Siapa yang disini walaupun sudah jadi emak-emak tapi masih hobi nge-game?

Yeey sama, Tosss dulu donk kalo gitu. Berarti kita sehobi mak !

Nge-game, ya itu hobi yang sejak kuliah sudah saya tekuni. Mulai dari game console, game PC baik itu offline ataupun online semua saya suka.

Hobi itu pun masih saya tekuni hingga hari ini walaupun porsi mainnya tidak sebanyak dulu saat masih melajang. Yaa maklum lah ya, emak-emak yang walaupun waktunya full time dirumah tetep aja kerjaan gak kelar-kelar. Apa lagi saat pandemi seperti ini, waktu main game semakin berkurang karena emak juga harus berperan menjadi guru dirumah.

Ngomongin soal game selain karena hobi, saya juga memiliki kenangan indah tersendiri, ya bisa dibilang ketemu jodohnya gara-gara main game online.

Saya berkenalan dengan suami melalui sebuah game online. Pacaran dan menikah dengan orang yang memiliki hobi yang sama itu asik banget loh.

Kalau orang malam mingguannya jalan-jalan, saya dan suami malam mingguannya hanya melalui game, kami leveling dan hunting barang-barang keperluan character bareng.

LDR pun tidak masalah bagi kami karena tetap bisa bersama-sama walaupun hanya dalam game, menghabiskan waktu dengan cara yang positif daripada keluyuran.

Nostalgia banget deh kalau ingat masa-masa itu. Betah banget nongkrong di warnet dan berlama-lama duduk depan PC cuma buat main game online.

Saat itu kami main game  hanya melalui PC/laptop karena memang zaman saya dulu belum ada game mobile keren-keren seperti saat ini.

Perkembangan Game Mobile

Saya ingat betul, game mobile yang hits awal-awal smartphone touchscreen muncul yaitu Angry Birds. Masuk tahun 2012, game mobile online pun mulai berkembang, inget donk ya game CoC (Clash of Clans), Hay Day dan beberapa game online lainnya yang pada eranya juga sangat terkenal dikalangan gamers.

Seiring dengan semakin majunya teknologi smartphone, game mobile pun terus berkembang.  Hal ini terbukti saat game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena)  yang biasanya saya mainkan di PC akhirnya bisa dimainkan secara online di smartphone.

Kalau dulu  versi PC mungkin teman-teman biasa kenal dengan  DOTA  kalo di smartphone contohnya seperti Mobile Legend dan Arena of Valor. Selain game MOBA ada juga game online tembak-menembak yang cukup hits zaman itu yaitu Point Blank, kalo sekarang versi mobilenya seperti PUBG dan juga Free Fire yang hingga saat ini masih merajai pangsa game mobile.

Belum lama ini saya sempat mencoba install salah satu game MMORPG, hanya saja saya tidak puas saat memainkannya karena smartphone yang saya gunakan saat ini tidak mumpuni baik dari segi prosesor, baterai dan grafiknya. Maklumlah ya smartphone emak-emak yang semuanya serba kentang alias nanggung dan seadanya. Bisa main game Mobile Legend dengan settingan serba low aja udah bersyukur.

Kalau dulu kondisinya masih single dan smartphone gaming seperti Seri ROG ini  sudah ada mungkin saya juga sudah bela-belain punya. Tapi karena saat ini sudah berkeluarga dan kebutuhan banyak jadi impian untuk memiliki smartphone gaming seperti ASUS ROG Phone 3 hanya masuk ke dalam daftar wishlist yang entah kapan akan terwujud.

Kenapa Kok Milih ASUS ROG PHONE 3

ASUS ROG PHONE 3 Smartphone Ultimate Gaming dengan balutan Teknologi Qualcomm Snapdragon Elite Gaming

 

Terus berkembang dan berinovasi, kira-kira itulah pendapat saya tentang Smartphone Gaming keluaran ASUS ini. Walaupun smartphonenya belum bisa saya miliki, tapi setiap ASUS mengeluarkan seri ROG (Republic of Gamers) terbaru pasti selalu saya kepoin websitenya.

