Mata Kering !

Segera Atasi Dengan

Insto Dry Eyes

 

The eye is jewel of the body
“Henry David Thoreau”

Mata Kering ! Segera Atasi Dengan Insto Dry Eyes

Mata merupakan salah bagian penting dari organ tubuh manusia. Tanpa mata tentu kita tidak akan dapat menggunakan panca indera kita. Sebagai salah organ penting untuk kita, tentu menjaga kesehatan mata sangat diperlukan.

Apalagi jika teman-teman memiliki pekerjaan atau hobi yang menuntut mata bekerja lebih ekstra. Seperti aku contohnya, setiap hari hampir 14 s/d 16  jam mata ini di gunakan untuk menatap layar laptop, Gadget dan juga televisi.

Pekerja Kantoran, Programmer, influencer ataupun blogger pasti akan lebih banyak menggunakan kedua matanya untuk melakukan semua aktivitas dan pekerjaannya. Sebagai blogger dan juga influencer yang sering berlama-lama didepan laptop dan gadget, aku pernah banget mengalami mata kering ini, dan asli ini bikin mata dan penglihatan jadi gak nyaman.

Paparan sinar radiasi dari layar laptop dan gadget inilah yang akan membuat mata kering. Apalagi jika tempat mereka bekerja juga menggunakan Air Conditioner (AC), yang dapat membuat produksi air mata menjadi sedikit sehingga menyebabkan mata kering.

Mengenal

Bagian-Bagian  Mata

Jika mata kering maka akan timbul gejala-gejala mata sepet, perih dan pegel selain itu juga mata akan mulai terasa gatal dan berubah menjadi berwarna kemerahan.

Sebagai bagian dari tubuh, Mata juga terdiri dari beberapa bagian yang memiliki fungsi-fungsi tersendiri. Nah dibawah ini aku akan mengulik sedikit bagian-bagian dari mata tersebut.

N

Iris

Iris adalah struktur yang terletak di depan lensa dan memperkecil ukuran pupil.

Iris juga memiliki fungsi untuk mengatur sejumlah cahaya yang masuk ke mata dan menyesuaikan dengan bukaan pupil. Ketika diterpa cahaya terang, iris akan menutup (atau menyempit) dan membuat pupil terbuka lebih kecil untuk membatasi jumlah cahaya yang masuk ke mata Anda.

Selain itu Iris jugalah yang menentukan warna mata Anda.

N

Kornea

Kornea merupakan suatu struktur yang transparan yang menyelimuti selaput pelangi dan pupil.

Kornea berbentuk seperti kubah dan memiliki fungsi yang serupa dengan lensa luar, yaitu dengan merefraksikan (membelokkan) cahaya. Kornea memberikan sebagian besar daya fokus pada

N

Pupil

Nah selanjutnya adalah pupil. Pupil adalah bukaan berbentuk bulat yang terdapat di tengah iris  yang membiarkan masuknya cahaya.

Ukuran pupil dikendalikan oleh otot dilator dan sphincter dari iris, yang mengatur jumlah cahaya yang memasuki mata

N

Lensa

Lensa adalah struktur transparan yang terletak antara selaput pelangi dan badan kaca. Lensa dikelilingi oleh kapsul yang transparan dan elastis. Lensa berbentuk bi-konveks yang artinya cembung pada kedua sisinya dan mengubah bentuknya guna untuk menyesuaikan jarak

N

Badan Siliaris

Badan siliriris terbuat dari otot siliraris dan ligamen suspensor. Struktur ini berfungsi untuk menjaga lensa tetap pada tempatnya

N

Koroid

Lapisan pembuluh darah yang memberikan makanan untuk lapisan luar retina disebut dengan koroid. 

N

Saraf Optik

Saraf optik terletak pada bagian belakang mata dan membawa getaran listrik dari sel reseptor pada retina menuju ke otak 

N

Sklera

Sklera sendiri merupakan bagian putih dari mata yang menyusun 5/6 dari bagian belakang mata

N

Retina

Retina adalah lapisan jaringan yang peka terhadap cahaya yang terletak di bagian belakang mata. Serupa dengan film dalam sebuah kamera, gambar datang melalui lensa 

N

Makula

Makula menyusun sebagian kecil retina namun ia lebih peka terhadap hal yang terperinci jika dibandingkan dengan retina

N

Badan Kaca

Badan Kaca adalah zat bening yang mengisi ruangd iantara lensa dan retina pada bola mata

Nah pada bagian atas adalah penjelasan dari Fungsi dari setiap struktur anatomi mata manusia, untuk lebih singkatnya teman-teman bisa juga lihat pada infographic yang telah saya buat disamping ya .

