Peran Penting Orang Tua Dalam Menjaga Kesehatan Mental Anak

Peran Penting Orang Tua

Dalam Menjaga Kesehatan Mental Anak Saat Pandemi Virus Corona

Pandemi virus corona yang juga menyebar di Indonesia nampaknya akan terus berlanjut. Bahkan ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa virus ini kemungkinan besar akan berlangsung lama dan tidak tahu kapan akan berakhir.

Sudah hampir 3 bulan lebih kita semua mengikuti anjuran pemerintah yaitu untuk diam dirumah dan melakukan semua aktifitas kita dari rumah, termasuk juga aktifitas  si kecil yang saat ini sangat terbatas sekali. Mereka sudah lama tidak pergi ke sekolah, tidak bertemu dan bermain bersama teman-temannya bahkan hanya untuk bermain diluar bersama tetangga pun sekarang sudah sangat terbatas.

Kebayang donk ya bagaimana stress dan bosannya mereka karena harus dirumah saja. Kita sebagai orang dewasa saja merasa tertekan apalagi mereka yang secara mental pun mereka belum siap untuk menerima perubahan pola aktifitas yang terjadi secara mendadak.

Jika ada Pelanggaran Hak Cipta dan Sebagainya dalam Blog ini, Jangan Ragu Untuk Menghubungi saya dan jika ingin mengajak collaboration baik itu berupa Sponsorship, endorsement, questions or if you just want to simply say hi, you can contact me via email halo@momsodell.com atau momsodells@gmail.com

Peran penting orang tua dalam menjaga kesehatan mental anak dalam masa pandemi corona

Pentingnya Menjaga

Kesehatan Mental

Menurut WHO Kesehatan mental merupakan suatu kondisi  sejahtera yang secara langsung disadari oleh individu. Dimana di dalamnya terdapat kemampuan-kemampuan individu tersebut untuk mengelola stres kehidupan yang wajar, untuk bekerja secara produktif dan menghasilkan, serta berperan serta di komunitasnya

Jika sebagai orang dewasa kita sudah mampu  me-manage stres dengan baik, lain halnya dengan anak-anak.

Emosi yang masih labil,  kecemasan dan ketakutan yang belum mampu mereka atasi lalu kemudian makin  meningkat saat mereka mengetahui akan bahaya dari virus corona ini serta ditambah pula dengan berkurangnya aktivitas sosial mereka tentu hal ini akan sangat berpengaruh pada kesehatan mental mereka.

Dalam kondisi seperti inilah, sebagai orang tua kita harus mampu menjaga agar kondisi mental mereka tetap stabil dan terjaga, sehingga mereka akan merasa aman dan tenang walaupun sedang masa pandemi corona saat ini.

Ngomongin tentang kesehatan mental anak sebenarnya susah-susah gampang ya. Sebagai orang tua kita harus terus menggali informasi sebanyak mungkin tentang kesehatan mental ini. Agar ketika kita tidak salah dalam penyampaian ataupun bertindak.

Apalagi di zaman seperti ini, dimana semua informasi sudah dengan mudah kita peroleh melalui smartphone. Platform-platform layanan  kesehatan pun sudah banyak sekali, salah satunya yang sudah terpercaya adalah Halodoc.

Halodoc merupakan sebuah aplikasi yang berisi fitur-fitur kesehatan terlengkap dan terpercaya yang bisa membantu penggunanya  untuk mendapatkan layanan kesehatan ataupun informasi medis secara mudah.

Melalui Halodoc masyarakat bisa mendapatkan layanan tanya dokter umum ataupun spesialis, beli obat, cek laboratorium dan bahkan informasi terkini yang berkaitan dengan masalah kesehatan. 

Saat virus corona mewabah ini Halodoc juga membuka pendaftaran untuk masyarakat yang ingin melakukan Rapid dan PCR Test. Bekerja sama dengan beberapa rumah sakit, Halodoc berperan sebagai penghubung antara rumah sakit dan masyarakat. 

Peran Orang Tua Dalam Menjaga

Kesehatan Mental Anak

Balik lagi nih ke pembahasan awal kita yaitu mengenai peran orang tua dalam menjaga kesehatan mental anak. Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa  dilakukan orang tua untuk menjaga kesehatan mental anak disaat pandemi seperti ini, misalnya saja melibatkan mereka dalam setiap pekerjaan rumah, mengenalkan  corona dengan bahasa yang lebih dimengerti anak, berolahraga dan bermain bersama.

Stay at home

Let’s Talk About

Mengenalkan Virus Corona Pada Anak

Perubahan pola hidup yang terjadi secara mendadak ini pasti sangat menggangu psikis anak. Kebiasaan baru seperti menjaga jarak, tetap dirumah dan selalu menggunakan masker tentu akan membuat mereka bingung dan takut.

Disini lah tugas kita sebagai orang tua yaitu harus menjelaskan secara sederhana mengenai apa itu corona. Jika memungkinkan saat menjelaskan tentang corona ada baiknya  menggunakan ilustrasi dan media yang cocok dan mudah dipahami oleh anak – anak .

Ajak Anak Untuk Olahraga Bersama

Berolahraga bersama dapat membantu menstabilkan emosi si anak, terutama jika anak sudah mulai merasa jenuh selama dirumah. Selain dapat menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan imunitas tubuh, berolahraga juga mampu membuat anak merasa lebih bahagia.

Bermain Bersama 

Ketika anak sudah mulai merasa bosan berada dirumah dan aktifitas mereka bemain bersama teman-teman sudah tidak ada karena harus tetap berada dirumah, saat ini lah kita memposisikan diri kita sebagai teman bermainnya.

Luangkan waktu kita untuk selalu menemani mereka main. Ketika rasa bosan sudah mulai nampak, orang tua harus lebih kreatif dalam memilih atau pun membuat berbagai permainan yang lebih aktraktif.

Bermain dengan Hewan Peliharaan

Alternatif lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi stress pada anak, ajaklah anak-anak untuk bermain bersama hewan peliharaan atau libatkan mereka ketika anda memberikan makan hewan peliharaan anda.

Bermain bersama hewan peliharaan akan membuat anak merasa lebih senang dan bahagia.

Nah kira-kira itulah beberapa tips yang bisa teman-teman lakukan dirumah untuk menjaga kesehatan mental si kecil. Selalu tetap berada disamping mereka dan mendengarkan segala keluh kesah mereka juga bisa menjaga mental mereka stabil di saat pandemi ini.

Hal yang paling penting saat ini adalah bersikaplah santai dan fleksibel, jangan terlalu ketat dengan berbagai aturan yang dapat menimbulkan tekanan psikis untuk mereka.

 80 total views,  4 views today

error: Content is protected !!
Share This