Siapa tau kan salah satu dari seri ASUS ROG Phone bisa ada dalam genggaman saya hahahah. Menjaga impian itu kan suatu yang penting agar bisa selalu optimis  . Optimis jika suatu saat nanti bisa main game favorit saya tanpa harus khawatir baterai yang cepat habis, memory yang tidak cukup, grafik yang patah-patah atau body smartphone yang cepat panas.

“Kenapa Pilih Smartphone ASUS ROG Phone 3? Smartphone gaming lainnya kan banyak…”

Betul sekali, ada banyak produk smartphone diluar sana yang juga bisa mendukung hobi nge-game. Tapi menurut saya, smartphone yang memiliki performa yang mumpuni untuk memainkan hampir semua genre game mobile adalah ASUS ROG PHONE.

Teman-teman penggemar game mobile pasti tidak akan langsung terkesan dengan deskripsi samar-samar donk ya? Oleh karena itu, selanjutnya di bawah ini saya akan membahas semua fitur-fitur keren yang ada dalam ROG PHONE 3 ini dan memberikan gambaran yang lebih rinci untuk teman-teman semua.

Jika dibandingkan dengan seri terdahulunya, ASUS ROG PHONE 3 jauh lebih berkembang dan canggih. Selain fitur dari seri terdahulu ditingkatkan, fitur-fitur baru pun disematkan, spesifikasi secara lengkap bisa teman-teman lihat pada infografis dibawah ini.

INFOGRAFIS SPESIFIKASI ASUS

Masih penasaran spesifikasi di atas, yuk kita kupas satu persatu fitur-fitur yang menjadi andalan ROG Phone 3. Check it Out…

Prosesor Powerful Snapdragon 865 + 5G

Jika seri terdahulunya menggunakan Qualcomm Snapdragon 855 plus, seri ROG Phone 3 yang terbaru sudah ditenagai Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform. Selain itu ROG Phone 3 merupakan smartphone ultimate gaming pertama yang menggunakan Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform ini.

Qualcomm Snapdragon Logo

Snapdragon 865 Plus merupakan prosesor smartphone terbaru yang diproduksi oleh Qualcomm yang mampu meningkatkan kinerja CPU dan GPU 10% lebih tinggi dari pendahulunya yaitu Snapdragon 865. Apa saja kelebihan Prosesor Snapdragon 865 Plus, teman-teman bisa lihat langsung pada infografik di bawah ini!

 

Infografik Kelebihan Snapdragon 865 plus

Dari infografik di atas gak salah rasanya jika ROG Phone 3 digadang-gadang sebagai Smartphone gaming paling powerful di dunia, karena baru dari prosesornya saja sudah memiliki performa yang luar biasa apalagi jika ditambahkan dengan fitur-fitur unggulan lainnya yang akan kita bahas selanjutnya.

Layar

Fitur yang selanjutnya akan kita bahas adalah dari sisi form factor alias bentuk fisik. Dari seri-seri ROG Phone yang sebelumnya, desain kokoh dan sangar tetap menonjol pada ROG Phone 3. Dibalut bezel metal pada bagian atas dan bawah serta memiliki berat 240 gram dan ketebalan hampir 10 mm membuat smartphone ini semakin mantap saat digenggam.

Keunggulan layar Rog Phone 3

Layar Amoled dengan ukuran 6,59 inci dengan resolusi full HD dan dilengkapi dengan kaca Gorilla Glass 6 membuat ROG Phone 3 semakin nyaman saat digunakan bermain game. Selain itu ada beberapa keunggulan layar ROG Phone 3 lainnya seperti:

1. 144 Hz/ 1 ms Refresh Rate

Untuk menghasilkan tampilan yang lebih jelas dan terlihat lebih hidup ASUS juga telah mengembangkan layar dengan kecepatan refresh 144 Hz dengan response time 1 ms. Jadi setiap 144Hz layar ROG Phone 3 mampu mengedipkan cahaya 144 kali per detik dengan kecepatan perubahan pada layar terjadi dalam waktu 1ms saja. Bermain game lebih lama pun mata akan tetap nyaman.