Agar tidak terjadi kerusakan pada mata, sebaiknya kita mengetahui semua fungsi-fungsi mata tersebut, supaya kita bisa menjaga dan cepat mengetahui jika terjadi kerusakan atau gangguan pada mata kita. 

Gangguan yang paling sering terjadi  adalah gangguan pada permukaan mata yaitu Mata Kering

MATA KERING ! JANGAN ANGGAP REMEH

Mata sepet, perih dan pegel adalah gejala mata kering

Mungkin teman-teman sering mengganggap sepele dan mengabaikan kondisi mata sepet , perih dan pegel, gejala-gejala tersebut sering dianggap sebagai akibat dari mata lelah. Padahal kondisi-kondisi tersebut merupakan tanda dan gejala dari mata kering.

Gangguan mata kering jika tidak ditangani dengan segera akan menimbulkan komplikasi yang berat misalnya saja infeksi kornea atau dalam bahasa medisnya disebut sebagai Keratitis yang bisa mengakibatkan kerusakan permanen pada kornea mata jika tidak segera diatasi.

Dari pembahasan sebelumnya tentang anatomi mata diatas dapat kita ketahui bahwa permukaan mata terdiri dari kornea (kubah jernih yang terletak di depan pupil/biji mata), konjungtiva (lapisan jernih di atas bagian putih mata), dan kelopak mata. Kornea sendiri memiliki 3 lapis selaput air mata yaitu lapisan minyak, lapisan air, dan lapisan musin, yang berfungsi untuk memelihara permukaan kornea bagian depan dan agar kita memiliki penglihatan yang jernih. 

Nah jika kornea mata kita kering maka akan terjadi gangguan pada mata seperti misalnya radang mata, iritasi mata dan mata merah.

Mata kering terjadi karena  produksi air mata yang tidak memadai. Air mata yang biasanya berfungsi untuk membasahi, memelihara, dan melindungi permukaan mata. Jika mata sepet, perih dan pegel jangan pernah dianggap enteng, karena itu adalah gejala dari MATA KERING.

Gangguan Mata Kering adalah salah satu gangguan pada mata yang sering kali terjadi pada mata manuasia.

Mengutip  dari laporan US National Library of Medicine National Institute of Health  (NCBI) yang ada situs cnnindonesia.com bahwa sekitar 60 juta orang di dunia mengalami mata kering dan di Indonesia prevalensi mata kering pada tahun 2017 lalu sudah mencapai 30,6 % dari jumlah penduduk Indonesia.

GEJALA – GEJALA MATA KERING

Ada beberapa gejala yang sering ditemui pada gangguan mata kering

Mata Pegel

Mata Pegel adalah suatu kondisi dimana mata mengalami kelelahan, yang disebabkan karena kontraksi otot-otot kelopak mata, otot-otot yang menggerakan bola mata. otot siliriaris yang berada di dalam bola mata bekerja secara berlebihan. 

Biasanya kondisi ini terjadi jika mata sudah digunakan untuk berkatifitas dengan konsentrasi yang tinggi dan dalam jangka waktu yang lama sehingga tanpa kita sadari, kita memaksa otot-otot mata bekerja secara berlebihan.

Mata Sepet

Mata sepet dapat menyebabkan pandangan menjadi buram, mata terasa berat berat untuk dibuka. Kondisi ini mengindikasikan jika otot mata sedang mengalami kelelahan.

Kelelahan pada mata dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan kerusakan pada kelenjar air mata yang bertugas untuk memproduksi air mata. Jika produksi air mata mengalami gangguan maka akan menyebabkan mata menjadi kering dan mudah terinfeksi.

Mata Perih

Mata Perih atau pedih adalah kondisi  sakit yang tidak spesifik di area mata. Terkadang rasa perih muncul seperti sensasi terbakar.

Mata perih ini disebabkan karena kurang atau tidak lembabnya kelopak mata yang disebabkan tidak mendapat cukup air mata atau airmata yang menguap terlalu cepat. 

Tidak mencukupinya produksi air mata inilah yang menyebabkan mata menjadi perih dan biasanya disertai dengan kemerahan dan gatal pada mata.

FAKTOR-FAKTOR PENCETUS MATA KERING

Beberapa faktor pencetus mata mengalami mata sepet, perih dan pegel 

Posisi tidak Ergonomis Saat melakukan Aktivitas Yang Melibatkan Penglihatan Jarak Dekat

Saat menyetir kendaraan mata akan bekerja lebih ekstra karena saat menyetir memerlukan konsentrasi penuh untuk melihat keadaan disekeliling jalan. Apalagi jika anda sering berkendara saat malam hari, mata akan lebih sering terpapar cahaya kendaraan lain. Hal ini akan menyebabkan mata kering.

