[vc_row][vc_column][vc_column_text]Setelah kemarin aku membuat tulisan tentang Tips paling gampang dan tercepat untuk menghapus Broken Link G+ untuk wordpress, hari ini aku akan share cara tercepat untuk menghilangkan atau menghapus broken link G+ untuk platform Blogspot.Tidak seperti platform wordpress link yang rusak pada kolom komentar bisa diedit langsung sama yang punya blog, untuk blogspot tidak ada cara lain selain menghapus komentar-komentar yang terindikasi broken link. Padahal sayang bangetkan ya kalo sampai komentar-komentar tersebut dihapus. Kalo cuma 10 atau 20 komen atau broken link mah aku rasa gak terlalu bermasalah, tapi kalo udah hampir menyentuh ribuan lumayan nyesek kan ya .

Nah gak usah panjang lebar deh, langsung aja aku share tutorialnya. Sebelum memulai jangan lupa BACKUP SEMUA DATA TERLEBIH DAHULU . Duh aku gak tau nih cara backupnya, tenang aja yang penting ikuti semua langkah-langkahnya ya. Pada tutorial kali ini aku pake blognya Ambar Pravita , karena blog aku yang www.spotbeng.com sudah habis broken linknya.

[info_box type=”warning_box”]CARA INI SAYA SARANKAN HANYA UNTUK TEMAN-TEMAN YANG MEMILIKI JUMLAH BROKEN LINK YANG RIBUAN  DAN SUDAH PUTUS ASA MENGHAPUS BROKEN LINK , JIKA HANYA PULUHAN LEBIH BAIK MENGGUNAKAN CARA MANUAL SAJA.[/info_box]

[info_box type=”warning_box”]Ada kekurangan bila menggunakan teknik ini,
1, View yang ada pada setiap postingan akan menjadi nol, namun pada statistik jumlah pageview tidak berubah dan cara ini juga tidak mempengaruhi jumlah PV pada GA
2. Url postingan yang sudah dimodifikasi akan berubah menjadi url awal, jadi harus di edit manual kembali.

Jadi sebelum memulai silahkan dipikirkan secara matang-matang, jika tidak berani mengambil resiko lebih baik jangan dicoba 🙂 [/info_box]

[/vc_column_text][vc_column_text]Langkah pertama yang harus teman-teman siapkan adalah Backup semua data dan content yang ada pada blog. Sebenernya untuk backup theme tidak terlalu wajib, yang wajib banget itu ngebackup content.

Setelah content dibackup hal kedua yang harus teman lakukan adalah Download tools dibawah ini.
[info_box type=”download_box”]Download : https://drive.google.com/open?id=1yrhn9kyW9msOO4paMLrkqcKiBpyXIkCf[/info_box]
Tools ini merupakan software untuk mengganti semua Broken Link G+ dengan link baru. Teman-teman tenang aja karena tools diatas aman kok, karena buatan sendiri, content teman-teman tidak akan tersimpan pada tools tersebut.

Satukan tools dan backup xml content yang sudah didownload kedalam satu folder. Setelah itu rename nama file hasil donwload backup content tadi dengan nama “blogcontent.xml”

Setelah proses rename selesai maka tahap persiapan juga selesai. Sebelum memulai proses eksekusi broken link G+ pastikan dengan benar jika pada folder sudah sesuai dengan gambar dibawah ini :

[/vc_column_text][vc_column_text]

Oke kita lanjut ya ketahapan selanjutnya, mungkin cara ini terbilang sangat ekstrim karena kita akan menghapus semua kontent dan komentar yang ada pada blog. Tapi tenang saja ini sifatnya sementara kok, karena setelah selesai konten dan komen-komen tersebut akan muncul kembali tanpa satu pun kontent dan komen yang hilang. Cara menghapus komen teman-teman bisa cek pada gambar dibawah ini ya. Ingat ya, pastikan semua komen dan kontent benar-benar terhapus.

Kolom Komentar yang Sudah Kosong

Setelah proses penghapusan semua komentar selanjutnya kita akan menghilangkan semua broken Link G+ yang ada pada blog, caranya adalah dengan menggunakan tools yang sudah teman-teman download tadi. Cara penggunaannya juga gampang banget kok.
1. Buka Folder yang tadi sudah teman-teman siapkan
2. Lalu klik 2 kali “MomsodellToolsG+.exe” , setelah diklik 2 kali akan muncul tampilan untuk memasukan url link (lebih jelasnya bisa lihat pada gambar)
3. Setelah url dimasukan, tekan tombol mulai, tunggu beberapa detik semua broken link akan hilang tergantikan dengan link url yang baru.

 
Untuk link url penggantim sebenarnya teman-teman bisa memasukan link apa saja, tapi menurut aku yang paling aman itu https://www.google.com karena indikasi untuk menjadi broken linknya sangat minim. Setelah selesai, pada folder tadi akan muncul satu tambahan 1 file xml baru, yang nantinya akan akan kita impor kembali ke dalam blog.

[/vc_column_text][vc_column_text]Setelah proses penghapusan broken link selesai, kita akan mengimpor kembali data xml terbaru kedalam blog, caranya juga sama aja dengan cara awal kita ngebackup content.

Setelah semuanya kosong, sebelum lanjut ke tahapan Impor Data teman-teman harus REMOVE CUSTOM DOMAIN YANG SUDAH TERPASANG , sehingga url blog akan berubah  menjadi blog tidak berbayar alias domain blog akan ada embel-embel www.xxx.blogspot.com. Remove domain ini sifatnya hanya sementara jadi ada hal yang perlu teman-teman lakukan sebelum menghapus domain pada blog, teman-teman perlu menyiapkan control panel domain. Untuk berjaga-jaga jika domain minta disetting ulang, pengalaman saya jika settingan nameserver benar insya allah saat domain dipasang kembali, dia akan langsung terhubung.

Kenapa Kok ribet gitu ?? , HAL INI UNTUK MENGHINDARI TERJADINYA DUPLIKAT CONTENT YANG DAPAT MENGUBAH PERMALINK PADA SAAT PROSES IMPOR,. HARAP DIPERHATIKAN JUGA KONEKSI INTERNET, PASTIKAN SAAT IMPOR DATA KONEKSI INTERNET SEDANG STABIL.

Setelah domain dihapus teman-teman bisa langsung mengimport data, tunggu hingga semua proses selesai, baru aktifkan kembali domain dengan cara memasukan kembali domain pada settingan. Setelah selesai teman teman bisa kembali membuka tab komentar yang ada pada dashboard. Refresh beberapa kali sampai semua komen yang tadinya dihapus kembali lagi seperti semula.

Untuk memastikan teman-teman bisa cek kembali pada website brokenlink checker. Perlu diingat ya, tools yang saya buat ini khusus untuk menghapus broken link yang disebabkan oleh fitur G+. Jadi broken link yang disebabkan oleh hal lain hanya bisa di hapus secara manual :).

Selamat Mencoba dan silahkan share jika Bermanfaat.  Eh satu lagi, jika teman-teman memerlukan bantuan gak usah sungkan-sungkan untuk kirim email ke momsodells@gmail.com  ya
Insya Allah jika sedang luang akan saya bantu.

CATATAN :

Jika teman-teman ingin mencobanya

Harap dipikirkan dan dipahami dengan baik cara-cara diatas. Kesalahan dalam proses bukan tanggung jawab saya. 

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

378 total views, 6 views today

Share This