2. Fitur Touch Sampling rate 270Hz

Fitur touch sampling yang mampu merekam input sentuh 270 kali per detik sehingga dapat mengurangi letensi sentuh menjadi 25ms. Hal ini berarti setiap kalian menyentuh layar maka perintah akan segera direspon. Saat bermain game yang mengandalkan kecepatan, fitur ini tentu akan sangat penting sekali.

3. Warna yang lebih akurat 

Untuk menghasilkan tampilan visual luar biasa dan lebih akurat, Layar ROG Phone 3 ini juga di desain dengan lebih cermat untuk memastikan nilai warna Delta-E kurang dari 1. Layar pada ROG Phone 3 ini ternyata memiliki nilai Delta-E terbaik di dunia.

4. Bersertifikasi   TÜV Rheinland

Keunggulan layar ROG Phone yang ketiga adalah layarnya sudah mengantongi sertifikasi Low Blue Light (Hardware Solution) dan Flicker Reduced dari TÜV Rheinland. Sehingga tampilan visualnya lebih nyaman dan aman untuk mata.

Jadi bisa saya simpulkan layar ROG Phone 3 ini memberikan gambar yang lebih hidup, jernih, kuat dan menampilkan sesuatu seperti aslinya. Bisa dibilang apa yang kita lihat di ponsel ini adalah apa yang kita lihat sebenarnya.

Baterai Monster 6000 mAh

Beberapa kondisi ini pasti pernah kalian alami saat bermain game

Lagi asik-asik main muncul notifikasi baterai lowbat atau hape bener-bener mati pas ditengah-tengah permainan, rasanya tuh mau maki-maki tapi gak jadi, takut dosa..  ya imbasnya pasti ke penilaian performa saat bermain, bisa-bisa kredit point dikurangi karena kena pinalti.

Main sambil nge-charge pasti pernah juga kalian lakukan, padahal udah tau nih dampaknya gak bagus kalo nge-charge smartphone sambil nyala, tapi karena lagi nanggung tetep aja dilakukan.

Nah kenapa pilih ROG Phone 3 sebagai smartphone gaming impian saya, ya salah satunya alasannya adalah karena kapasitas Baterainya yang super besar. Bayangin aja 6000mAh bor… gedenya, main ampe berjam-jam pun bisa, tanpa harus khawatir baterai habis.

Kalaupun dihadapkan pada saat-saat genting misalnya baterai sekarat saat bermain game, ASUS juga telah menyediakan fitur pengisian daya cepat dengan 30W HyperCharge Adapter dan juga mode pembatasan saat mengisi baterai, sehingga baterai bisa di charge terus-menerus tanpa harus mengurangi durabilitas baterai.

Selain itu pada ROG Phone 3 ini kita juga mengatur sendiri mode penggunaan baterainya, keren banget kan !

Baterai Monster 6000mAh

Sumber Photo : Screenshot dari website official ASUS

Triple Rear Camera

Bukan hanya bisa digunakan untuk bermain game saja, buat kamu yang suka photography dan membuat video, fitur camera yang ada di ROG Phone 3 ini bisa juga diandalkan.

Sistem triple kamera yang ada pada ROG Phone 3 dirancang untuk menghasilkan foto berkualitas luar biasa dalam pengaturan apa pun. Fitur kamera sudut lebar (wide angle) utama Sony® IMX686 64 MP, kamera kedua ultrawide angle 13 MP, dan kamera makro.

Beberapa software yang ditingkatkan termasuk Pro Video Mode serta Free Zoom, Wind Filter dan fungsi Acoustic Focus untuk membuat kualitas video lebih menakjubkan. Terdapat juga kamera depan 24 MP untuk selfie grup dan video streaming langsung berkualitas tinggi.

Dirancang untuk Gamer

Entah itu kalian bermain game sebagai atlet e-sport atau hanya sekedar hobi, bisa bermain game dengan optimal dan performa terbaik tentu pasti menjadi impian setiap gamer.

