[vc_row][vc_column][vc_column_text]Cara Membuat Alphabet Flashcard Sendiri di Rumah – Hapss Odelers, Udah lama banget rasanya gak menyapa pembaca dengan panggilannya.

hmm hari ini aku mau nulis-nulis santai sih, cerita tentang bagaimana aktivitas aku saat mengenalkan anak-anak dengan huruf dan angka. Secara anak-anak tahun ini udah mulai masuk sekolah, jadi sebelum masuk TK aku sudah mengenalkan mereka dengan huruf dan angka.

Nah kali ini aku mau bagiin sedikit tips dan cara membuat alphabet sendiri yang lebih murah dan bisa dapet banyak. Kalo beli yang sudah jadi harganya cukup mahal dan hanya dapet 1 set aja, kalo bikin kan kita bisa dapet 4-5 set alphabet dan angka.

Alphabet Flashcard ini kalo gak salah bulan Januari lalu dan masih bagus sampe sekarang, padahal alphabet-alphabet ini lumayan sering aku gunakan. Tau gak sih kenapa aku membuat alphabet flashcard ini sampai 6 set, hal ini agar anak-anak nanti bisa menyusun sebuah kata dengan menggunakan alphabet-alphabet tersebut. Ternyata belajar alphabet dengan metode ini sangat efektif loh.

[/vc_column_text][vc_single_image image=”13478″ img_size=”full” alignment=”center” style=”vc_box_border” onclick=”img_link_large”][vc_column_text]

Membuat Alphabet Flashcard sendiri modalnya jauh lebih murah kok, apalagi kalo dirumah punya printer yang bisa dipakai untuk cetak foto, hasilnya akan lebih bagus lagi, seperti printer yang aku gunakan yaitu Printer Epson L220.

Hanya bermodalkan 23k – 25k untuk membeli kertas foto, Flashcard sudah bisa kita cetak. Sebenarnya bisa juga menggunakan kertas lainnya juga misalnya kertas untuk piagam atau sertifikat.

Kalo aku lebih suka menggunakan kertas foto karena selain kertasnya glossy hasil print nya juga bagus, 1 pack kertas foto itu bisa membuat banyak flashcard.

Okee kita lanjutkan ke tahapan membuat flashcardnya ya, sebenarnya banyak sekali di internet printable-printable alphabet gratisan yang bisa didownload, salah satunya bisa cari di pinterest. Tapi jika ingin lebih cepat bisa download disini ya.

[/vc_column_text][vc_row_inner][vc_column_inner][vc_single_image image=”13485″ img_size=”full” alignment=”center” style=”vc_box_border” onclick=”img_link_large”][vc_column_text]

Download

[/vc_column_text][vc_column_text]

File yang akan didownload nanti berbentuk pdf ya teman-teman, jadi ketika ingin diprint bisa langsung saja. Untuk menentukan ukurannya juga bisa langsung saat kita mencetak flashcard itu.

Untuk mengajarkan alphabet kepada sikecil, aku mencetak

  1. 1 Set Flashcard Ukuran besar
  2. 2 set Flashcard Ukuran sedang
  3. 5 set Flashcard Ukuran Kecil

Nah masing-masing ukuran memiliki fungsinya masing buibu, Flashcard ukuran besar itu untuk tahapan pertama anak-anak mengenal masing-masing huruf, Flashcard ukuran sedang digunakan untuk aktivitas belajar sambil bermain dan Flashcard ukuran kecil digunakan untuk merangkai sebuah kata.

Belajar dengan alat-alat yang memiliki gambar menarik sangat efektif dan menyenangkan buat sikecil selain menambah semangat sikecil juga tahu gambar apa yang ada pada flashcard tersebut.

Pada saat proses belajar seperti ini biasanya aku juga menyiapkan beberapa hadiah kecil sebagai reward untuk memotivasi dia untuk terus belajar :).

Aplikasi-aplikasi belajar untuk sikecil sebenernya sudah banyak sekali tersedia pada smartphone, tapi menurut aku belajar dengan menggunakan flashcard ini lebih efektif dan lebih mendekatkan aku dan sibuah hati.

Buibu lainnya juga pasti memiliki metode efektif lainnya untuk mengenalkan alphabet ke anak-anak, yuk saling share dikolom komentar kalo bunda menggunakan cara seperti apa untuk menggenalkan huruf dan angka pada sikecil.

[/vc_column_text][/vc_column_inner][/vc_row_inner][vc_row_inner][vc_column_inner width=”1/2″][vc_single_image image=”13479″ img_size=”full” alignment=”center” style=”vc_box_outline” onclick=”img_link_large”][/vc_column_inner][vc_column_inner width=”1/2″][vc_single_image image=”13480″ img_size=”full” alignment=”center” style=”vc_box_outline” onclick=”img_link_large”][/vc_column_inner][/vc_row_inner][/vc_column][/vc_row]

892 total views, 1 views today

Share This