya yang hilang melalui media sosial dan aplikasi chating. Informasi anak hilang ini pun akhirnya tersebar luas dan anaknya pun ditemukan karena ada warga yang melihat anak tersebut.

Sudah percayakan? Jika berbuat baik itu tidak harus selalu menggunakan uang, dengan tindakan yang sederhana pun kita bisa berbuat dan menebarkan kebaikan.

 

Cara Menebar Kebaikan

1

Berbagi Nasi

2

Menjadi Relawan

3

Menyebarkan

4

Donasi

Menghilangkan Rasa Lapar

Berbagi Nasi

Pernahkah teman-teman melihat etalase seperti gambar disamping ? Yapzz sebuah etalase yang sempat viral beberapa waktu lalu. Etalase yang berada dipinggir jalan  ini bukan sembarangan etalase, melainkan sebuah etalase untuk meletakkan nasi bungkus yang diperuntukan bagi siapa saja yang ingin berbagi nasi maupun untuk orang yang membutuhkan.

Nasi gratis yang diletakkan di dalam etalase tersebut diperuntukan untuk siapa saja. Namun biasanya nasi-nasi ini akan diambil oleh saudara-saudara kita yang kurang beruntung seperti tunawisma, pemulung, tukang becak, tukang sampah, tukang parkir, pengamen, tukang ojek, pengemis dan lain-lain.

Etalase tempat nasi bungkus ini pun bisa di isi oleh siapapun yang ingin sedekah dalam bentuk makanan, jumlahnya pun tidak ditentukan. Bisa nasi bungkus yang dibeli di rumah makan ataupun nasi yang dibungkus dari rumah sendiri.

Sebungkus nasi yang kita letakkan di dalam etalase itu, bisa membantu menghilangkan lapar saudara kita. Jadi walaupun tidak dalam bentuk uang dengan adanya etalase tempat nasi itu kita masih bisa merasakan kebaikan berbagi kepada sesama  donk ya.

Menjadi Relawan

Menebar Kebaikan dengan Menjadi Relawan

Salah satu bentuk perbuatan baik yang bisa kita lakukan jika tidak memiliki uang ataupun makanan yang berlebih adalah dengan menyumbangkan tenaga kita.

Sekecil apapun bantuan yang kita berikan pasti akan sangat bernilai besar untuk saudara-saudra kita yang membutuhkan.

Menyebarkan Kebaikan

Jangan Berhenti di Kamu

Kira-kira seperti itulah ungkapan yang tepat untuk menebarkan kebaikan. Ketika sebuah perbuatan baik itu dilakukan dan secara nyata memberikan manfaat untuk orang lain, sebaiknya perbuatan baik itu jangan sampai terhenti dikamu.

Rangkul dan ajak orang-orang terdekatmu untuk melakukan hal yang sama. jadilah influencer dalam menyebarkan kebaikan.

 

Donasi

Kebaikan Berbagi dan Zakat

Berkat semakin berkembangnya teknologi internet saat ini, berbagai kemudahan pun dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Hal ini sangat jelas terbukti di saat-saat seperti sekarang, dimana kita harus tetap berada dirumah untuk memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19. Semua aktivitas mulai dari belajar, bekerja, belanja hingga memberikan bantuan donasi pun dilakukan secara online dari rumah.

Apalagi saat ini kita sedang berada di bulan Ramadhan, bulan yang sangat mulia, penuh berkah dan pengampunan. Pada bulan ini juga umat muslim berlomba-lomba untuk  menebarkan kebaikan salah satunya adalah dengan membayar zakat dan bersadakah.

Untung saja dimasa-masa sulit ini kita sudah bisa membayar zakat dan berdonasi secara online salah satunya adalah melalui Yayasan Dompet Dhuafa.

Let’s Talk About

Tentang

Dompet Dhuafa

Yayasan Dompet Dhuafa merupakan salah satu Lembaga Amil Zakat yang berdiri sejak tahun 1993, yang berfokus pada kemanusian dengan menggunakan dana Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) serta dana sosial lainnya baik yang berasal dari individu, perusahaan maupun kelompok.

Dompet Dhuafa memiliki 5 pilar program kerja yaitu Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Sosial & Dakwah serta Budaya. Kelima program utama tersebut memiliki tujuan yang baik untuk semua masyrarakat Indonesia yaitu mengentaskan kemiskinan.

Melalui Dompet Dhuafa kita melaksanakan kewajiban kita untuk membayar zakat sekaligus beramal. Zakat yang kita donasikan melalui Dompet Dhuafa dikelola dan disalurkan kembali ke seluruh pelosok Indonesia.

