Assalamualaikum semua sobat Odell 🙂
Apa Kabarnya hari ini, semoga dalam keadaan sehat ya semuanya.

Hmmm kali ini saya akan membahas masalah  kondisi pasar yang ada di Kota Bengkulu, tulisan ini untuk menjawab tantangan dari Blogger Bengkulu yaitu #NulisSerempak tentang #PasarBengkulu.

Jadi untuk tantangan kali ini saya akan mengulik sedikit tentang salah satu pasar tradisional yang ada di Kota Bengkulu yang tepatnya berada di Kelurahan Sumber Jaya Kota Bengkulu. 
Kelurahan Sumber Jaya merupakan salah satu dari Kelurahan yang ada di Kota Bengkulu, Sumber Jaya terletak di daerah Simpang Kandis. Di daerah Sumber Jaya tersebut ada sebuah pasar tradisional yang baru saja berdiri beberapa tahun belakangan ini, bermula dari para pedagang pagi yang selalu berjualan di pinggir jalan raya sampai terjadinya penggusuran oleh Satpol PP karena para pedagang mengganggu pengguna jalan raya yang menyebabkan macet setiap paginya. 
Akhirnya pemilik lahan mengizinkan para pedagang menggunakan lahan yang ia miliki untuk digunakan sebagai tempat aktivitas jual beli oleh masyarakat Sumber Jaya dan sekitarnya. Pasar tersebut diberi nama “Karmia Jaya“.
Pasar Karmia Jaya ini sama seperti pasar-pasar tradisional lainnya, dengan beraneka ragam bahan pangan dijual disana. Untuk sekelas pasar sederhana yang tidak terlalu besar seperti pasar panorama, pasar Kramia Jaya ini sudah termasuk lengkap. Hanya saja ada beberapa kondisi yang memprihatinkan dan kurang mendapat perhatian dari pemerintah kota.
Pasar Karmia Jaya ini merupakan salah satu dari 3 pasar yang ada di daerah Pulau Bay, pasar pertama yaitu pasar berada tidak jauh dari SD. 75 Simpang Puri Kandang Mas, Pasar Kedua yaitu Pasar Karmia Jaya yang ada di daerah Desa Sumber Jaya dan Pasar Ketiga adalah Pasar Bahari yang lokasinya berada di Pulau Bay.

Untuk Informasi mengenai Pasar Bahari, sobat bisa membaca tulisan jalanjalan.com yaitu mengenai Pasar Tradisional, Urat Nadi Ekonomi yang Tersisih

Kondisi pasar Karmia Jaya tidak berbeda jauh dengan kedua pasar yang ada di daerah ini. Kondisi dimana pasar ini Becek, Kotor, Sumpek dan Semeraut. Jika Hujan maka kondisi jalan pasar menjadi sangat becek, bahkan tidak jarang ada pedagang ataupun pembeli yang jatuh terpeleset ketika sedang berbelanja. Kondisi penerangan yang kurang melengkapi sudah keadaan pasar Karmia Jaya ini.
Kondisi Pasar Karmia Jaya Setelah Hujan
Banyak pedagang yang harus menjajakan dagangannya di jalan karena tidak kebagian tempat, sehingga mereka harus duduk di tengah-tengah pasar untuk menjajakan dagangannya.

Kondisi pasar yang seperti ini hendaknya menjadi salah satu yang harus diperhatikan oleh pemerintah kota dan pemerintah Provinsi Bengkulu, agar dapat memfasilitasi para pedagang tersebut, agar perekonomian masyarakat di Provinsi Bengkulu juga membaik. Karena keberadaan pasar Karmia Jaya ini sangat berguna sekali untuk masyarakat di wilayah sekitar, selain tidak jauh, pasar ini juga sudah termasuk lengkap.
Nah beginilah salah satu potret kondisi pasar yang ada di Kota Bengkulu. Semoga tulisan ini bisa membantu para pedangan yang ada di Pasar Karmia Jaya agar bisa di perhatikan oleh pemerintah kota.

183 total views, 4 views today

Share This