Agar menghasilkan perfoma yang terbaik tentu kamu pun memerlukan alat tempur (read: smartphone gaming) yang memang sudah di desain seoptimal mungkin donk, seperti misalnya ROG Phone 3 yang memang dirancang dengan desain ergonomis agar gamer bisa tetap nyaman saat bermain game pada mode landscape  dan dalam waktu yang lama.

Beberapa fitur pendukung pun telah disematkan pada ROG Phone 3 seperti AirTrigger 3, Motion Sensor, side-mounted USB-C dan beberapa fitur lainnya.

 

1. AirTrigger 3

Seperti seri ROG Phone sebelumnya, ROG Phone 3 ini juga disematkan AirTrigger, namun dalam versi terbaru yaitu AirTrigger 3.

Selain menyematkan kontrol sensor baru beberapa gerakan sensor sentuh pada AirTrigger 3 juga ditingkatkan.

2. Motion Sensor

Selain AirTrigger 3, ROG Phone 3 juga memiliki fitur kontrol tambahan yaitu motion sensor. Dengan adanya motion sensor ini, gamer bisa berinteraksi dengan cara menggerakan smartphone ke depan atau ke belakang.

Airtrigger3 baru

3. Side-Mounted USB-C

Jika smartphone pada umumnya hanya memiliki satu port USB untuk charge lain halnya dengan smartphone seri ROG. Mungkin teman-teman sudah banyak yang tau ya kalo ROG Phone memiliki 2 sisi port USB, yaitu pada bagian bawah dan juga pada bagian sisi body smartphone yang dikenal dengan istilah Side-Mounted USB-C.

Selain untuk mengkoneksikan aksesoris, side-mounted USB-C juga dapat digunakan sebagai charger. Jadi walaupun saat main baterai smartphone sekarat, kamu bisa nge-charge langsung pada port USB yang ada pada sisi body, sehingga kabel charge tidak akan menggangu teknik kamu saat bermain.

 

4. ROG Connect dan Game Genie

Tetap terhubung dengan tim, itulah salah satu fitur komunitas bawaan yang ada di ROG Phone 3. Melalui fitur ini kamu bisa mengunggah aktivitas bermain game mu di forum komunitas. Selain ROG Connect ada pula fitur aplikasi Game Genie. 

Game Genie  yang memiliki tampilan berupa popup window yang bisa menjadi jalan pintas untuk gamer mengatur taktik ataupun merekam layar tanpa harus meninggalkan permainan.

Game Genie

5. Audio Berkualitas Tinggi

Tidak tanggung-tanggung, ROG Phone 3 didesain memiliki dual front-facing speakers, speaker stereo ganda yang terdapat di sisi kiri dan kanan. Menggunakan teknologi DIRAC HD Sound, ROG Phone 3 memperoleh skor 75 poin dari DXOMARK Audio Review hal ini membuktikan jika ROG Phone 3 menghadirkan kualitas Audio yang sangat seimbang dan berkualitas tinggi.

Melengkapi kecanggihan teknologi Audio tersebut, fitur mode game terbaru juga disematkan pada ROG Phone 3, yaitu sebuah fitur untuk menentukan lokasi pemain menggunakan algoritma audio yang unik. Sehingga pengguna bisa mendengar lebih jelas setiap gerakan yang terjadi selama permainan. Dalam permainan PUBG atau Free Fire fitur ini pasti akan sangat berguna sekali.

Untuk meredam kebisingan dan mengoptimalkan kualitas ucapan sehingga bisa menghasilkan suara yang jernih, ROG Phone 3 dibenamkan 4 buah microphone dengan teknologi noise-canceling quad-mic array yang diletakkan di beberapa titik.

Selain itu untuk mendukung komunikasi antar pemain ROG Phone 3 juga menggunakan teknologi Qualcomm aptX Adaptive yang akan memberikan gamer kualitas suara terbaik dengan minim latency saat menggunakan headphone nirkabel melalui Bluetooth.

Audio

Pengalaman Gaming  Tanpa Batas

Memberikan pengalaman bermain game paling maksimal, kira-kira seperti itulah pendapat saya tentang seri ROG Phone terbaru ini. Walaupun saya belum pernah memegang ataupun bermain game menggunakan ROG Phone 3, tapi dari spesifikasi yang sudah saya jelaskan diatas gak salah donk kalau saya berasumsi demikian.

