[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Sidang Isbat Puasa 2019 – Akhirnya bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim tiba juga. Gak kerasa banget kalo bulan puasa hanya tinggal beberapa hari saja. Hanya tinggal menunggu Sidang Isbat saja untuk menetapkan tanggal 1 Ramadhan. Sidang Isbat 2019 tersebut akan digelar oleh Kementerian Agama pada hari Minggu tanggal 5 Mei 2019 yang jatuh tepat pada 29 Sya’ban 1440 H.

Untuk menentukan tanggal 1 Ramadhan, sidang Isbat ini sangat penting untuk dilakukan, karena berdasarkan penanggalan Hijriah. Penanggalan Hijriah tidak sama dengan penanggalan masehi, karena untuk penanggalan Hijiriah berdasarkan pada peredaran bulan saat mengelilingi bumi yang berlangsung selama 29.531 hari sekali, oleh karena itu pilihan pembulatan hanya jatuh pada dua pilihan yaitu 29 hari atau 30 hari.

Pada Zaman Nabi Muhammad SAW, bulan baru ditentukan dengan melihat kemunculan bulan sabit ketika matahari terbenam pada hari ke-29 dalam sebuah bulan. Jadi gaes, jika bulan sabit tersebut terlihat maka malam itu akan masuk tanggal 1 bulan berikutnya.  Nah jika bulan sabit tersebut tidak terlihat, maka hari dalam bulan tersebut akan digenapkan menjadi 30 hari. Keesokan harinya adalah hari pertama bulan baru.

Oleh karena itu proses pemantauan hilal ini dilaksanakan mulai pukul 4 sore. Setelah pemantauan posisi bulan sabit, maka akan berlangsung sidang tertutup untuk menentukan 1 Ramadhan, dan hasilnya akan diumumkan melalui siaran langsung oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Oh yaa, teman-teman pasti udah tau donk ya, kalo misalnya Sidang Isbat Puasa ini ditentukan dari hasil rukyatul hilal dari beberapa lokasi pemantauan. Lokasi pemantauan ini juga dilakukan disetiap provinsi, misalnya saja Provinsi Bengkulu lokasi pemantauan Ru’yatul Hilal awal Ramadan 1440 Hijriah berlangsung di Dak Mess Pemda Prov. Bengkulu.

Nah sembari menunggu Sidang Isbat, teman-teman pasti sudah mempersiapkan berbagai keperluan untuk menyambut puasa pertama ditahun ini. Apalagi ibu-ibu nih, pasti sudah mulai pada siapin menu dan bahan-bahan masakan untuk sahur dan berbuka puasa selama 1 bulan. Untuk referensi resep, bisa mampir nih ke beberapa tulisan dibawah ini, siapa tau bisa nambahin list menu untuk makan sahur ataupun berbuka.

[info_box type=”note_box”]Baca Juga Ini
[list style=”style6″]
[li] 5 Menu Masakan Tumis Kesukaan Keluarga [/li]
[li] 5 Kuliner Khas Bengkulu Ini Jadi Buruan Selama Bulan Ramadhan [/li]
[/list] [/info_box]

Tahun ini aku juga nungguin banget bulan Ramadhan, karena tahun lalu aku belum bisa berpuasa 1 bulan penuh karena masih menyusui si kecil. Alhamdulillah tahun ini Insya Allah bisa berpuasa. Apalagi tahun ini juga kakak Naya akan mulai berpuasa untuk pertama kalinya.

Jadi gak sabar nungguin hasil Sidang Isbat 2019.[/vc_column_text][vc_single_image image=”12875″ img_size=”full” alignment=”center” style=”vc_box_shadow_3d” onclick=”zoom”][vc_column_text]

Ramadan tiba
Ramadan tiba 
Ramadan tiba
Marhaban Ya Ramadan
Marhaban Ya Ramadan

Teman-Teman Semua Menyambut Bulan Yang Penuh Rahmat ini, Aku Secara Pribadi Mohon Maaf Lahir & Bathin atas semua kesalahan baik yang tidak disengaja ataupun yang sengaja.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Odeler’s

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

147 total views, 1 views today

Share This