Berlama-lama Menatap Layar TV, Laptop & Komputer

Menatap layar TV, Komputer, Laptop secara terus menerus tanpa jeda dan istirahat dapat membuat mata menjadi kelelahan. Selain itu kondisi pencahayaan yang terbatas juga bisa membuat otot mata bekerja lebih berat.

Bermain Gadget dalam Jangka Waktu Lama

Paparan radiasi dari cahaya gadget juga sangat mempengaruhi mata, apalagi jika kita secara terus-menerus menatap layar gadget. Kondisi mata akan bertambah buruk jika gadget tersebut belum dilengkapi dengan pelindung layar, sehingga radiasi cahaya yang dimunculkan akan semakin tinggi.

Terpapar AC / Pendingin Udara

Air Conditioner atau Pendingin Udara membantu menurunkan suhu panas dan menghilangkan kelembaban udara. Di sisi lain, ruangan yang ber-AC membuat udara benar-benar kering. Berada terlalu lama di ruang ber AC akan membuat mata menjadi cepat kering atau air mata cepat menguap.

Menyetir Kendaraan dalam Jangka Waktu Lama

Saat menyetir kendaraan mata akan bekerja lebih ekstra karena saat menyetir memerlukan konsentrasi penuh untuk melihat keadaan disekeliling jalan. Apalagi jika anda sering berkendara saat malam hari, mata akan lebih sering terpapar cahaya kendaraan lain. Hal ini akan menyebabkan mata kering.

INSTO DRY EYES SOLUSI MATA KERING

Mata Kering dapat diatasi dengan memberi obat tetes Insto Dry Eyes

Apabila gejala mata kering seperti mata sepet, perih dan pegel sudah terasa. Ada beberapa cara sederhana untuk mengatasinya  yaitu dengan cara memberikan obat tetes mata Insto Dry Eyes.

Insto Dry Eyes merupakan salah satu produk kesehatan keluaran Combhipar. Pasti teman-teman sudah gak asing lagi ya dengan nama Combhipar. Yappps kalo tau Obat Batuk Hitam pasti tau Combhipar, karena sejak tahun 1971 Combhipar sudah memproduksi Obat Batuk Hitam loh.

Sekarang Combhipar juga memproduksi dan memasarkan lebih dari 170 merk obat-obatan resep dan bebas termasuk salah satunya yang terkenal di masyarakat adalah Obat tetes Mata Insto ini.

Insto memiliki dua varian yaitu Insto Regular dan Insto Dry Eyes. Teman-teman jangan sampai salah pilih ya karena kandungan formula keduanya tidak sama, untuk mata kering gunakan Insto Dry Eyes karena mengandung Hydroxypropyl Methylcellulose. Kandungan Hydroxypropyl Methylcellulose pada obat mata berfungsi sebagai pelumas atau air mata buatan yang membantu untuk melembabkan kembali mata yang kering.

 

Cukup dengan meneteskan 1-2 tetes kedalam mata, mata akan kembali segar dan terasa lebih lembab. Memberikan obat tetes mata Insto Dry Eyes ini sangat membantu untuk memulihkan otot-otot mata yang tegang karena  mata kering.

Insto Dry Eyes ini bisa dibeli secara bebas di apotek ataupun toko obat modern lainnya, tapi ingat ya walaupun dijual bebas cara penggunaannya harus sesuai dengan aturan yang sudah dianjurkan pada kemasan ya dan jangan lupa jauhkan obat tetes mata ini dari jangkauan anak-anak.

BLOGGER & INSTO DRY EYES

Berlama-lama menatap layar laptop atau komputer akan menyebabkan Mata Kering.

Semenjak aku aktif menjadi seorang blogger, intensitasku menatap layar laptop dan gadget juga semakin tinggi. Hal ini dikarenakan banyaknya deadline tulisan yang harus dikerjakan. Apalagi aku juga tidak hanya mengelola satu blog melainkan  3 buah blog. Kalau mata perih, mata pegel dan mata sepet udah sering banget aku rasakan, untungnya aku selalu sedia Insto Dry Eyes di rumah.

Insto Dry Eyes ini sudah menjadi sahabat andalan aku banget nih ketika mata sudah dirasa lelah dan gejala mata kering sudah terasa aku pasti segera meneteskan 1-2 tetes Insto Dry Eyes kedalam mataku, gak sampe 5 menit mata sudah terasa segar kembali dan otot-otot mata kembali rileks.

939 total views, 1 views today

Share This