Ditambah lagi dengan berbagai aksesoris gaming yang dibuat memang untuk meningkatkan pengalaman gaming para penggunanya. Seperti pendahulunya ROG Phone 3 juga memiliki aksesori tersendiri, namun jika kamu pengguna ROG Phone 2 tidak perlu khawatir karena beberapa aksesorinya masih dapat digunakan. Nah selanjutnya kita bahas ya, aksesori terbaru ROG Phone 3 ya !

1. ROG Kunai 3 Gamepad

Walaupun ROG Phone 3 sudah memiliki fitur AirTrigger 3 yang mendukung kamu saat bermain. Namun rasanya menggunakan ROG Kunai 3 gamepad pun tidak ada salahnya. Apalagi ROG Kunai 3 Gamepad ini juga memiliki desain yang lebih kokoh dan fleksibel serta didukung key maping yang terdapat pada Game Genie membuat pengalaman bermain game menjadi lebih baik.

 

ROG Kunai 3 Gamepad

2. AeroActive Cooler 3

Aksesori selanjutnya yang akan saya bahas adalah kipas pendingin eksternal yaitu AeroActive Cooler 3 yang mempu menurunkan suhu permukaan hingga 4°C. Sistem pendingin yang bisa dipasang seperti clip-on ini bekerja dengan cara meningkatkan aliran udara ke hotspot yang ada pada casing, terutama area disekitar CPU dan chip 5G.

Dengan adanya sistem pendingin yang dirancang khusus, pengguna ROG Phone 3 dapat mempertahankan performa mereka saat sedang bermain.

AeroActive Cooler 3

Selain itu, AeroActive Cooler 3 juga dilengkapi dengan port USB Type-C untuk mengisi daya serta 3.5mm audio jack untuk menghubungkan headphone dan juga tersedia penyangga pada bagian belakang yang dapat digunakan untuk menopang ROG Phone saat menonton.

3. TwinView Dock 3

Main game hanya menggunakan 1  layar smartphone ROG Phone 3 aja rasanya udah wah banget, gimana kalo main gamenya pakai dua layar ? kebayang gak sensasinya lurr… pasti seru banget ini mainnya.

Aksesori TwinView Dock 3 Dilengkapi dengan kipas dan baterai 5.000 mAh dan layar yang memiliki refresh 144Hz. Menggunakan TwinView Dock 3 ini gamer bisa merasakan pengalaman bermain dengan 2 layar sekaligus.

 

TwinView Dock 3

4. ROG Clip

Pengguna ROG PHone 3 yang juga penyuka game konsol pasti seneng banget sama aksesori ROG Clip ini, karena dengan menggunakan ROG Clip kamu tetap bisa memainkan game mobile dengan menggunakan controller andalan kamu.

Controller seperti Dualshock 4, XBOX One ataupun Google stadia bisa dihubungkan dengan mudah ke ROG Phone 3. Cukup pasangkan ROG Clip disalah satu controller dan tempatkan ROG 3 pada tempat yang telah disediakan.

ROG Clip

4. Lighting Armour Case

Armor Case yang tidak hanya melindungi ROG Phone 3 dari goresan dan benturan, Lighting Armour Case ini juga memberikan pengalaman visual yang menarik.

Mengunakan Lighting Armour Case terbaru untuk dapat menampilkan logo ROG dengan tampilan mirip AniMe Matrix yang ada di laptop ROG Zephyrus G14.

Selain itu juga lighting armour case juga kompatibel dengan fitur Aura RGB dan dapat dikustomasi melalui aplikasi Armoury Crate.

Finally…selain keren, Lighting Armor Case ini bikin tampilan ROG Phone 3 makin modis dan bergaya.

Lighting Armour Case

5. Glass Screen Protector

Pada pembahasan sebelumnya saya sempat membahas tentang salah satu keunggulan layar ROG Phone 3, teman-teman bisa scroll ke atas lagi ya kalau masih penasaran. Nah ternyata ASUS pun menyediakan aksesori Glass Screen Protector yang dirancang khusus untuk melindungi layar agar tidak tergores.