Tentang

Donasi & Pembayaran Zakat Online

Sistem donasi dan pembayaran zakat online yang ada di Dompet Dhuafa sebenarnya untuk melengkapi layanan pembayaran donasi dan zakat yang sudah ada sebelumnya. Untuk saya pribadi dengan adanya sistem donasi dan pembayaran zakat secara online ini tentu sangat memberikan kemudahan, karena saya tidak harus pergi ke kantor ataupun gerai-gerai Dompet Dhuafa.

Selain kemudahan dalam proses donasi dan pembayaran, ada beberapa hal lain yang membuat saya memilih menggunakan layanan Dompet Dhuafa yaitu Penerima zakat tersebar luas ke seluruh Indonesia, Lengkap dan Jelas.

Alasan Menggunakan Layanan Dompet Dhuafa

Kebaikan Berbagi

Jangkauan Luas

Dengan adanya Amil Dompet Dhuafa yang tersebar di sejumlah wilayah dari Sabang sampai Merauke.

Semua bantuan zakat dan donasi bisa sampai hingga ke desa-desa terpelosok yang ada di Indonesia.

 

 

 

Lengkap dan Jelas

Fitur layanan Donasi dan Pembayaran Zakat online di Dompet Dhuafa jelas dan lengkap sehingga sangat memudahkan saat digunakan.

Begitu pula dengan metode pembayarannya, kita bisa menggunakan berbagai metode seperti melalu transfer bank ataupun pembayaran secara online seperti melalui Link Aja, Dana, CIMB CLicks , OVO, Tokopedia dan Master Card Visa.

Aman dan Terpercaya

Membayar zakat ataupun berdonasi untuk kemanusiaan melalui dapat dipercaya karena sebagai donatur kita bisa melihat laporan tahunan penyebaran dana zakat dan donasi melalui website resmi Dompet Dhuafa.

Selain itu semua data-data donatur juga sangat terjaga kerahasiaannya.

Langkah Pertama

Buka Website Official Dompet Dhuafa

Isi lengkap data-data yang ada pada form pilihan donasi dan form donatur

Kebaikan berbagi, menebar kebaikan , zakat , dompet dhuafa 3

Langkah Kedua

Pilih Metode Pembayaran

Pilih metode pembayaran yang ingin anda gunakan. Metode pembayaran memiliki 2 metode yaitu Transfer Bank dan Online Payment

Kebaikan berbagi, menebar kebaikan , zakat , dompet dhuafa 2

Langkah Ketiga

Konfirmasi Lalu Lakukan Pembayaran

Setelah kode konfirmasi anda terima, selanjutnya anda klik tombol BAYAR SEKARANG. Setelah tombol bayar sekarang di klik, segeralah lakukan pembayaranJika proses pembayaran telah diterima, anda akan menerima rincian donasi secara lengkap melalui email.

Kebaikan berbagi, menebar kebaikan , zakat , dompet dhuafa

 كُلُّ مَعْرُوفٍ صَدَقَةٌ

Setiap perbuatan baik adalah sedekah.” (HR. Bukhari No. 5562)

Apabila kita ingin melakukan sesuatu hal apalagi jika itu dalam hal kebaikan maka segerakanlah, jangan ditunda-tunda. Begitupula dengan menunaikan kewajiban kita sebagai umat muslim yaitu berzakat dan bersedekah.

Percayalah, Allah SWT  telah menjanjikan akan melipat gandakan rezeki orang-orang yang membelanjakan hartanya dijalan Allah SWT.

Musim pandemi COVID-19 saat ini tidak akan menjadi halangan bagi kita untuk membantu sesama dan menunaikan kewajiban kita untuk membayar zakat karena Dompet Dhuafa Republika telah memiliki layanan pembayaran zakat dan donasi secara online.

Nah ayo segera bayarkan zakat dan donasi mu melalui dompet dhuafa. Akhir kata semoga tulisan ini dapat bermanfaat untu kita semua.

kebaikan-berbagi-zakat-dan-donasi-melalui-dompet-dhuafa

Catatan Kaki

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Menebar Kebaikan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa”

Sumber Foto & Video

Referensi :

  1. Website Official Dompet Dhuafa
  2. Instagram Official Dompet Dhuafa

Sumber Foto & Video :

  1. https://www.goriau.com/berita/baca/wah-ada-tempat-nasi-gratis-di-jalan-subrantas-pekanbaru-ternyata-ini-ide-awalnya.html
  2. Channel Youtube Official Dompet Dhuafa
  3.  Tata cara pembayaran zakat hasil screenshot penulis
error: Content is protected !!
Share This