Selain itu Glass Screen Protector ROG Phone 3 juga dilengkapi dengan anti bakteri sehingga dapat melindungi penggunanya.

 

Glass Screen Protector

6. Aero Case

Berfungsi sebagai pelindung ROG Phone 3 saat menggunakan AeroActive Cooler 3 ataupun TwinView Dock 3, Aero case sama sekali tidak meninggalkan kesan sangar dan modis yang melekat pada ROG Phone 3.

7. Mobile Desktop Dock

Main game mobile dengan smartphone namun menggunakan gaya desktop, saya rasa baru ROG Phone 3 yang pertama. Dengan menyambungkan ROG Phone 3 sebagai layar tambahan ke monitor, mouse dan keyboard 4K UHD Eksternal lalu menyambungkan ke LAN gigabit berkabel dan menggunakan output S/PDIF untuk sistem suara maka pengguna sudah bisa menikmati permainan game yang luar biasa.

8. Waist Pack dan Crossbody Pack

Kurang lengkap apa lagi coba ASUS dalam memanjakan penggunanya. Sampai-sampai tas untuk membawa perangkat gaming saat berpergian pun disediakan.

Harga dan Ketersediaan

Harga ROG Phone 3 disesuaikan dengan jenis kapasitas penyimpanan, yaitu :

1. Penyimpanan 128GB dan RAM 8GB (128/8) dibanderol dengan harga Rp. 9.999.000,-
2. Penyimpanan 256GB dan RAM 12GB (256/12) dibanderol dengan harga Rp. 14.999.000,-

Sedangkan untuk pembelian kamu bisa membeli ROG Phone 3 ini baik secara online ataupun Offline.

 

Toko Offline

toko offline

Erafone :
http://bit.ly/Erafone-Location 
Urban Republic :
http://bit.ly/UrbanRepublic-Location 
ROG Store & ASUS Exclusive Store
http://bit.ly/ROGStore-Location 

 

Toko Online

Eraspace : http://bit.ly/ROGPhone3-Eraspace
Tokopedia : http://bit.ly/ROGPhone3-Tokopedia 
BliBli : http://bit.ly/ROGPhone3-BliBli 
JD.ID : http://bit.ly/ROGPhone3-JDID 
Shopee : http://bit.ly/ROGPhone3-Shopee 

ROG PHONE 3 IDAMAN SAYA

Dengan segala kecanggihan ROG Phone 3 yang diatas, rasanya munafik sekali jika saya tidak mengidam-idamkan smartphone gaming ini. Tapi dibalik kecanggihannya ada alasan lainnya yaitu :

  1. Saya belum pernah memiliki ataupun merasakan bermain game dengan ROG Phone.
  2. Alasan kedua adalah saya penasaran sekali bagaimana performa ROG phone saat memainkan game yang tidak bisa saya main di smartphone saya.
  3. Ingin merasakan bermain game dengan settingan kualitas tinggi.

Itulah kira-kira kenapa saya sangat ingin memiliki ROG Phone 3. Dengan segudang inovasi dan teknologi yang canggih tentu smartphone ini akan sangat nyaman sekali saat digunakan, bukan hanya untuk bermain game melainkan juga untuk menunjang komunikasi dan mengabadikan berbagai momen dalam bentuk video ataupun foto.

Nah sampai disini dulu pembahasan saya tentang Smartphone gaming premium ini. Untuk teman-teman yang membutuhkan informasi lebih lengkap mungkin bisa langsung mengunjungi Website official dan social medianya dibawah ini.

 

Penutup

Tulisan diatas adalah berdasarkan riset saya dari berbagai sumber dan juga opini pribadi. Salam hangat dari saya  dan jangan lupa questions and critics are warmly welcomed. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi kita semua, terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa lagi.

Sumber Referensi

1. Website Official – ASUS Indonesia
2. Website Official Qualcomm

error: Content is protected !!
Share This